5 Pemain Brasil yang Juara Liga Champions dan Copa Libertadores

Sukses di Eropa dan di kampung halaman

UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions Eropa adalah kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa. Sementara itu, Copa Libertadores merupakan kompetisi yang mempertemukan klub-klub terbaik di kawasan Amerika Selatan. Tidak heran jika kemudian banyak pemain yang mengidamkan dapat meraih dua trofi tersebut.

Sayangnya, hanya sedikit yang akhirnya sukses mengawinkan gelar juara UCL dan Copa Libertadores. Dari sekian pemain, beberapa di antaranya merupakan pesepak bola asal Brasil. Mereka terlebih dahulu menjuarai UCL, disusul menjuarai Copa Libertadores bersama klub asal negaranya.

Penasaran siapa saja pemain Brasil yang juara Liga Champions dan Copa Libertadores?

1. Ronaldinho sempat menjadi pemain terbaik Barcelona dan apik di Atletico Mineiro

5 Pemain Brasil yang Juara Liga Champions dan Copa LibertadoresRonaldinho (twitter.com/ChampionsLeague)

Ronaldinho bergabung dengan Barcelona pada awal musim 2003/2004. Sejak saat itu, gelandang serang asal Brasil ini menjadi sosok penting bagi La Blaugrana. Puncaknya terjadi pada 2005/2006 saat sukses membawa klub asal Catalan menjuarai LaLiga Spanyol dan UEFA Champions League.

Sempat berkelana ke AC Milan dan Flamengo, Ronaldinho pindah ke Atletico Mineiro pada Juni 2012. Pada musim perdana, ia membawa klub itu menjadi runner-up Brasileirao 2012 dan lolos ke turnamen Copa Libertadores 2013. Pada musim selanjutnya, Ronaldinho membantu klub asal Belo Horizonte itu memenangi Copa Libertadores pertama mereka.

2. Rafinha meraih banyak gelar di Bayern Munich dan Flamengo

5 Pemain Brasil yang Juara Liga Champions dan Copa LibertadoresRafinha (twitter.com/R13_official)

Marcio Rafael Ferreira de Souza atau akrab disapa Rafinha adalah salah satu pemain Brasil yang sukses bersama Bayern Munich. Bergabung pada Juni 2011, ia meraih banyak gelar juara domestik dan Eropa. Capaian terbaiknya tentu saja terjadi pada 2012/2013 ketika membantu Die Roten memenangi treble winners, termasuk UEFA Champions League.

Setelah membela Bayern Munich selama 8 musim, Rafinha pindah ke Flamengo pada Juni 2019. Pada musimnya yang singkat bareng Scarlet-Black, ia ternyata mengecap banyak gelar, termasuk Campeonato Brasileiro Serie A dan Copa Libertadores 2019. Cuma semusim, Rafinha balik ke Eropa dan bergabung dengan Olympiacos.

Baca Juga: Roony Bardghji, Pencetak Gol Termuda FC Copenhagen di Liga Champions

3. Ramires juara UCL bersama Chelsea dan bawa Palmeiras juara Copa Libertadores sebelum pensiun

5 Pemain Brasil yang Juara Liga Champions dan Copa LibertadoresRamires (chelseafc.com)

Ramires pindah ke Chelsea pada Agustus 2010 dan meraih banyak trofi di klub London tersebut. Ia membantu The Blues memenangi Liga Champions 2011/2012 meski saat itu tidak diunggulkan. Musim berikutnya, giliran gelar UEFA Europa League yang diboyong, disusul kampiun Premier League 2014/2015.

Sempat berlabuh di Jiangsu Suning, gelandang bertahan asal Brasil ini pindah ke Palmeiras pada Juni 2019. Ia langsung mengantarkan klub yang berbasis di Sao Paulo itu memenangi Copa do Brasil, Campeonato Paulista, dan Copa Libertadores 2020. Sayangnya, itu menjadi musim terakhirnya karena memutuskan gantung sepatu.

4. David Luiz juara UCL bersama Chelsea dan tampil dua kali di final Copa Libertadores bareng Flamengo

5 Pemain Brasil yang Juara Liga Champions dan Copa LibertadoresDavid Luiz (twitter.com/ChampionsLeague)

Periode pertama David Luiz bersama Chelsea terbilang sukses. Ia mampu membawa The Blues menjuarai FA Cup dan UEFA Champions League 2011/2012. Sementara itu, pada periode kedua, bek asal Brasil ini mengantarkan London Biru memenangi trofi Premier League 2016/2017 dan UEFA Europa League 2018/2019.

Sempat menyeberang ke Arsenal, Luiz pulang ke negaranya untuk membela Flamengo. Resmi bergabung pada September 2021, ia menjadi bagian klub saat kalah di final Copa Libertadores 2021. Musim berikutnya, Luiz akhirnya mengantarkan Flamengo memenangi kompetisi tersebut setelah mengalahkan Athletico Paranaense di laga puncak.

5. Marcelo bawa klub masa mudanya menjadi kampiun Copa Libertadores setelah sukses di Eropa

5 Pemain Brasil yang Juara Liga Champions dan Copa LibertadoresMarcelo (twitter.com/ChampionsLeague)

Marcelo sering disebut-sebut sebagai penerus sepadan Roberto Carlos di Real Madrid. Sama-sama berposisi sebagai bek kiri, pemain asal Brasil itu juga meraih kesuksesan yang mirip-mirip seniornya. Ia membawa Los Blancos merebut banyak gelar, termasuk lima kali juara UEFA Champions League.

Setelah bergelimang trofi di Spanyol, Marcelo sempat pindah ke Olympiacos sebelum pulang ke klub masa mudanya, Fluminense. Resmi bergabung pada Februari 2023, pemain kelahiran Rio de Janeiro ini turut mengantarkan Tricolor menjuarai Copa Libertadores 2023. Itu sekaligus menjadi trofi Copa Libertadores pertama dalam sejarah klub.

Selain lima pemain tersebut, sebenarnya masih ada pesepak bola Brasil yang juga mampu meraih Copa Libertadores dan Liga Champions. Namun, mereka menjurai Copa Libertadores terlebih dahulu sebelum sukses di Eropa. Nama-nama yang populer adalah Cafu, Dida, dan Neymar Jr.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris dengan Gol Terbanyak di Liga Champions

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya