Gabung MLS, 6 Eks Pemain Top Liga Eropa Ini Cetak Gol di Laga Debut

Pertandingan resmi, bukan uji coba

Sejak David Beckham dipinang LA Galaxy, semakin banyak pemain top Eropa yang menjajal kerasnya Major League Soccer atau MLS. Rata-rata memang sudah memasuki usia senja atau menjelang pensiun. Namun, tidak sedikit yang memilih berkarier di Amerika Serikat saat masih dalam usia emas.

Dari sekian mantan pemain bintang kompetisi Benua Biru, ada sejumlah nama yang melakukan debut mengesankan di MLS. Pasalnya, mereka mampu mencetak gol pada laga perdananya di kompetisi Negeri Paman Sam. Siapa saja pemain-pemain tersebut dan apakah klub yang mereka bela memenangkan pertandingan?

1. Lionel Messi

Gabung MLS, 6 Eks Pemain Top Liga Eropa Ini Cetak Gol di Laga DebutLionel Messi (instagram.com/intermiamicf)

Lionel Messi melakukan debut untuk Inter Miami pada 21 Juli 2023 dalam laga kontra Cruz Azul di League's Cup, turnamen yang melibatkan klub MLS dan Liga MX. Masuk sebagai pemain pengganti, Messi langsung memberikan dampak signifikan. Ia bahkan mencetak gol lewat sepakan bebas pada injury time sekaligus membungkus kemenangan tipis timnya.

Fans atau mereka yang tidak terlalu suka sepak bola pasti sudah mengenal Messi. La Pulga, demikian julukannya, sering dianggap sebagai yang terbaik, setidaknya dalam satu dekade ke belakang. Selain bergelimang gelar di level klub, ia juga memenangkan Copa America dan Piala Dunia untuk negaranya, Argentina.

2. Zlatan Ibrahimovic

Gabung MLS, 6 Eks Pemain Top Liga Eropa Ini Cetak Gol di Laga DebutZlatan Ibrahimovic (mlssoccer.com)

Laga kontra Los Angeles FC pada 31 Maret 2018 menjadi debut seorang Zlatan Ibrahimovic di pentas MLS. Tampil sebagai pemain pengganti, Ibrahimovic langsung membuat gol indah untuk timnya, LA Galaxy. Di masa injury time, ia kembali membuat angka sekaligus memberikan kemenangan tipis 4-3.

Mengawali karier bersama Malmo, nama Ibrahimovic mulai dikenal saat membela Ajax. Pamornya semakin naik ketika memperkuat klub raksasa, seperti Juventus, Inter Milan, AC Milan, PSG, dan Manchester United. Sepanjang kariernya di Eropa, striker asal Swedia ini memenangkan liga di Belanda, Italia, Spanyol, dan Prancis.

3. Bastian Schweinsteiger

Gabung MLS, 6 Eks Pemain Top Liga Eropa Ini Cetak Gol di Laga DebutBastian Schweinsteiger (twitter.com/MLS)

Bastian Schweinsteiger membuat laga debutnya di MLS ketika membela Chicago Fire melawan Montreal Impact pada April 2017 lalu. Saat itu, mantan pemain Timnas Jerman tersebut langsung mencetak angka dan terpilih sebagai man of the match. Namun, kedua tim harus berbagi angka 2-2.

Nama Schweinsteiger sangat terkenal di Jerman, terutama pada awal dekade 2000-an. Saat itu, ia menjadi tokoh sentral di lini tengah Bayern Munich dan delapan kali menjuarai Bundesliga. Setelah bersama Die Roten, Schweinsteiger pindah ke Manchester United dan sempat memenangkan FA Cup 2015/2016.

Baca Juga: Karier Menurun, 5 Pemain Ini Hijrah ke MLS pada Usia Emas

4. Steven Gerrard

Gabung MLS, 6 Eks Pemain Top Liga Eropa Ini Cetak Gol di Laga DebutSteven Gerrard (rsl.com)

Steven Gerrard melakoni debut di MLS bersama LA Galaxy dalam partai kontra San Jose Earthquakes pada Juli 2015 lalu. Saat itu, mantan pemain LIverpool tersebut langsung mencetak sebiji gol. Ditambah hat-trick Robbie Keane dan lesakan Sebastien Lietget, LA Galaxy menyudahi pertandingan dengan skor telak 5-2.

Nama Gerrard selama ini identik dengan Liverpool. Pasalnya, mantan gelandang Timnas Inggris tersebut memang menghabiskan sebagian besar kariernya bersama The Reds. Selama bermain di Anfield, ia telah memenangkan FA Cup, League Cup, Community Shield, UEFA Cup, UEFA Super Cup, dan UEFA Champions League.

5. Kaka

Gabung MLS, 6 Eks Pemain Top Liga Eropa Ini Cetak Gol di Laga DebutKaka (twitter.com/KAKA)

Kaka melakukan debut mengesankan untuk Orlando City SC. Dalam laga lanjutan MLS melawan New York City FC pada Maret 2015, mantan gelandang Timnas Brazil ini langsung bikin gol. Gol tersebut terasa penting karena selama ini dirinya belum pernah membuat angka pada laga perdana di tim-tim sebelumnya.

Nama Kaka mencuat saat bergabung dengan AC Milan. Bersama klub berjuluk I Rossoneri tersebut, ia memenangkan UEFA Champions League, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup sepanjang 2007. Atas prestasinya itu, mantan pemain Sao Paulo ini dinobatkan menjadi pemenang Ballon d'Or edisi 2007.

6. Robbie Keane

Gabung MLS, 6 Eks Pemain Top Liga Eropa Ini Cetak Gol di Laga DebutRobbie Keane (twitter.com/mls)

Robbie Keane bergabung dengan LA Galaxy pada 2011 sebagai designated players. Debutnya di MLS terjadi dalam partai melawan San Jose Earthquakes pada Agustus 2011. Saat itu, mantan striker Timnas Irlandia ini langsung membuat sebiji gol dalam kemenangan 2-0 klubnya di Home Depot Center.

Merupakan jebolan akademi Wolverhampton Wanderers, nama Keane mulai dikenal ketika membela Coventry City. Ia sempat pindah ke Inter Milan dan Leeds sebelum akhirnya populer sebagai penyerang Tottenham Hotspur. Bersama klub berjuluk The Lilywhites tersebut, ia pernah memenangkan League Cup musim 2007/2008.

Selain nama-nama di atas, ada beberapa mantan pemain klub Eropa yang juga mencetak gol di laga debutnya bareng tim MLS. Brian McBride, mantan striker Wolfsburg, membuat dua gol dalam partai perdananya di MLS bareng Columbus Crew. Sementara itu, eks pemain Sochaux, Charlie Davies, menciptakan dwigol saat debut bersama DC United pada 2011 lalu.

Baca Juga: Ronaldo Sindir MLS Usai Messi Gabung: Arab Saudi Lebih Keren

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya