Comscore Tracker

5 Tim Kuda Hitam di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Salah satunya adalah tim nasional Swedia!

Babak fase grup Piala Eropa sudah selesai. Kini sebanyak 16 negara telah lolos ke babak gugur. Sejauh ini memang belum banyak kejutan yang terjadi. Pasalnya, tim-tim elite berhasil lolos dari babak penyisihan. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan beberapa negara bakal merepotkan sejumlah tim besar pada babak 16 besar.

Bahkan, terdapat beberapa negara yang dijuluki sebagai tim kuda hitam. Berikut ini lima tim yang siap tampil mengejutkan pada babak 16 besar Piala Eropa 2020.

1. Ukraina 

5 Tim Kuda Hitam di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Timnas Ukraina. (herningfolkeblad.dk)

Tim nasional Ukraina datang ke Piala Eropa 2020 dengan rasa percaya diri yang sangat tinggi. Pasalnya, mereka sempat tidak terkalahkan dalam beberapa pertandingan terakhir. Bahkan pada babak kualifikasi, tim asuhan Andriy Shevchenko tersebut berhasil memuncaki klasemen dengan mengungguli Serbia dan Portugal.

Sayangnya, Ukraina hanya bisa mengumpulkan 3 poin dari 3 pertandingan di grup C Piala Eropa 2020. Beruntungnya, Andriy Yarmolenko dan kolega berhasil lolos ke babak fase gugur sebagai peringkat ketiga terbaik. Ukraina sendiri akan ditantang oleh Swedia pada babak 16 besar. Dengan skuat yang cukup mumpuni, tidak menutup kemungkinan Ukraina bisa tampil mengejutkan pada babak 16 besar.

2. Denmark 

5 Tim Kuda Hitam di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Timnas Denmark. (herningfolkeblad.dk)

Tim nasional Denmark memang sempat tampil mengecewakan dengan tidak meraih satu pun kemenangan dalam dua pertandingan awal. Beruntungnya, tim asuhan Kasper Hjulmand berhasil menang dengan skor menjanjikan di pertandingan terakhir. Denmark saat itu mampu menggulung Rusia dengan skor 4-1.

Dengan kemenangan itu, Denmark berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up di grup B, di bawah Belgia. Secara kualitas, Denmark sendiri terbilang cukup bagus karena sejumlah pemainnya bermain di liga top Eropa seperti Kasper Schmeichel, Martin Braithwaite, Thomas Delaney, Simon Kjaer, Andreas Christensen, hingga Yussuf Poulsen.

Baca Juga: 5 Kandidat Terkuat yang Bakal Juara Piala Eropa hingga Babak 16 Besar

3. Republik Ceko 

5 Tim Kuda Hitam di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Timnas Republik Ceko. (eurosport.com)

Di babak fase grup, Republik Ceko memang tergabung ke dalam grup yang cukup sulit karena berisikan Inggris, Kroasia, dan Skotlandia. Walau begitu, Ceko berhasil membuat kejutan dengan mampu lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik. Ceko mampu mengumpulkan 4 poin dari 3 pertandingan yang sudah dilalui.

Timnas Ceko dalam ajang Piala Eropa 2020 sendiri berisikan cukup banyak talenta-talenta hebat yang mampu membuat tim tampil impresif sejauh ini. Tomas Soucek dan Patrik Schick bisa dibilang menjadi pemain kunci yang bakal membuat Belanda kesulitan di babak 16 besar.

4. Swedia 

5 Tim Kuda Hitam di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Timnas Swedia. (eurosport.com)

Pada edisi-edisi sebelumnya, tim nasional Swedia bisa dibilang hanya menjadi pelengkap setiap ajang internasional. Akan tetapi, tim asuhan Janne Andersson secara mengejutkan berhasil menjadi pemuncak klasemen grup E dengan mengumpulkan 7 poin dari 3 pertandingan. Swedia berhasil mengungguli Spanyol, Polandia, dan Slovakia.

Salah satu kunci keberhasilan Swedia sejauh ini adalah memiliki lini pertahanan yang sangat solid. Dari 3 laga yang dilalui, Swedia hanya kemasukan 2 gol. Itu pun tercipta ketika melawan Polandia. Dengan kualitas tersebut, tidak mengherankan jika Swedia menjadi salah satu tim yang cukup diperhitungkan di babak 16 besar.

5. Wales 

5 Tim Kuda Hitam di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Timnas Wales. (eurosport.com)

Pada Piala Eropa edisi sebelumnya, tim nasional Wales berhasil memberikan kejutan dengan mampu mencapai babak semifinal. Ketika itu, Gareth Bale dan kolega berhasil lolos sejauh itu karena mampu mengalahkan tim-tim top seperti Belgia dan Irlandia Utara. Dengan skuad yang tidak jauh berbeda, hal tersebut sangat mungkin bakal terulang lagi.

Wales sendiri berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 sebagai runner-up di grup A. Di babak 16 besar, Wales akan menghadapi tim kuda hitam lainnya, Denmark.

Itulah lima tim yang diprediksi bakal menjadi kuda hitam di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Tidak menutup kemungkinan salah satu dari tim tersebut akan mampu melangkah hingga babak semifinal atau bahkan sampai pertandingan final.

Baca Juga: 5 Duel Seru yang Bakal Tersaji dalam Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya