Bertahan Lebih dari 10 Tahun, 4 Klub Ini Harus Terdegradasi dari EPL

Nasib yang menyesakkan pemain dan fans

English Premier League alias EPL sering dikatakan sebagai salah satu kompetisi terbaik di dunia dengan persaingan yang sangat ketat. Klub-klub tidak hanya berlomba untuk mendapatkan tempat setinggi-tingginya. Banyak dari mereka yang berjuang agar dapat tetap bertahan di kasta teratas Liga Inggris.

Memang ada sejumlah klub yang sukses mempertahankan eksistensi mereka, sebut saja Manchester United, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal. Sayangnya, ada sejumlah klub yang akhirnya harus rela turun kasta setelah bertahan sekian lama. Nah, ini sederet klub yang terdegradasi setelah bermain di kompetisi EPL lebih dari sepuluh musim.

1. Southampton

Bertahan Lebih dari 10 Tahun, 4 Klub Ini Harus Terdegradasi dari EPLSouthampton (instagram.com/southamptonfc)

Musim 2022/2023 menjadi salah satu musim terburuk bagi Southampton. Pasalnya, klub berjuluk The Saints tersebut harus turun ke Divisi Championship setelah takluk 0-2 dari Fulham pada laga pekan ke-36. Itu mengakhiri perjalalan sebelas tahun beruntun Southampton di kompetisi teratas Liga Inggris.

Itu bukan pertama kalinya Southampton mengakhiri "hubungan" belasan tahun dengan Premier League. Pada musim 2004/2005 silam, mereka juga terdegradasi, bahkan harus ditentukan pada hari terakhir. Sebelumnya, Southampton sudah menjadi peserta Premier League musim pertama atau 1992/1993.

2. Aston Villa

Bertahan Lebih dari 10 Tahun, 4 Klub Ini Harus Terdegradasi dari EPLAston Villa harus terdegradasi pada musim 2015/2016. (twitter.com/premierleague)

Aston Villa sempat bergabung dengan nama-nama seperti Manchester United dan Liverpool sebagai klub yang belum pernah terdegradasi. Namun, catatan manis itu pupus pada musim 2015/2016. Saat itu, The Villans harus terdegradasi setelah berkompetisi sejak era Premier League diperkenalkan pada 1992.

Kepastian turunnya Aston Villa ketika itu diperoleh saat mereka kalah 0-1 dari Manchester United lewat gol Marcus Rashford. Joleon Lescott dan kolega cuma memperoleh tiga kemenangan dalam 34 pertandingan yang telah dimainkan. Masih menyisakan empat laga, mereka terbenam di dasar klasemen dengan hanya 16 poin dan minus 42 gol.

Baca Juga: Kejutan Newcastle dan Brighton di Premier League Musim Ini

3. Newcastle United

Bertahan Lebih dari 10 Tahun, 4 Klub Ini Harus Terdegradasi dari EPLNicky Butt ketika membela Newcastle United. (nufc.co.uk)

Newcastle United sempat menjadi salah satu tim papan atas Premier League era 1990-an. Pertama kali mengikuti kompetisi pada 1993/1994, mereka langsung nangkring di peringkat ketiga. Bahkan, pada musim 1995/1996 dan 1996/1997, The Magpies ikut bersaing di jalur juara walau akhirnya harus puas menjadi runner-up.

Sayangnya, perjalanan Newcastle United di liga teratas tidak cukup konsisten. Puncaknya, The Toon Army harus turun kasta pada musim 2008/2009 sekaligus mengakhiri perjalanan selama 16 tahun di Premier League. Kala itu, Nicky Butt dkk. berada di posisi ke-18 dengan 34 poin, cuma berselisih satu angka dari Hull City di atasnya.

4. Leeds United

Bertahan Lebih dari 10 Tahun, 4 Klub Ini Harus Terdegradasi dari EPLMark Viduka saat bermain untuk Leeds United. (twitter.com/lufc)

Menjadi salah satu klub paling menjanjikan selama dekade 1990-an, nasib Leeds United berubah drastis pada awal 2000-an. Pada musim 2003/2004, The Whites harus turun kasta ke Divisi Championship. Hasil tersebut sekaligus mengakhiri 12 tahun sepak terjang mereka di kompetisi Premier League.

Dilansir dari Bleacher Report, salah satu penyebab mereka turun kasta adalah pengeluaran yang berlebihan sehingga utang melonjak. Sejumlah bintang pun terpaksa dijual, termasuk Harry Kewell dan Olivier Dacourt. Walau masih diperkuat Mark Viduka dan Alan Smith, mereka harus puas berada di posisi 19 klasemen akhir.

Selain empat klub tersebut, ada West Ham United yang juga harus terdegradasi ke divisi di bawahnya setelah bermain di EPL selama sepuluh tahun. Itu terjadi pada musim 2002/2003 ketika The Hammers berada di peringkat ke-18. Padahal, sat itu mereka diperkuat nama-nama, seperti Michael Carrick, Jermaine Defoe, Lee Bowyer, Glen Johnson, serta Joe Cole. Tidak heran akhinya banyak dari pemain ini yang memilih pergi ke klub lain.

Baca Juga: 7 Pemain yang Mesti Hengkang dari Leeds United pada Musim Panas 2023

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya