Comscore Tracker

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Premier League

Kualitas mereka tidak kalah dengan pemain asal Inggris

Premier League merupakan salah satu liga terbaik di dunia sepak bola saat ini. Dengan istilah tersebut, maka ada banyak pemain asing yang menjadikan Premier League sebagai tujuan mereka. Pada musim ini saja, ada 331 pemain asing di Premier League. Artinya, 63,9 persen pemain di sana adalah pemain asing.

Banyak sekali pemain asing yang sukses di tanah Inggris, bahkan menjadi legenda. Beberapa di antaranya berkontribusi dalam banyak gol yang diciptakan oleh klubnya. Di bawah ini adalah lima pemain asing dengan kontribusi gol terbanyak di ajang Premier League.

1. Ryan Giggs

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Premier LeagueRyan Giggs (twitter.com/manutd)

Giggs adalah satu-satunya pemain dalam daftar ini yang memiliki jumlah assist lebih banyak daripada jumlah golnya. Bisa dibilang Giggs adalah pemain terbaik asal Wales yang berkompetisi di Premier League.

Giggs merupakan bagian dari Class of 92  Manchester United yang sangat terkenal. Ia memiliki kelebihan dalam hal kecepatan, menggiring boladan mengoper. Berposisi sebagai gelandang kiri atau sayap kiri, Giggs sering melakukan tusukan ke kotak penalti lawan dan mencetak gol atau memberikan umpan yang berbuah gol.

Giggs hanya membela satu tim, yakni Manchester United. Pemenang Premier League 13 kali tersebut membuat 632 penampilan di ajang Premier League. Ia berkontribusi dalam 270 gol The Red Devils, dengan raihan 161 assist serta 109 gol.

2. Thierry Henry

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Premier LeagueThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry bisa dibilang salah satu striker terbaik yang pernah ada. Memulai karier sepak bola bersama AS Monaco, pemain asal Prancis itu digaet Arsenal pada musim panas 1999. Ia pun bertemu kembali dengan mantan manajernya di AS Monaco, yakni Arsene Wenger.

Juru taktik asal Prancis itu mengubah Henry menjadi striker. Awalnya, ia adalah seorang winger. Henry memiliki kelebihan dalam kecepatan, kontrol bola, dan menembak.

Legenda Arsenal ini bermain dalam 258 pertandingan di Premier League dengan mengemas 175 gol dan 82 assist. Itu artinya, Henry berkontribusi dalam 257 gol untuk Arsenal di ajang kompetisi domestik.

Baca Juga: 5 Pelatih Luar Inggris yang Paling Banyak Tangani Tim Premier League

3. Sergio Aguero

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Premier LeagueSergio Aguero (skysports.com)

Salah satu penyerang asing terbaik di Premier League dalam satu dekade terakhir adalah Sergio Aguero. Mantan striker Atletico Madrid itu diboyong Manchester City pada musim panas 2011. The Cityzens berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan gelar Premier League pertama mereka bersama Aguero.

Perekrutan Aguero terbukti menjadi langkah yang tepat. Striker Argentina itu membantu Manchester City unggul atas rival abadi mereka, Manchester United, dalam perebutan gelar pada musim 2011/2012. Gelar ini diraih dengan cara yang luar biasa. Aguero mencetak gol pada menit-menit krusial pertandingan terakhir musim itu.

Aguero menghabiskan 10 musim bersama Manchester City. Ia memenangkan Premier League lima kali dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester City. Saat berkarier di Inggris, Aguero berkontribusi dalam 239 gol Manchester City, dengan 184 gol dan 55 assist.

4. Robin van Persie

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Premier LeagueRobin van Persie (premierleague.com)

Robin van Persie didatangkan Arsenal dari Feyenoord untuk menggantikan Dennis Bergkamp yang hengkang pada 2004. Manajer Arsenal saat itu, Arsene Wenger, berniat mengubah pemain sayap asal Belanda itu menjadi striker, seperti yang dilakukannya kepada Thierry Henry.

Dengan kaki kiri yang luar biasa, Robin van Persie terbukti menjadi senjata mematikan di depan gawang. Saat bersama The Gunners, mantan penyerang Feyenoord itu mencetak 96 gol dan 45 assist dalam 194 penampilan di Premier League.

Pada musim panas 2012, van Persie memutuskan bergabung dengan Manchester United demi memenangkan gelar Premier League. Ia berhasil meraih impiannya pada musim 2012/2013.

Saat bermain di Premier League, total Robin van Persie berlaga dalam 280 pertandingan dan berkontribusi dalam 209 gol. Ia mencetak 144 gol dan 65 assist.

5. Nicolas Anelka

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Premier LeagueNicolas Anelka (skysports.com)

Nicolas Anelka telah bermain untuk sejumlah klub di Premier League. Klub pertamanya di Inggris adalah Arsenal. Ia bergabung dengan klub London Utara itu pada musim panas 1997. Anelka kemudian bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 1999 sebelum kembali ke Paris Saint-Germain.

Striker asal Prancis itu dipinjamkan ke Liverpool untuk sisa musim 2001/2002, kemudian bergabung dengan Manchester City, di mana ia mencetak 37 gol dalam 89 penampilan.

Anelka juga bermain untuk Bolton Wanderers, Chelsea, dan West Bromwich Albion di Premier League. Sepanjang kariernya di Premier League, Anelka sudah bermain dalam 364 laga, dengan raihan 126 gol serta 54 assist. Artinya, saat di Premier League, Anelka berkontribusi dalam 180 gol secara keseluruhan.

Walaupun sekarang ada kebijakan setiap klub harus memiliki dan memainkan pemain asal Inggris pada setiap laganya, hal itu tak menyurutkan minat pemain asing untuk berkarier di Premier League. Menurutmu, akankah ada pemain yang bisa memecahkan catatan para pemain di atas?

Baca Juga: Menikmati Ledakan Brighton and Hove Albion di Premier League

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya