6 Comeback Terbaik Liverpool di Kancah Eropa, Semangatnya Luar Biasa

Liverpool mencatatkan banyak sejarah menakjubkan

Liverpool musim ini mencatatkanpencapaian yang luar biasa. Skuad asuhan Jurgen Klopp ini permainannya semakin matang dan ditakuti lawan-lawannya. Hal itu terbukti dengan Liverpool lolos ke final Liga Champions 2019.

Liverpool ini memang dinilai jago melakukan comeback-comeback fantastis. Berbagai sejarah comeback yang luar biasa telah mereka catatkan. Ini 6 comeback terbaik dari Liverpool yang bikin takjub. Simak ulasannya berikut ini.

1. Comeback lawan AC Milan

https://www.youtube.com/embed/hEDvtpJX4co

Tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah pertandingan luar biasa. Liverpool melakukan comeback fantastis kala melawan AC Milan yang unggul dengan nilai 3-0 di paruh kedua. 

Steven Gerrard, Xabi Alonso, dan Vladimír Šmice menyelamatkan Liverpool dengan skor imbang 3-3 yang di lanjutkan dengan adu penalti. Meskipun kini sudah pensiun, semangat Steven Gerrard kala itu menjadi melegenda di kalangan fans Liverpool. 

2. Comeback kontra Barcelona

https://www.youtube.com/embed/buoMlAshKXQ

Comeback kontra Barcelona ini juga menjadi hal yang tidak bisa dilupakan oleh pemain dan fans Liverpool. Bagaimana tidak, tertinggal dari Barcelona 3-0, dan menang 4-0 di Anfield, tanpa diperkuat oleh Roberto Firmino, dan Mohammed Salah menjadi keistimewaan tersendiri. Selain itu Liverpool akan meraih final Liga Champion back-to-back 2018 dan 2019. 

3. Comeback kontra Dortmund

https://www.youtube.com/embed/5NM_IKJ_ng4

Imbang di kandang Dortmund pada pertandingan pertama, Liverpool meraih kemenangan 4-3, dengan agregat 5-4, pada Perempat final Europa League 2016. Comeback ini juga bisa di bilang bikin fans deg-deg kan, pasalnya nilai imbang itu susah.

Baca Juga: 6 Derby Paling Panas dan Mencekam di Sepak Bola, Ada Korban Jiwa

4. Comeback kontra Napoli

https://www.youtube.com/embed/OOpPLjTnwmE

Pada 2010, Steven Gerrard menyelamatkan Liverpool dari kekalahan kontra Napoli di Europa League 2010. Kala itu,  Liverpool sempat tertinggal 0-1 di Anfield. Kemudian Steven Gerrard yang masuk pada paruh kedua menyelamatkan Liverpool dengan hat-tricknya.

5. Liverpool vs AS Roma di European Cup 1984

https://www.youtube.com/embed/FJ9so4Obhnk

Ini juga menjadi final Liverpool yang menegangkan pada tahun 1984. Kala itu, Liverpool mengahadapi AS Roma, dan pertandingan ini berakhir 1-1 sebelum lanjut ke adu penalti.

Ini juga trofi Liverpool ke-4 di kancah Eropa saat itu. Pertandingan ini menjadi menegangkan pasalnya Liverpool sempat memimpin dengan gol dari Phil Neal, sebelum di imbangi oleh Roberto Pruzzo. 

6. Liverpool vs Arsenal 2008

6 Comeback Terbaik Liverpool di Kancah Eropa, Semangatnya Luar Biasasportskeeda.com

Liverpool juga pernah melakukan comeback spektakuler pada tahun 2008. Kala itu Liverpool menghadapi Arsenal di perempat final Liga Champions. Liverpool ditahan imbang oleh Arsenal di leg 1, di Emirates Stadium dengan skor 1-1. 

Namun, Liverpool melakukan comeback fantastis di Anfield dengan skor 4-2. Liverpool memenangkan laga itu dengan agregat 5-3. Meskipun pada Champion League 2008 Liverpool kalah dengan Chelsea di semi-final, namun comeback dengan Arsenal ini juga menjadi momen daya magis Steven Gerrard.

Itulah 6 comeback fantastis Liverpool di kancah Eropa, baik di Europa League, dan Champions League. Mana comeback Liverpool favorit kamu?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Yohana Belinda Photo Verified Writer Yohana Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya