5 Pemain dengan Kontribusi Gol dan Assist Terbanyak di EPL 2022/2023

Erling Haaland masih juaranya

Sudah ada banyak striker jempolan yang mampu membuat banyak gol di English Premier League (EPL). Ada juga puluhan gelandang atau bahkan bek yang piawai mengirimkan umpan berujung gol atau assist. Lalu, bagaimana dengan pemain yang jago melakukan keduanya?

Nah, pada EPL musim 2022/2023 kemarin, sederet pemain diketahui tidak cuma andal mencetak angka, tetapi juga terampil memberikan assist untuk rekan setimnya. Kontribusi mereka ada yang sukses mengatrol tim, tetapi ada pula yang dapat dikatakan gagal. Lalu, siapa saja mereka dan berapa sumbangsihnya?

1. Erling Haaland 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol dan Assist Terbanyak di EPL 2022/2023Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland mencatatkan 36 gol untuk Manchester City dalam musim debutnya di Premier League. Striker asal Norwegia itu juga menyumbangkan 8 assist. Jika diakumulasikan, ia berkontribusi terhadap 44 gol yang dihasilkan The Sky Blues, menyamai catatan Thierry Henry pada musim 2002/2003 silam.

Atas pencapaian tersebut, mantan penyerang Borussia Dortmund itu panen trofi. Selain membawa City menjuarai liga, ia juga dinobatkan sebagai top skor. Haaland pun berhak atas anugerah Premier League Player of the Year, Premier League Hublot Young Player of the Season, dan FWA Footballer of the Year.

2. Harry Kane 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol dan Assist Terbanyak di EPL 2022/2023Harry Kane (twitter.com/HKane)

Meski Tottenham Hotspur tampil mengecewakan, Harry Kane tetap menjadi salah satu predator tajam di Premier League. Ia sukses menceploskan 30 gol pada musim ini. Selain itu, penyerang timnas Inggris tersebut juga menyumbangkan 3 assist dan membuatnya berkontribusi dalam 33 gol yang dihasilkan The Lilywhites.

Pada musim 2022/2023 ini, Spurs memang tampil kurang greget. Kisruh internal yang membuat pelatih Antonio Conte dipecat di tengah jalan menjadi salah satu faktor yang mengganjal perjalanan tim London Utara tersebut. Alhasil, Kane dkk. harus puas duduk di peringkat delapan klasemen akhir.

Baca Juga: Harry Kane Masuk Daftar Transfer Manchester United

3. Mohamed Salah 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol dan Assist Terbanyak di EPL 2022/2023Mohamed Salah (twitter.com/ChampionsLeague)

Mohamed Salah tetap menjadi pemain kunci Liverpool saat mengarungi musim 2022/2023. Penyerang asal Mesir itu menciptakan 19 gol dan 12 assist, berkontribusi pada 31 gol yang dibuat The Reds. Sayangnya, performanya masih gagal mengatrol Liverpool, bahkan terlempar dari empat besar.

Seperti Tottenham Hotspur, Liverpool juga tampil angin-anginan pada musim ini. Disebut-sebut sebagai salah satu calon juara, The Reds justru sempat terpuruk di papan tengah. Di klasemen akhir, rival sekota Everton tersebut nangkring di posisi kelima dan gagal lolos ke UEFA Champions League.

4. Bukayo Saka 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol dan Assist Terbanyak di EPL 2022/2023Bukayo Saka (twitter.com/BukayoSaka87)

Bukayo Saka merupakan salah satu talenta muda paling bersinar pada musim 2022/2023. Ia tampil sangat menonjol untuk Arsenal dengan membuat 14 gol dan 11 assist. Alhasil, pemain Timnas Inggris tersebut berkontribusi pada 25 gol yang diciptakan The Gunners di kompetisi domestik.

Sayangnya Saka gagal membawa Arsenal menggapai titel yang terakhir kali diraih pada musim 2003/2004. Sempat memimpin klasemen selama 248 hari, tim asal Kota London itu terpeleset di pekan-pekan krusial. Alhasil, trofi Premier League harus melayang ke Kota Manchester.

5. Ivan Toney 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol dan Assist Terbanyak di EPL 2022/2023Ivan Toney (twitter.com/ivantoney24)

Brentford adalah salah satu tim semenjana yang tampil mengejutkan pada musim 2022/2023. Klub berjuluk The Bees tersebut sukses berada di peringkat kesembilan klasemen akhir. Pada musim sebelumnya, yang menjadi debut di Premier League, mereka menempati peringkat ke-13.

Penampilan apik Brentford tak lepas dari aksi striker mereka, Ivan Toney. Penyerang yang baru bergabung pada tahun 2020 itu sukses menceploskan 20 gol. Selain itu, ia juga mencatatkan 4 assist yang membuatnya berkontribusi pada 24 gol yang dihasilkan tim yang berbasis di London Barat.

Di bawah nama-nama di atas, ada Calum Wilson dan Kevin de Bruyne yang sama-sama berkontribusi pada 23 gol untuk tim masing-masing. Wilson membuat 18 gol dan 5 assist untuk Newcastle United. Sementara itu, De Bruyne menghasilkan 7 gol dan 16 assist untuk Manchester City.

Baca Juga: 6 Klub Premier League yang Jadi Korban Keganasan Ivan Toney

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya