Comscore Tracker

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub Lain

Ada yang masih ingat nama-nama mereka?

Dalam kancah sepak bola Italia, Udinese memang tidak bisa dikatakan sebagai klub besar. Berdiri pada tahun 1896, prestasi terbaik Le Zebrette hanyalah gelar Prima Divisione musim 1929/1930. Selebihnya, klub yang bermarkas di Stadio Friuli tersebut lebih sering berkutat di papan tengah.

Meski demikian, Udinese cukup piawai menemukan bakat-bakat muda potensial. Diberi panggung untuk melakukan debut profesional di pentas Eropa, tidak sedikit yang akhirnya menjadi pemain top dan merebut titel Serie A Italia dengan tim lain. Siapa saja para pemain tersebut?

1. Roberto Sensini

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub LainRoberto Sensini (calciopedia.com.br)

Bek asal Argentina ini merasakan kesuksesan saat membela Parma dan Lazio. Bersama Parma, Roberto Sensini dua kali meraih Coppa Italia dan dua kali merebut Piala UEFA. Sementara itu, di Lazio ia adalah bagian tim kala merebut Scudetto Serie A musim 1999/2000.

Tidak banyak yang tahu, klub yang pertama kali memberi panggung Sensini mentas di sepak bola Eropa adalah Udinese. I Bianconeri mendatangkannya pada tahun 1989 dari klub Argentina, Newell's Old Boys. Sensini sendiri bermain di Udinese hingga tahun 1993.

2. Abel Balbo

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub LainAbel Balbo (asroma.com)

Penyerang asal Argentina ini hijrah ke Udinese bersamaan dengan kompatriotnya, Roberto Sensini. Ia didatangkan klub Italia tersebut dari River Plate. Bermain hingga 1993 dan menciptakan 66 gol dalam 134 partai di Serie A, Abel Balbo akhirnya pindah ke AS Roma.

Di klub asal ibukota Italia, Balbo bermain hingga 1998. Sempat pindah ke Parma dan Fiorentina, ia kembali lagi ke I Giallorossi pada tahun 2000. Di periode keduanya bersama AS Roma ini, Balbo akhirnya sukses merasakan manisnya gelar Serie A musim 2000/2001.

3. Sulley Muntari

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub LainSulley Muntari (eurosport.com)

Gelandang bertahan asal Ghana ini bermain untuk Udinese pada tahun 2001 yang sekaligus menjadi klub profesional pertamanya. Ia sempat hijrah ke Portsmouth di Inggris pada 2007 sebelum akhirnya balik ke Italia dan bergabung dengan Inter Milan pada tahun 2008.

Bersama I Nerazzurri, Sulley Muntari dapat dikatakan menemukan puncak kariernya. Ia tercatat dua kali merasakan titel scudetto Serie A, dua kali juara Coppa Italia, dua kali Piala Super Italia, serta masing-masing sekali Liga Champions Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: Serie A Larang Tim Pakai Jersey Warna Hijau, Ada-ada Saja!

4. Kwadwo Asamoah

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub LainKwadwo Asamoah (zimbio.com)

Setelah Sulley Muntari, Kwadwo Asamoah adalah pemain Ghana lainnya yang mengawali karier Eropa bersama Udinese. Ia bergabung dengan I Friulani pada tahun 2008. Bermain selama empat musim, Asamoah kemudian setuju pindah ke raksasa Italia, Juventus.

Kepindahan Asamoah ke Juventus berbuah manis. Pasalnya, ia 6 kali merasakan trofi Serie A, 4 kali Coppa Italia, dan 3 kali Piala Super Italia. Selepas dari Juventus, ia sempat membela Inter Milan sejak 2018 hingga 2020 sebelum akhirnya bergabung dengan Cagliari.

5. Alexis Sanchez

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub LainAlexis Sanchez (weaintgotnohistory.sbnation.com)

Pemain yang biasa berposisi sebagai winger ini didatangkan Udinese dari klub lokal Chile, Cobreloa, pada tahun 2006. Ia mampu menjadi salah satu pemain dominan Udinese pada medio 2000-an yang akhirnya membuat Barcelona kepincut dan membelinya pada Juli 2011.

Di klub Catalan, permainan Alexis Sanchez semakin moncer. Ia sanggup merebut masing-masing sekali titel LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Eropa. Sempat pindah ke Inggris, Sanchez sekarang bermain di Inter Milan dan baru saja merasakan gelar Serie A 2020/2021.

6. Mauricio Isla

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub LainMauricio Isla (eurosport.com)

Udinese mendatangkan pemain Chile ini setelah tampil apik dalam gelaran Piala Dunia U-20 2007 yang berlangsung di Kanada. Kala itu Udinese menjadi klub profesional pertama Mauirico Isla. Setelah lima tahun di Stadio Friuli, ia setuju bergabung dengan Juventus.

Di La Vecchia Signora, karier sepak bola pemain ini semakin berkembang. Ia adalah anggota Juventus kala merebut titel Serie A musim 2012/2013 dan 2013/2014. Namun, pada Agustus 2014, klub asal Turin memutuskan meminjamkannya ke Queens Park Rangers.

7. David Pizarro

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub LainDavid Pizarro (twitter.com/fifacom)

Sebelum Alexis Sanchez dan Mauricio Isla, David Pizzaro adalah pemain Chile yang melakukan debut Eropa bersama Udinese. Mengawali karier profesional dengan klub lokal, Santiago Wanderers, ia berlabuh di Udinese pada tahun 1999 dan membuat 126 laga di Serie A.

Pada Juli 2005, Pizzaro setuju bergabung dengan Inter Milan. Musim pertamanya di La Beneamata berlangsung sukses karena ia mampu menggondol Serie A dan Coppa Italia. Pizzaro sempat pula membela Manchester City dan meraih trofi Liga Inggris musim 2011/2012.

8. Juan Cuadrado

Debut Eropa di Udinese, 8 Pemain Ini Juara Serie A dengan Klub LainJuan Cuadrado (goal.com)

Juan Cuadrado bisa dibilang salah satu pemain Kolombia tersukses di era sekarang, setidaknya di level klub. Hingga kini, pemain yang identik dengan rambut kribo itu sudah merasakan lima kali gelar Serie A bersama Juventus dan sekali trofi Premier League bareng Chelsea.

Namun, tahukah kamu kalau Cuadrado melakukan debut di sepak bola Eropa bersama Udinese? Yup, ia didatangkan Tim Zebra pada Juli 2009 dari Independiente Medellin secara gratis. Meski demikian, kariernya di Udinese memang tidak bisa dikatakan gemilang.

 

Walau dikenal sebagai klub yang piawai melihat bakat-bakat terpendam, sayangnya Udinese cenderung tidak bisa mempertahankan pemain bintang mereka. Jika itu bisa dilakukan, bukan tidak mungkin klub ini dapat berbicara banyak di pentas Serie A.

Baca Juga: Nomornya Direbut Cristiano Ronaldo, Begini Reaksi Cuadrado

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya