Tyler Adams, Kapten Termuda di Piala Dunia 2022 Qatar

Sudah jadi langganan di tim nasional sejak kelompok umur

Pesepak bola Amerika Serikat, Tyler Adams, mencetak sejarah di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia mencatatkan diri sebagai kapten termuda di gelaran pesta sepak bola akbar empat tahunan tersebut.

Tidak hanya itu, Adams juga menjadi kapten Amerika Serikat termuda sejak Walter Bahr pada 1950. Menarik untuk diulas, berikut penulis sajikan sejumlah fakta menarik mengenai siapa itu Tyler Adams, sang kapten termuda di Piala Dunia 2022.

1. Memulai karier sepak bola di New York Red Bulls 

Tyler Adams, Kapten Termuda di Piala Dunia 2022 QatarTyler Adams (kiri) ketika membela New York Bulls. (twitter.com/NewYorkRedBulls)

Tyler Shaan Adams atau dikenal Tyler Adams lahir dan besar Wappingers Falls, New York, pada 14 Februari 1999. Seperti umumnya anak kecil di sana, ia mengawali masa mudanya bergabung bersama akademi New York Red Bulls pada tahun 2010. Adams terlebih dahulu mengasah kemampuan bermain bolanya di kelompok U-13, U-14, hingga U-16.

Setelah tampil mengesankan di tim muda, sang pemain mendapatkan kontrak profesionalnya bersama New York Bulls II pada 19 Maret 2015. Hanya berselang setahun, Adams promosi ke tim utama New York Bulls hingga 2019. Pencapaian terbaik Adams selama membela New York Bulls adalah membawa tim melaju hingga semifinal Liga Champions CONCACAF untuk pertama kalinya.

2. Mulai dikenal banyak orang ketika berseragam RB Leipzig 

Tyler Adams, Kapten Termuda di Piala Dunia 2022 QatarTyler Adams ketika membela RB Leipzig. (twitter.com/tyler_adams14)

Tyler Adams kemudian melanjutkan kariernya bersama RB Leipzig pada Januari 2019. Ia memulai debutnya dalam pertandingan melawan Fortuna Dusseldorf. Di laga itu, sang pemain berhasil mengantarkan Leipzig menang dengan skor telak 4-0. Adams juga sukses membawa timnya mencapai final DFB-Pokal 2018/2019. Sayangnya, Leipzig kala itu digunduli Bayern Munich dengan skor 0-3.

Salah satu prestasi terhebat Adams adalah mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada babak perempat final Liga Champions 2019/2020. Berkat golnya itu, Leipzig menang dengan skor 2-1 sekaligus lolos ke babak semifinal untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Selain itu, Adams juga sempat memenangi gelar DFB-Pokal bersama Leipzig pada musim 2021/2022.

Baca Juga: 6 Pemain EPL yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke Piala Dunia 2022

3. Perannya hampir tak pernah tergantikan di lini tengah Leeds United 

Tyler Adams, Kapten Termuda di Piala Dunia 2022 QatarTyler Adams ketika membela Leeds United. (twitter.com/tyler_adams14)

Performa impresif Tyler Adams bersama RB Leipzig membuatnya dikaitkan dengan beberapa tim top Eropa. Leeds United pada akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangan sang pemain pada musim panas 2022. Biaya senilai 17 juta euro atau setara Rp274 miliar dikeluarkan The Whites kala itu.

Debut Adams di kompetisi English Premier League (EPL) dimulai ketika melawan Wolves. Adams tampil penuh dalam laga itu dan berhasil mengantarkan tim meraih tiga poin. Sejauh ini, sang pemain telah bermain sebanyak 13 kali untuk Leeds United. Perannya hampir tak pernah tergantikan di lini tengah tim asuhan Jesse Marsch tersebut.

4. Tyler Adams sudah jadi langganan di tim nasional sejak kelompok umur 

Tyler Adams, Kapten Termuda di Piala Dunia 2022 QatarTyler Adams (twitter.com/tyler_adams14)

Tyler Adams telah mewakili tim nasional Amerika Serikat sejak level kelompok umur, mulai dari U-15, U-17, U-18, dan U-20. Bahkan, di kejuaraan U-17 CONCACAF 2015 di Honduras, ia tampil di semua pertandingan Timnas Amerika Serikat.

Adams juga jadi salah satu pemain yang sukses membawa Amerika Serikat lolos ke Piala Dunia U-17 pada tahun 2015. Tidak berhenti sampai di situ, pada Mei 2017, Adams tampil di semua laga Amerika Serikat di Piala Dunia U-20 FIFA 2017 di Korea Selatan.

5. Tyler Adams jadi kapten termuda di Piala Dunia 2022 

Tyler Adams, Kapten Termuda di Piala Dunia 2022 QatarAksi Tyler Adams (kiri) dalam pertandingan Timnas Amerika Serikat melawan Timnas Wales di Piala Dunia 2022. (twitter.com/tyler_adams14)

Tyler Adams mencatatkan caps pertamanya untuk tim nasional senior pada 14 November 2017. Adams yang ketika itu masih 18 tahun tampil penuh selama 90 menit dalam hasil imbang 1-1 melawan Portugal.

Kini, Adams menghadapi tantangan baru. Pemain berusia 23 tahun itu untuk pertama kalinya bakal memimpin Amerika Serikat tampil di Piala Dunia 2022. Gelandang Leeds yang sudah memiliki 32 caps itu terpilih menjadi kapten The Stars & Stripes dalam kejuaraan kali ini.

Dengan status tersebut, Adams jadi kapten termuda di Piala Dunia 2022, sekaligus jadi kapten termuda untuk sepak bola Amerika Serikat sejak Walter Bahr pada 1950. Pelatih Timnas Amerika Serikat, Gregg Berhalter, memilih Adams sebagai kapten dengan alasan kuat.

“Ia (Adams) memimpin dengan aksi-aksi dan juga kata-katanya,” ujar pelatih berusia 49 tahun itu seperti dilansir USAtoday.

Amerika Serikat telah memainkan laga pertamanya di Piala Dunia 2022. Menghadapi Wales di Ahmed bin Ali Stadium, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB. Tyler Adams dan kolega sanggup menahan Wales dengan skor 1-1. Hasil ini bikin peluang Timnas Amerika Serikat lolos ke babak selanjutnya dari Piala Dunia 2022 masih terbuka lebar.

Baca Juga: 6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika Serikat

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya