4 Eks Pemain Liverpool yang Akhirnya Merapat ke Ajax Amsterdam

Ada mantan kapten The Reds

Ajax Amsterdam selama ini dikenal sebagai gudangnya pemain berbakat. Banyak pesepak bola klub asal Belanda tersebut yang diincar dan akhirnya pindah ke tim Eropa lainnya. Ada yang sukses, tetapi tidak sedikit juga yang gagal memenuhi ekspektasi.

Selain menjual pemain, klub berjuluk de Joden itu juga sering mendatangkan pemain, termasuk mereka yang pernah membela Liverpool. Ada pemain yang ditransfer langsung dari The Reds, ada juga yang melanglang buana terlebih dahulu sebelum akhirnya mendarat di Amsterdam. Termasuk Jordan Henderson, intip siapa saja eks pemain Liverpool yang akhirnya bergabung dengan Ajax Amsterdam berikut, yuk!

1. Jari Litmanen sukses di Ajax Amsterdam tetapi gagal bersama Liverpool

4 Eks Pemain Liverpool yang Akhirnya Merapat ke Ajax AmsterdamJari Litmanen (facebook.com/IndonesiaLFC)

Jari Litmanen membela Ajax Amsterdam dalam dua periode. Di periode pertama, gelandang asal Finlandia itu berhasil mengantarkan de Joden menjuarai Eredivisie Belanda dan UEFA Champions League. Kesuksesan tersebut yang membuat Barcelona kepincut untuk memboyongnya pada 1999.

Sayangnya, Litmanen gagal berkembang di Spanyol. Ia kemudian memutuskan pindah ke Liverpool pada Januari 2001. Namun, kariernya di Inggris pun tidak bisa dikatakan mentereng. Meski sempat mengantarkan The Reds menjuarai UEFA Super Cup 2001, ia terbilang gagal hingga akhirnya segera kembali ke Ajax Amsterdam pada musim panas 2002.

Baca Juga: Pindah ke Ajax Bukan Keputusan Mudah bagi Jordan Henderson

2. Ryan Babel senasib dengan Jari Litmanen

4 Eks Pemain Liverpool yang Akhirnya Merapat ke Ajax AmsterdamRyan Babel (instagram.com/ryanbabel)

Ryan Babel dipinang Liverpool pada Juli 2007 setelah tampil oke bareng Ajax Amsterdam. Ia juga sempat mempersembahkan titel Eredivisie Belanda di Ajax. Bersama The Reds, sebenarnya pemain asal Belanda ini mampu bermain reguler. Sayangnya, ia gagal memberikan trofi untuk publik Stadion Anfield.

Setelah nirgelar di Inggris, Babel memutuskam pindah ke TSG 1899 Hoffenheim pada Januari 2011. Namun, kebersamaannya dengan klub asal Jerman itu tidak bertahan lama. Pada Agustus 2012, winger kelahiran 1986 ini pulang kampung ke klub lamanya, Ajax Amsterdam. Ia kemudian kembali memersembahkan gelar Eredivisie pada 2012/2013.

3. Christian Poulsen merebut banyak trofi di Belanda

4 Eks Pemain Liverpool yang Akhirnya Merapat ke Ajax AmsterdamChristian Poulsen (twitter.com/AFCAjax)

Christian Poulsen bergabung dengan Liverpool dari Juventus pada Agustus 2010. Sayangnya, pemain asal Denmark tersebut gagal memenuhi ekspektasi fans The Reds. Di era kepelatihan Roy Hodgson maupun Kenny Dalglish, ia tidak mampu menembus tim inti Liverpool.

Hanya bertahan semusim di Inggris, Poulsen pindah ke Evian. Kebersamaannya dengan tim Prancis itu pun tidak lama karena memutuskan menerima pinangan Ajax Amsterdam pada Agustus 2012. Di klub asal Belanda tersebut, Poulsen dua kali menjuarai Eredivisie Belanda dan sekali merebut Johan Cruijf Shield.

4. Jordan Henderson sudah meraih segalanya bersama Liverpool

4 Eks Pemain Liverpool yang Akhirnya Merapat ke Ajax AmsterdamJordan Henderson (instagram.com/afcajax)

Jordan Henderson bisa dikatakan sebagai salah satu pemain yang setia membela Liverpool. Ia datang pertama kali ke Anfield pada Juni 2011 dan baru hengkang medio 2023. Selama kurun waktu itu, Henderson mengantarkan Liverpool menjuarai English Premier League, UEFA Champions League, FA Cup, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup.

Setelah 12 tahun, gelandang timnas Inggris ini menerima pinangan klub Arab Saudi, Al-Ettifaq. Namun, ia tidak bertahan lama di Timur Tengah. Pada Januari 2024, kontraknya diputus. Henderson sendiri akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Ajax Amsterdam dengan durasi kontrak selama 2,5 tahun.

Dari sederet eks pemain Liverpool yang akhirnya merapat ke Ajax Amsterdam, ada yang kembali meraih kesuksesan, ada pula yang tampil biasa-biasa saja. Kira-kira, bakal seperti apa perjalanan baru karier Jordan Henderson di Belanda?

Baca Juga: 3 Pemain Inggris yang Membela Ajax 2023/2024, Ada Henderson

Binar Photo Verified Writer Binar

Suka Radiohead

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya