Deretan Rekor yang Berhasil Dipecahkan Messi usai Melawan Australia

La Pulga catatkan pertandingan ke-1000 

Lionel Messi tampil impresif saat Argentina bersua Australia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Bermain di Ahmed bin Ali Stadium, Minggu (4/12/2022) dini hari WIB, megabintang berusia 35 tahun itu berhasil membantu negaranya menang dengan skor 2-1.

La pulga juga turut menyumbang satu gol dalam pertandingan tersebut. Berkat kontribusinya itu, ia dinobatkan sebagai Man of the Match pada akhir laga.

Kemenangan itu jelas menjadi hasil yang sangat memuaskan bagi Messi dan kolega. Tidak hanya itu, Lionel Messi pun sukses mencatatkan sejumlah rekor baru di pentas Piala Dunia setelah laga melawan Australia. Rekor apa saja?

1. Pertama kalinya mencetak gol pada fase gugur Piala Dunia 

Deretan Rekor yang Berhasil Dipecahkan Messi usai Melawan AustraliaLionel Messi (twitter.com/Argentina)

Lionel Messi mencetak gol ke gawang Australia pada menit ke-35. Dia membuka keunggulan Argentina setelah mendapatkan bola pantulan dari Nicolas Otamendi. Golnya ke gawang Mathew Ryan itu ternyata membuat Messi mencatatkan rekor baru.

Messi untuk pertama kalinya berhasil mencetak gol pada fase gugur Piala Dunia dalam karier profesionalnya. Messi membutuhkan sekitar 9 pertandingan, 791 menit, dan 24 tembakan untuk mengakhiri paceklik golnya pada babak knockout.

2. Berhasil menyalip torehan gol Diego Maradona dan Guillermo Stabile 

Deretan Rekor yang Berhasil Dipecahkan Messi usai Melawan AustraliaLionel Messi (twitter.com/Argentina)

Dengan tambahan satu golnya itu, Lionel Messi kini telah membukukan sembilan gol di pentas Piala Dunia. Torehan itu melewati catatan dua legenda Argentina, Diego Maradona dan Guillermo Stabile, yang masing-masing mencetak delapan gol di turnamen sepak bola akbar empat tahunan tersebut.

Kendati begitu, La Pulga saat ini hanya berada di urutan kedua sebagai pencetak gol terbanyak Argentina di Piala Dunia. Messi masih kalah dari Gabriel Batistuta yang berada di posisi pertama dengan koleksi sepuluh gol.

Baca Juga: 5 Top Skor Sementara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Mencuat

3. Sejajar dengan Cristiano Ronaldo 

Deretan Rekor yang Berhasil Dipecahkan Messi usai Melawan AustraliaLionel Messi (twitter.com/Argentina)

Tambahan satu gol Lionel Messi ke gawang Australia juga membuatnya sejajar dengan sang rival, Cristiano Ronaldo. Kini, kedua pesepak bola terbaik itu telah sama-sama mengoleksi sebanyak 22 gol di turnamen mayor. Jika dirinci, Messi mencetak 9 gol di Piala Dunia dan 13 gol di Copa America.

Meski begitu, baik Messi atau Ronaldo, masih berpeluang menambah jumlah golnya. Sebab, Argentina dan Portugal saat ini belum tereliminasi dari Piala Dunia 2022.

4. Pemain dengan penghargaan MOTM terbanyak dalam sejarah Piala Dunia 

Deretan Rekor yang Berhasil Dipecahkan Messi usai Melawan AustraliaLionel Messi meraih penghargaan Man of the Match. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Meraih penghargaan Man of the Match dalam laga melawan Australia, Lionel Messi kini menjadi peraih MOTM terbanyak dalam sejarah Piala Dunia. Pemain kelahiran Rosario, Argentina, ini total sudah delapan kali menyabet gelar Man of the Match dari edisi 2006, 2010, 2014, 2018, dan 2022.

“Lionel Messi kini telah memenangi lebih banyak penghargaan FIFA Man of the Match (8) daripada pemain lain dalam sejarah kompetisi,” tulis Squawka.

5. Memainkan pertandingan ke-1000 

Deretan Rekor yang Berhasil Dipecahkan Messi usai Melawan AustraliaLionel Messi (twitter.com/Argentina)

Pertandingan melawan Australia sangatlah spesial bagi Lionel Messi. Pasalnya, laga itu menjadi penampilan ke-1000 bagi La Pulga sebagai pemain sepak bola profesional. Hingga saat ini, dia telah mencetak 789 gol serta 338 assist.

Itu artinya, Messi berkontribusi dalam 1127 gol dari 1000 pertandingan. Catatan itu ditorehkan sang pemain bersama Timnas Argentina, Barcelona, dan Paris Saint-Germain. Semua trofi bergengsi sudah pernah diraih Messi. Tercatat, hanya satu gelar prestisius yang belum pernah didapatkannya, yakni trofi Piala Dunia. Mampukah Messi meraihnya pada edisi kali ini? Kita tunggu saja.

Catatan-catatan impresif itu menambah gemilang kesuksesan Lionel Messi. Mengingat kualitasnya yang luar biasa, bukan tidak mungkin Messi bakal memecahkan sejumlah rekor lagi pada masa mendatang. Atau bahkan, ia sanggup melakukannya pada Piala Dunia 2022 sekaligus?

Baca Juga: Kunci Mbappe Lewati Rekor Messi dan Pele di Piala Dunia 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya