Comscore Tracker

Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFF

Ada yang bisa mematahkan?

ASEAN Football Federation (AFF) Championship, sering disebut Piala AFF, merupakan ajang sepak bola yang mempertemukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Mulanya bernama Tiger Cup, gelaran ini resmi bernama Piala AFF sejak 2004 dan digunakan hingga detik ini.

Digelar perdana pada tahun 1996 silam, pesta sepak bola dua tahunan tersebut beberapa kali mengalami pergantian format. Tidak hanya itu, lahir juga sejumlah rekor mentereng. Lalu, apa saja rekor tersebut dan apakah masih bisa untuk dipecahkan?

1. Negara dengan trofi terbanyak

Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFFTimnas Thailand (straitstimes.com)

Hingga edisi tahun 2018, Thailand masih menjadi negara dengan raihan gelar Piala AFF terbanyak. Negeri Gajah Putih tersebut sudah 5 kali menjadi yang terbaik, disusul Singapura dengan 4 titel dan Vietnam yang sejauh ini telah mengantongi 2 trofi.

Tiga gelar Thailand di kompetisi ini diraih ketika kejuaraan masih bernama Tiger Cup, yakni pada tahun 1996, 2000, dan 2002. Kemudian, mereka menambah trofi pada tahun 2014 setelah mengalahkan Malaysia dan pada 2016 usai mengandaskan perlawanan Indonesia.

2. Margin gol terbesar dalam satu laga

Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFFTimnas Indonesia Piala Tiger 2002 (twitter.com/garagarabola_)

Pertandingan antara Indonesia dan Filipina pada 23 Desember 2002 silam masih menjadi laga dengan margin gol terbesar dalam sejarah Piala AFF. Kala itu, Timnas Garuda mampu menceploskan 13 gol ke gawang lawan. Sementara itu, Filipina cuma membuat satu gol balasan.

Dalam laga tersebut, dua striker Indonesia, Bambang Pamungkas dan Zaenal Arief, sama-sama mencatatkan empat gol. Gol lainnya untuk Timnas Merah Putih disumbangkan dwigol Sugiantoro, Imran Nahumarury, Budi Sudarsono, dan hasil bunuh diri Solomon Licuanan.

3. Top skor turnamen sepanjang masa

Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFFNoh Alam Shah (affsuzukicup.com)

Noh Alam Shah masih menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di ajang Piala AFF. Penyerang asal Singapura tersebut mampu menciptakan total 17 gol dengan 10 gol di antaranya dihasilkan pada gelaran edisi 2007 saat negaranya keluar sebagai kampiun.

Rekor gol mantan penyerang Arema tersebut masih berpeluang dipecahkan pemain lain yang masih aktif. Teerasil Dangda sebelumnya berkesempatan mematahkan catatan tersebut karena sudah mengoleksi 15 gol. Sayangnya, pada edisi 2018 kemarin, ia harus absen.

Baca Juga: Timnas Indonesia Jumpa 2 Musuh Bebuyutan di Piala AFF

4. Pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan

Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFFNoh Alam Shah (affsuzukicup.com)

Selain menjadi top skor sepanjang masa, Noh Alam Shah juga mencatakan rekor mentereng lainnya di Piala AFF. Ia adalah pemain yang mampu membuat gol terbanyak dalam satu laga dengan 7 gol saat Singapura membantai Laos 11-0 pada edisi 2007.

Saat itu, Noh Alam Shah membuat gol pada menit ke-11, 24, 61, 72, 76, 88, dan 90. Sumbangan 7 gol tersebut membuatnya menjadi top skor turnamen dengan total 10 gol. Prestasi itu semakin lengkap karena Singapura dibawanya menjadi juara kompetisi.

5. Pemain yang paling sering menjadi MVP

Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFFChanathip Songkrasin (the-afc.com)

Menjadi pemain terbaik alias most valuable player (MVP) dalam suatu turnamen memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun, pemain Thailand, Chanathip Songkrasin, sukses melakukannya di ajang AFF Cup tidak cuma sekali, tetapi dua kali, bahkan secara beruntun.

Pemain berjuluk Messi dari Thailand itu meraih MVP pertamanya dalam gelaran Piala AFF 2014. Dua tahun berselang, ia kembali dinobatkan sebagai yang terbaik. Dalam dua edisi tersebut, gelandang serang ini memang sukses mengantarkan negaranya menjadi kampiun.

6. Pemain paling sering menjadi top skor

Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFFTeerasil Dangda (twitter.com/theafcdotcom)

Jika Chanathip Songkrasin sukses menjadi MVP terbanyak, rekannya di Timnas Thailand, Teerasil Dangda, merupakan yang paling sering meraih gelar top skor. Ia melakukannya pada 2008 dengan 4 gol, edisi 2012 dengan 5 gol, dan tahun 2016 dengan 6 gol.

Melakukan debut pada tahun 2007, Dangda memang tampil cukup subur untuk negaranya. Pemain yang ternyata sempat melakukan trial di Manchester City tersebut total sudah mengantongi 45 gol dalam 104 pertandingan bersama Timnas War Elephants.

7. Negara paling sering mendapatkan gelar top skor

Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFFBambang Pamungkas (twitter.com/affsuzukicup)

Pemain Thailand memang paling sering meraih gelar top skor turnamen, yakni sebanyak lima kali. Namun, tiga di antaranya diraih oleh satu pemain yang sama, yakni Teerasil Dangda, masing-masing pada edisi 2008, 2012, dan 2016.

Sementara itu, Indonesia empat kali merebut sepatu emas turnamen dengan empat pemain yang berbeda. Gendut Doni Christiawan meraihnya tahun 2000, lalu Bambang Pamungkas pada tahun 2002, Ilham Jaya Kesuma pada tahun 2004, dan Budi Sudarsono pada tahun 2008.

 

"Rekor tercipta untuk dipatahkan," demikian bunyi sebuah ungkapan yang sering kita dengar. Jadi, menarik ditunggu siapa saja yang bakal memecahkan rekor atau malah membuat catatan baru dalam gelaran Piala AFF.

Baca Juga: Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala Asia

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya