Comscore Tracker

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Ini

Nama terakhir sudah menginjak kepala empat

Kebanyakan pemain sepak bola penampilannya mulai menurun ketika sudah menginjak kepala tiga. Bahkan beberapa pemain mungkin akan sudah menyiapkan rencana untuk pensiun. Namun tidak sedikit juga pesepak bola yang masih mampu menjaga kondisi dan performanya tetap baik bahkan setelah usia 35 tahun.

Berikut ini delapan pemain sepak bola yang berusia di atas 35 tahun dan masih mampu menunjukkan penampilan terbaiknya.

1. Cristiano Ronaldo (35 tahun)

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Iniforbes.com

Tua tua keladi, kalimat itulah tampaknya yang pantas bagi mega bintang asal Portugal tersebut. Bagaimana tidak, di usianya yang semakin tua, ia semakin menjadi-jadi. Ronaldo masih mampu tampil produktif musim ini. Dari 32 pertandingan bersama Juventus, ia berhasil mencetak 25 gol dan 4 assist di semua ajang.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 7 tersebut baru menginjak usia 35 tahun pada bulan Februari lalu. Namun kekuatan fisiknya tampak masih seperti pemain berusia 20 tahun. Ia telah memecahkan banyak rekor musim ini, salah satunya berhasil mencetak gol dalam 11 pertandingan berturut-turut Serie A. Ronaldo juga berhasil meniru jejak Alexis Sanchez untuk menjadi pemain kedua yang mencetak hattrick di Liga Inggris, La Liga, dan Serie A.

Jika melihat grafik golnya dari musim ke musim, tampaknya Ronaldo masih akan terus menjadi andalan Juventus di lini depan, setidaknya untuk satu musim ke depan. Satu hal yang pasti, CR7 akan sangat dirindukan begitu ia memutuskan untuk gantung sepatu.

2. Zlatan Ibrahimovic (38 tahun)

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Initalksport.com

Mendekati usia 40 tahun, sebagian orang mengaggap Ibrahimovic penampilannya masih mengesankan. Pemain asal Swedia tersebut merupakan salah satu penyerang hebat di generasinya. Penampilannya yang cukup fenomenal membuat ia sering berganti-ganti klub, seperti Ajax, Juventus, Inter Milan, AC Milan, Barcelona, PSG, hingga Manchester United.

Saat ini, dalam priode keduanya di AC Milan, Ibra telah bermain sebanyak 10 pertandingan dan berhasil membukukan 4 gol serta 1 assist. Ia bergabung dengan Milan dari LA Galaxy pada bursa transfer Januari lalu.

3. Franck Ribery (37 tahun)

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Inien.as.com

Di masa jayanya, Ribery merupakan salah satu sayap paling menakutkan di dunia dan duetnya bersama Arjen Robben di Bayern Munich merupakan momen yang paling baik. Setelah 12 musim bersama Die Roten, Ribery memutuskan untuk pindah ke Serie A dengan Fiorentina pada musim panas tahun lalu.

Di usianya yang sudah menginjak 37 tahun, pemain asal Prancis itu memang tidak lagi bermain seperti intensitas yang sama seperti musim-musim sebelumnya. Tapi ia masih sering dimainkan di Viola musim ini. Dari 11 pertandingan Serie A, ia mampu mencetak 2 gol dan 2 assist.

4. Thiago Silva (35 tahun)

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Inisempremilan.com

Thiago Silva merupakan salah satu bek tengah terbaik di dunia. Bersama PSG musim ini, pemain yang telah berusia 35 tahun itu tetap menjadi andalan tim di lini belakang. Permainannya yang baik dalam duel udara dan kemampuan luar biasa membaca gerakan lawan membuat ia telah bermain sebanyak 30 pertandingan musim ini.

Kontraknya bersama Les Parisiens akan berakhir pada musim ini. Kabarnya PSG masih ingin mempertahankan kaptennya tersebut yang telah mempersembahkan tujuh gelar Liga Prancis dalam delapan musim terakhir.

Baca Juga: 10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transfer

5. Joaquin (38 tahun)

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Inimarca.com

Meski hampir menginjak usia 40, performa Joaquin masih mengesankan musim ini. Terlepas dari dua musim pernah bermain di Italia, pemain veteran asal Spanyol ini telah bermain di La Liga selama 17 tahun.

Uniknya, kapten Real Betis ini telah menyamai musim paling produktifnya, ia mencetak 10 gol dalam 28 pertandingan di musim 2019/20. Ia juga menjadi pemain tertua dengan mencetak hattrick di La Liga Musim ini. Cukup menarik untuk melihat sampai kapan pemain yang telah bermain sebanyak 52 kali bersama timnas Spanyol ini bisa terus menunjukkan penampilannya yang konsisten.

6. Giorgio Chiellini (35 tahun)

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Inicalciomercato.com

Jika tidak mengalami cedera ligamen anterior (ACL) musim ini, Chiellini bisa saja menjadi palang pintu yang menjanjikan bagi Juventus, terlebih lagi ia merupakan kapten tim. Meski sudah memasuki usia 35 tahun, Chiellini masih menjadi pemain andalan di lini belakang Juventus. Terbukti setelah sembuh dari cedera, ia kembali dimainkan oleh Maurizio Sarri sebagai pemain pengganti saat menghadapi Brescia bulan Februari lalu.

Tidak hanya Bianconeri saja yang membutuhkan tenaganya, timnas Italia juga masih mengandalkan Chiellini di lini belakang Gli Azzurri. Bersama Bonucci, Chiellini menjadi duet yang menjanjikan di Juventus maupun timnas Italia.

7. Fabio Quagliarella (37 tahun)

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Inisempreinter.com

Liga Italia memang menjadi sahabat bagi para pemain yang berusia di atas 35 tahun. Kapten sekaligus penyerang Sampdoria, Fabio Quagliarella menjadi nama berikutnya. Pencetak gol terbanyak Serie A musim lalu itu masih belum kehilangan sentuhannya musim ini. Dari 21 pertandingan di Serie A, ia berhasil mencetak 9 gol dan 4 assist.

Meskipun mengalami penurunan produktifitas gol musim ini, Quagliarella tetap menjadi nama yang pantas masuk dalam kategori ini. Selama kariernya bermain sepak bola, ia tak pernah keluar dari kompetisi sepak bola Italia.

8. Gianluigi Buffon (42 tahun)

8 Pesepak Bola di Atas 35 tahun yang Penampilannya Konsisten Musim Inien.as.com

Sempat hengkang ke PSG, Buffon kembali lagi ke Turin pada Juli 2019 lalu. Meskipun kini tak menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Juventus, mantan penjaga gawang Parma itu tetap mampu menunjukkan penampilan terbaiknya ketika dipercaya menjadi pemain utama. Dari 11 pertandingan musim ini, ia berhasil membuat 3 clean sheet.

Meski usianya sudah menginjak kepala empat, Buffon kabarnya belum memikirkan rencana untuk pensiun musim depan. Sepanjang kariernya, berbagai trofi telah ia raih. Namun satu trofi yang belum pernah ia raih yaitu Liga Champions.

Itu tadi delapan pesepak bola yang berusia di atas 35 tahun namun masih mampu menjaga performanya dengan baik di musim ini dan menjadi bagian penting dalam tim. Dari mereka semua, performa siapa yang paling cemerlang?

Baca Juga: 5 Pesepakbola Ini Lahir pada 5 Maret, Selamat Ulang Tahun!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya