Comscore Tracker

5 Klub yang Jadi Kandidat Kuat Juara UEFA Champions League 2018-2019

Kira-kira siapa ya yang bakalan juara ?

Liga Champions UEFA menjadi panggung terbesar di sepak bola Eropa dengan klub terbaik dan pemain terbaik dari seluruh dunia. Itulah salah satu alasan mengapa kompetisi yang satu ini sangat diminati. Pada awal musim, banyak klub yang diperkirakan mendominasi Liga Champions, tetapi pada akhir babak penyisihan grup, ada beberapa klub mapan yang harus tersisih dari kompetisi ini.

Berikut ini adalah 5 kandidat kuat yang bakal menjadi juara UEFA Champions League musim 2018-2019 berdasarkan performa mereka di babak penyisihan grup.

1. Barcelona

5 Klub yang Jadi Kandidat Kuat Juara UEFA Champions League 2018-2019sportskeeda.com

Setelah gagal mencapai semifinal Liga Champions UEFA selama 3 musim terakhir dan menyaksikan musuh bebuyutan mereka Real Madrid menjadi juara tiga kali beruntun. Barcelona tampil memuaskan selama babak penyisihan grup UCL musim ini. Pasukan Ernesto Valverde pada fase grup mengalahkan Tottenham Hotspur, Inter Milan, dan PSV Eindhoven mereka berhasil menjadi juara grup dan Lionel Messi tampil sangat cemerlang pada fase ini.

Di babak 16 besar mereka akan melawan Olympique Lyon dan semua mata akan tertuju pada mereka untuk melanjutkan perjalanan mengesankan mereka ketika mereka menghadapi tim Ligue 1 pada bulan Februari nanti.

2. Bayern Munich

5 Klub yang Jadi Kandidat Kuat Juara UEFA Champions League 2018-2019fcbayern.com

Ini merupakan tahun yang sulit bagi Bayern Munich di liga domestik, karena mereka mereka tertinggal 6 poin di belakang pemimpin liga yaitu Borussia Dortmund. Namun di Eropa Bayern Munich tetaplah salah satu klub yang tak boleh diremehkan. Faktanya, mereka telah menjadi salah satu tim paling mengesankan di turnamen Eropa musim ini dan mereka juga memiliki peluang untuk memenangkan UCL musim ini, terlepas dari tidak konsistennya mereka di liga domestik.

Setelah menjadi juara Grup E dengan 14 poin, The Bavarians akan dapat melangkah lebih jauh jika mereka dapat mengalahkan Liverpool pada babak 16 besar bulan Februari nanti.

Baca Juga: Resmi! Ini Hasil Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2018/2019

3. Juventus

5 Klub yang Jadi Kandidat Kuat Juara UEFA Champions League 2018-2019juventus.com

Juara Italia yaitu Juventus FC telah menjadi salah satu klub paling konsisten di Liga Champions UEFA selama beberapa tahun terakhir dan dengan mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid di musim panas lalu, mereka menjadi klub yang sangat menakutkan di Eropa saat ini.

Bianconeri memulai UCL dengan kemenangan 2-0 atas Valencia dan mereka meraih 3 kemenangan lagi di parta selanjutnya, yang cukup untuk menjadikan mereka sebagai pemimpin Grup H dengan 12 poin.

Meskipun penampilan mereka sedikit menurun menjelang akhir babak penyisihan grup, dengan kekalahan melawan Manchester United dan Young Boys, pasukan Massimiliano Allegri tidak diragukan lagi tetap menjadi salah satu kandidat kuat untuk menjadi juara Liga Champions UEFA musim ini.

4. Liverpool

5 Klub yang Jadi Kandidat Kuat Juara UEFA Champions League 2018-2019liverpoolecho.co.uk

Ini merupakan musim yang mengesankan bagi Liverpool sejauh musim ini, dengan pasukan Jurgen Klopp berada di puncak klasmen Liga Inggris dan lolos ke babak 16 besar UCL setelah melewati grup neraka. The Reds mencapai final UCL musim lalu, tetapi tidak beruntung karena menderita kekalahan 3-1 di tangan raksasa Spanyol Real Madrid.

Tergabung bersama Paris Saint-Germain dan Napoli pada babak penyisihan grup, pasukan Jurgen Klopp memastikan mereka berhasil masuk ke fase gugur dengan 9 poin dalam 6 pertandingan, tetapi menghadapi lawan yang sangat tangguh pada pertandingan babak 16 besar melawan Bayern Munich.

5. Manchester City

5 Klub yang Jadi Kandidat Kuat Juara UEFA Champions League 2018-2019sportskeeda.com

Meskipun membuntuti Liverpool dengan 4 poin dalam perburuan gelar Liga Premier musim ini, ini merupakan musim yang mengesankan bagi Manchester City, karena mereka bermain cemerlang di semua kompetisi sejauh ini, terutama di Liga Champions UEFA.

Pasukan Pep Guardiola adalah salah satu tim paling cemerlang selama penyisihan grup, mencatat 4 kemenangan, 1 seri dan 1 kekalahan dalam 6 pertandingan, serta finis sebagai pemimpin Grup F dengan 13 poin.

Nah itulah 5 klub yang menjadi kandidat untuk menjuarai UCL musim ini. Kira-kira klub mana ya yang bakalan jadi juara UCL musim ini?

Baca Juga: 4 Laga Seru Ini Jadi Sorotan di Babak 16 Besar Liga Champions

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You