Dari Fekir Hingga Lewandowski, 5 Transfer yang Gagal Secara Misterius

Ada yang gagal gabung gara-gara masalah penerbangan 

Jendela bursa transfer merupakan momentum bagi klub sepak bola untuk memperbaiki kualitas tim. Banyak klub yang rela menggelontorkan biaya yang tidak sedikit agar bisa mendapatkan pemain idaman. Namun kepindahan seorang pemain tidak mudah seperti yang dibayangkan.

Ada sejumlah kendala yang kerap kali membuat transfer gagal, mulai dari masalah harga, agen hingga lainnya. Berikut ini lima pemain top yang batal pindah klub secara misterius.

1. Nabil Fekir ke Liverpool (2018) 

Dari Fekir Hingga Lewandowski, 5 Transfer yang Gagal Secara Misteriusgoal.com

Pada musim 2017/2018, Liverpool harus mengalami kekalahan memalukan dari Real Madrid di partai final Liga Champions. Di tahun yang sama, The Reds juga harus kehilangan Philippe Coutinho yang memilih hengkang  ke Barcelona. Hal tersebut tentu saja membuat lini tengah tim asuhan Jurgen Klopp minim kreativitas.

Alhasil pada bursa transfer musim panas, Liverpool mencoba untuk mendatangkan Nabil Fekir dari Lyon. Pasalnya, pemain asal Prancis itu tampil cukup menjanjikan dan dinilai cocok untuk menggantikan Coutinho. Liverpool kabarnya sudah menyiapkan biaya 59 juta poundsterling untuk memboyong sang pemain.

Akan tetapi, transfer yang dinanti-nanti tak kunjung terjadi. Kabarnya, cedera lutut yang dialami Fekir membuat Liverpool mengurungkan niatnya. Namun di sisi lain, Fekir membantah akan rumor tersebut.

2. Joao Moutinho ke Tottenham Hotspur (2012) 

Dari Fekir Hingga Lewandowski, 5 Transfer yang Gagal Secara Misteriusbt.com

Sebelum bermain dengan Wolverhampton Wanderers, Joao Moutinho hampir saja bergabung dengan Tottenham Hotspur pada tahun 2012 lalu. Saat itu, pemain asal Portugal ini masih bermain bersama FC Porto. Spurs pada saat itu kehilangan Luka Modric yang hengkang ke Real Madrid.

Tak mengherankan jika Spurs mencoba untuk mendatangkan Moutinho. Pasalnya, Moutinho pernah bekerja sama di FC Porto dengan pelatih Spurs saat itu, Andre Villas-Boas. Biaya sebesar 24 juta poundsterling kabarnya sudah disetujui oleh kedua tim. Namun hingga hari terakhir bursa transfer, Moutinho tak kunjung berseragam Tottenham.

Kabarnya ada dokumen yang belum terselesaikan. Namun di sisi lain, ada keterlibatan dari pihak ketiga yang meminta keuntungan sebesar 15%. Di mana, keuntungan dari pihak ketiga masih dilarang pada Premier League musim itu.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik di Premier League pada Bursa Transfer Januari

3. Demba Ba ke Stoke City (2011) 

Dari Fekir Hingga Lewandowski, 5 Transfer yang Gagal Secara Misteriusgoal.com

Saat masih bermain dengan Hoffenheim pada musim 2010/2011, Demba Ba tampil cukup mengesankan di paruh musim pertama. Ia berhasil menciptakan 6 gol dan 3 assist dari 11 pertandingan di Bundesliga. Performanya itu membuat sejumlah klub Premier League ingin memboyongnya.

Ada dua klub yang menginginkan jasa Ba yaitu West Ham United dan Stoke City. Ketertarikan klub Premier League itu membuat sang pemain menolak melakukan latihan bersama Hoffenheim dan ingin segera dijual. Stoke City dikabarkan sudah siap membayar Ba dengan biaya 7 juta poundsterling.

Namun di menit-menit akhir, Stoke menarik kesepakatan tersebut yang akhirnya membuat Ba gabung ke West Ham. Cedera lutut kabarnya membuat Stoke mengurungkan niatnya tersebut.

4. David de Gea ke Real Madrid (2015) 

Dari Fekir Hingga Lewandowski, 5 Transfer yang Gagal Secara Misteriusskysports.com

Real Madrid merupakan salah satu klub raksasa yang kerap kali mendatangkan pemain dari Premier League. Klub berjuluk Los Blancos ini pernah memboyong Cristiano Ronaldo, David Beckham hingga Luka Modric ke Santiago Bernabeu. Di tahun 2015, Real Madrid berencana membeli David de Gea dari Manchester United.

Sang pemain kabarnya juga tak keberatan untuk melanjutkan karier di kompetisi Spanyol. Rencananya, Keylor Navas dan uang sebesar 29 juta poundsterling akan ditukar dengan De Gea. Namun hingga hari terakhir, transfer tersebut gagal terjadi.

Dokumen kepindahan De Gea kabarnya tidak sampai ke LaLiga. Sementara itu, Manchester United mengklaim sudah mengirimkan dokumen tersebut tepat waktu. Los Blancos juga dilaporkan telah menerima dokumennya. Masalah mesin faks yang rusak ternyata menjadi penyebab utama dokumen tak sampai ke LaLiga.

5. Robert Lewandowski ke Blackburn Rovers (2010) 

Dari Fekir Hingga Lewandowski, 5 Transfer yang Gagal Secara Misteriusfcbayern.com

Tak diragukan lagi, Robert Lewandowski merupakan salah satu penyerang terbaik saat ini. Hal tersebut dibuktikan sang pemain dengan torehan golnya di musim lalu, di mana ia mampu menciptakan 34 gol dari 31 pertandingan untuk Bayern Munchen. Namun siapa sangka, Lewandowski hampir gabung dengan Blackburn Rovers pada tahun 2010.

Saat itu, Sam Allardyce yang menakhodai Blackburn mencoba mendatangkan Lewandowski dengan biaya 3 juta poundsterling. Namun semua cerita berubah saat Gunung yang berada di Islandia, Eyjafjallajokull meletus dan mengeluarkan awan abu. Hal itu membuat penerbangan ditangguhkan, termasuk yang ingin datang ke Inggris. Alhasil, Lewandowski tak bisa menyelesaikan transfernya menuju Blackburn.

Penyerang asal Polandia itu akhirnya memilih melanjutkan karier ke Jerman bersama Borussia Dortmund. Lewandowski gabung dengan Dortmund dengan biaya yang sama seperti tawaran Blackburn.

Dari lima pemain yang gagal pindah itu, cerita mana yang menurutmu cukup aneh?

Baca Juga: 5 Bek yang Bisa Direkrut Liverpool pada Bursa Transfer Januari 2021

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya