6 Striker Top yang Pernah Bermain di Liverpool dan Manchester City

Sayangnya, tidak semua sukses di kedua klub

Sejak diambil alih oleh Sheikh Mansour, Manchester City yang awalnya cuma tim medioker, kini mampu menjadi salah satu raksasa di Premier League. Mereka tidak hanya mengusik rival sekota, Manchester United, tetapi juga kekuatan tradisional Inggris lainnya, Liverpool.

Namun, untuk masalah transfer pemain, The Citizens dan The Reds tampaknya cukup bersahabat. Banyak pemain yang pernah membela kedua klub, baik pindah secara langsung atau tidak. Nah, berikut deretan penyerang top yang sempat berseragam City dan Liverpool.

1. Peter Beardsley

6 Striker Top yang Pernah Bermain di Liverpool dan Manchester CityPeter Beardsley (liverpoolecho.co.uk)

Pemain yang bisa berposisi sebagai penyerang dan gelandang ini bergabung dengan Liverpool pada 1987, bersamaan dengan John Barnes. Membentuk duet mematikan bareng John Aldridge, Peter Beardsley langsung memberikan trofi liga domestik di musim perdana.

Setelah membuat 175 penampilan dan 59 gol, ia pindah ke Everton pada 1991, lalu berlabuh di Newcastle United pada 1993 dan Bolton Wanderers pada 1997. Nah, di Bolton inilah, Beardsley sempat dipinjamkan ke Manchester City, tetapi cuma enam kali bermain di Divisi 1.

2. Nicolas Anelka

6 Striker Top yang Pernah Bermain di Liverpool dan Manchester CityNicolas Anelka (bleacherreport.com)

Nicolas Anelka berseragam Liverpool pada paruh musim 2001/2002 dengan status pinjaman dari Paris Saint-German. Meski mengantarkan The Reds meraih posisi runner-up liga, pihak manajemen ogah mengontraknya secara permanen dan lebih memilih El Hadji Diouf.

Anelka akhirnya dipinang Manchester City pada Mei 2002 dan memecahkan rekor transfer tim kala itu. Pada musim perdananya, ia sukses mencetak 14 gol dan menjadi yang tersubur di klub. Sementara pada musim kedua, penyerang berpaspor Prancis ini menorehkan 25 gol.

Baca Juga: Jelang Liverpool Vs Manchester City Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

3. Robbie Fowler

6 Striker Top yang Pernah Bermain di Liverpool dan Manchester CityRobbie Fowler (twitter.com/optajoe)

Salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Liverpool dan dijuluki God oleh fan Liverpool. Robbie Fowler membela The Reds pada 1993—2001. Dalam kurun waktu tersebut, ia menjuarai FA Cup, Piala Liga Inggris, UEFA Cup, dan UEFA Super Cup.

Sempat berseragam Leeds United, Fowler merumput bersama Manchester City pada Januari 2003. Cuma bertahan tiga tahun di Kota Manchester, ia kembali lagi ke Liverpool pada Januari 2006, tetapi gagal mengulang kesuksesan yang pernah dibuatnya di periode pertama.

4. Craig Bellamy

6 Striker Top yang Pernah Bermain di Liverpool dan Manchester CityCraig Bellamy (twitter.com/lfc/status)

Penyerang berpaspor Wales ini pernah berseragam Liverpool pada musim 2006/2007. Sayangnya, penampilan Craig Bellamy di The Reds tidak cukup mengesankan. Ia total cuma membuat sembilan gol. Hanya bertahan semusim, ia memutuskan hengkang ke West Ham United.

Namun, performanya di The Hammers tidak membaik. Setelah satu setengah musim, ia setuju pindah ke Manchester City. Walau bisa mencetak lebih banyak gol, sayangnya Bellamy bukan pilihan utama. Sempat dipinjamkan ke Cardiff City, ia kembali lagi ke Liverpool pada 2011.

5. Daniel Sturridge

6 Striker Top yang Pernah Bermain di Liverpool dan Manchester CityDaniel Sturridge (twitter.com/ScoutedFtbl)

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Daniel Sturridge adalah anak didik akademi Manchester City. Ia sempat berseragam The Citizens pada 2006—2009. Berusia masih muda, Sturridge kala itu cuma membuat 21 penampilan di liga dan mencetak lima gol.

Sempat hijrah ke Chelsea dan Bolton Wanderers, penyerang asal Inggris ini akhirnya dipinang Liverpool pada Januari 2013. Enam musim di Anfield, Sturridge membuat 116 penampilan di Premier League dan berhasil menyumbangkan 50 gol untuk The Reds.

6. Mario Balotelli

6 Striker Top yang Pernah Bermain di Liverpool dan Manchester CityMario Balotelli (twitter.com/football__tweet)

Pemain berjuluk Super Mario ini pertama kali menginjakkan kakinya di Manchester City pada awal musim 2010/2011. Pada musim perdana, ia sukses memberikan titel FA Cup. Sementara, pada musim kedua, striker berpaspor Italia tersebut meraih gelar Premier League.

Sayangnya, karena indisipliner, klub memutuskan melego Balotelli ke AC Milan pada Januari 2013. Sekitar 18 bulan di Kota Milan, ia kembali ke Inggris untuk membela Liverpool. Namun, gagal membuat kesan positif untuk publik Anfield dengan hanya mencetak empat gol.

Memang, tidak semua pemain mampu mempertahankan penampilan impresif ketika berganti klub. Bahkan, jika dia sebelumnya dilabeli pemain bintang sekalipun.

Baca Juga: Jadwal Premier League Pekan Ini: Ada Liverpool Vs ManCity

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya