5 Pemain Cadangan yang Cetak Minimal 3 Gol dalam Satu Laga Serie A

Lautaro Martinez tak ada lawan

Menciptakan tiga gol atau lebih dalam satu pertandingan di kompetisi seketat Serie A bukan perkara yang gampang. Pasalnya, Italia telah tersohor sebagai negara dengan sepak bola yang mengandalkan kekuatan sektor pertahanan. Kemenangan dengan skor 1-0 menjadi lebih penting daripada bikin banyak gol tetapi ujung-ujungnya kalah.

Meski demikian, sudah banyak pemain yang bisa membuat hattrick dalam laga Serie A. Beberapa di antaranya bahkan lebih hebat lantaran membuat catatan tersebut sebagai pemain pengganti. Siapa saja pemain yang sukses menorehkan trigol atau lebih di pentas Serie A ketika turun dari bangku cadangan?

1. Lautaro Martinez

5 Pemain Cadangan yang Cetak Minimal 3 Gol dalam Satu Laga Serie ALautaro Martinez (instagram.com/lautaromartinez)

Lautaro Martinez mencuri perhatian pada giornata ke-7 Serie A musim 2023/2024. Penyerang asal Argentina tersebut menjadi aktor utama Inter Milan saat membantai Salernitana dengan skor 4-0. Ia memborong semua gol kemenangan I Nerazzurri alias quattrick. Hebatnya, Martinez melakukannya sebagai pemain pengganti.

Turun dari bangku cadangan pada menit ke-55, ia mampu membuat 4 gol dalam kurun waktu sekitar 35 menit. Ia membobol gawan lawan masing-masing pada menit ke-62, ke-77, ke-85, dan ke-89. Berdasarkan data IFFHS, Martinez menjadi pemain pertama di Serie A yang mampu menorehkan quattrick sebagai pemain substitusi.

2. Andreas Cornelius

5 Pemain Cadangan yang Cetak Minimal 3 Gol dalam Satu Laga Serie AAndreas Cornelius (twitter.com/parmacalcio_en)

Nama Andreas Cornelius mungkin kurang begitu populer. Namun, penyerang asal Denmark tersebut pernah menorehkan tinta emas di pentas Serie A. Saat masih membela Parma, ia sempat mencetak hattrick sebagai pemain pengganti dalam pertandingan melawan Genoa pada musim 2019/2020. Saat itu, I Crociati menang dengan skor telak 5-1.

Cornelius masuk lapangan pada menit ke-11 untuk menggantikan Roberto Inglese yang cedera. Ia lantas membuat trigol hanya dalam waktu 8 menit, yakni pada menit ke-42, ke-45+1, dan ke-50. Hebatnya lagi, Cornelius kembali bikin hattrick menghadapi lawan yang sama pada akhir musim dalam kemenangan 4-1.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Atalanta pada 2023/2024

3. Josip Ilicic

5 Pemain Cadangan yang Cetak Minimal 3 Gol dalam Satu Laga Serie AJosip Ilicic (twitter.com/ChampionsLeague)

Josip Ilicic pernah menjadi bagian penting saat membela Atalanta dalam kurun waktu 2017--2018. Dalam usianya yang sudah tidak lagi muda, pemain berpaspor Slovenia itu membuat sejumlah gol krusial untuk tim berjuluk La Dea. Salah satunya saat menciptakan trigol kala berjumpa Sassuolo pada laga Serie A musim 2017/2018 lalu.

Saat itu,  Ilicic tampil dari bangku cadangan pada menit ke-63 menggantikan Musa Barrow. Ia lantas mencetak hattrick dalam 20 menit terakhir pertandingan. Gol pertama tercipta pada menit ke-74, disusul gol lainnya pada menit ke-86, dan ditutup lesakan pada menit ke-92. Atalanta pun melumat tuan rumah dengan skor 6-2.

4. Kevin-Prince Boateng

5 Pemain Cadangan yang Cetak Minimal 3 Gol dalam Satu Laga Serie AKevin-Prince Boateng (uefa.com)

AC Milan tampil luar biasa kala bersua Lecce pada partai Serie A musim 2011/2012 silam. Bertamu ke kandang lawan, I Rossoneri sempat tertinggal 0-3 pada babak pertama. Namun, selepas turun minum, mereka mampu bangkit dan berbalik memenangkan pertandingan dengan skor ketat 4-3.

Kevin-Prince Boateng menjadi bintang kemenangan skuad Massimiliano Allegri. Turun dari bangku cadangan menggantikan Robinho, pemain berpaspor Ghana tersebut sukses membuat hattrick untuk menyetarakan angka 3-3. AC Milan akhirnya membalikkan kedudukan berkat lesakan Mario Yepes tujuh menit menjelang waktu normal usai.

5. Pietro Anastasi

5 Pemain Cadangan yang Cetak Minimal 3 Gol dalam Satu Laga Serie APietro Anastasi (juventus.com)

Pietro Anastasi tampil superior saat Juventus melumat Lazio 4-0 dalam pertandingan Serie A pada musim 1974/1975 silam. Turun dari bangku cadangan untuk menggantikan Roberto Bettega pada menit ke-70, ia mampu melesakkan hattrick hanya dalam kurun waktu lima menit. Gol-golnya hadir pada menit ke-83, ke-87, dan ke-88.

Saat itu, Juventus berhasil mengunci gelar scudetto berkat keunggulan tipis dua poin dari Napoli yang duduk sebagai runner-up. Itu sekaligus menjadi trofi Serie A ketiga bagi Anastasi selama berseragam La Vecchia Signora. Di musim yang sama, penyerang kelahiran Catania ini keluar sebagai top skor ajang Coppa Italia.

Lautaro Martinez memang sukses menjadi pemain pertama di Serie A yang bikin empat gol sebagai pemain pengganti. Namun, di antara lima besar liga di Eropa, ia masih kalah dari Robert Lewandowski. Ia sukses menciptakan 5 gol saat bermain untuk Bayern Munich melawan Wolfsburg pada September 2015 lalu sebagai pemain pengganti.

Baca Juga: Neymar Jadi Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Brasil

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya