5 Pemain Jebolan RB Salzburg yang Menjuarai Premier League

Ada talenta asal Jepang

Mungkin banyak yang belum familier dengan Red Bull Salzburg alias RB Salzburg. Ini adalah tim asal Austria yang cukup disegani di kompetisi domestik. Mereka sudah belasan kali menjuarai liga lokal dan beberapa kali tampil di kompetisi antarklub Eropa.

Tidak cuma superior di negara sendiri, RB Salzburg ternyata sering mengorbitkan pemain-pemain muda berbakat. Banyak pemain sepak bola mereka yang akhirnya direkrut tim-tim top Eropa, termasuk tim-tim Inggris. Bahkan, beberapa di antaranya sukses merengkuh titel English Premier League (EPL).

Inilah pemain jebolan RB Salzburg yang menjuarai Premier League.

1. Erling Haaland

5 Pemain Jebolan RB Salzburg yang Menjuarai Premier LeagueErling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Erling Haaland menjadi nama yang paling diperbincangkan sepanjang musim 2022/2023 lalu. Baru bergabung dengan Manchester City, striker asal Norwegia tersebut langsung tampil impresif di kompetisi domestik dan Eropa. Hasilnya, ia mengantarkan The Sky Blues menjuarai Premier League, Piala FA, dan Liga Champions Eropa.

Talenta Haaland sudah tampak saat bergabung dengan RB Salzburg pada 2019. Ia lantas diperebutkan banyak klub dan akhirnya memilih berlabuh di Borussia Dortmund pada Desember 2019. Setelah 2,5 tahun bersama tim Bundesliga Jerman tersebut, Haaland memutuskan menerima pinangan The Cityzens pada Mei 2022.

2. Takumi Minamino

5 Pemain Jebolan RB Salzburg yang Menjuarai Premier LeagueTakumi Minamino (instagram.com/takumi18minamino_official)

RB Salzburg adalah klub pertama Takumi Minamino ketika menginjakkan kaki di Eropa. Mantan pemain Cerezo Osaka tersebut tiba di Austria pada Januari 2015. Setelah enam kali memenangi Liga Austria, gelandang serang Timnas Jepang ini setuju pindah ke Liverpool pada Januari 2020.

Menjadi pemain Negeri Sakura pertama bersama The Reds, Minamino langsung mencicipi titel Premier League 2019/2020. Sayangnya, ia lebih sering menjadi cadangan karena kalah bersaing dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane. Sempat dipinjamkan ke Southampton, Minamino resmi dilepas ke AS Monaco pada Juni 2022.

Baca Juga: 5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!

3. Naby Keita

5 Pemain Jebolan RB Salzburg yang Menjuarai Premier LeagueNaby Keita (instagram.com/keitanabydeco)

Naby Keita bergabung dengan RB Salzburg pada medio 2014. Setelah membawa Die Roten Bullen dua kali menjuarai liga domestik, pemain Timnas Guinea ini hijrah ke RB Leipzig pada Juni 2016. Tampil cukup oke di Jerman, Liverpool membelinya pada Agustus 2017, tetapi baru bergabung pada awal musim 2018/2019.

Mengenakan jersey bernomor 8 peninggalan Steven Gerrard, Keita ternyata kurang menonjol di lini tengah The Reds lantaran sering dibekap cedera. Meski begitu, ia mencicipi banyak trofi selama bermain di Anfield. Tercatat, Keita pernah merasakan titel Premier League, Piala FA, EFL Cup, Liga Champions, dan UEFA Super Cup.

4. Sadio Mane

5 Pemain Jebolan RB Salzburg yang Menjuarai Premier LeagueSadio Mane (twitter.com/LFC)

Sebelum berkibar bareng Liverpool, Sadio Mane ternyata pernah berseragam RB Salzburg. Pemain Timnas Senegal ini bergabung dengan tim Austria tersebut pada 2012 dari Metz. Cuma 2 musim di Die Roten Bullen dan sempat menjuarai Austrian Bundesliga, ia hijrah ke Inggris untuk membela Southampton.

Tampil apik bareng The Saints, Mane diboyong Liverpool pada pertengahan 2016. Membuat trio menakutkan bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino, ia membawa The Reds menjuarai kasta tertinggi Liga Inggris pertama mereka setelah 30 tahun. Usai mengabdi di Anfield selama 6 musim, Mane melanjutkan karier bersama Bayern Munich.

5. Alex Manninger

5 Pemain Jebolan RB Salzburg yang Menjuarai Premier LeagueAlex Manninger (twitter.com/LFC)

Fans Liga Inggris era 1990-an pasti familier dengan Alex Manninger. Ia adalah mantan kiper Arsenal. Walau statusnya di The Gunners cuma pelapis David Seaman, kiper asal Austria ini turut andil dalam keberhasilan Meriam London merebut trofi Premier League dan Piala FA Cup 1997/1998.

Tidak banyak yang tahu, sebelum sukses bersama Arsenal, Manninger mengawali kariernya bersama RB Salzburg. Dahulu masih bernama SV Salzburg, ia bergabung dengan klub ini pada usia belia. Setelah sempat berkelana ke Inggris, Spanyol, dan Italia, Manninger pulang ke tim masa kecilnya pada Juli 2005.

Pada awal musim 2023/2024, salah satu jebolan RB Salzburg, Dominik Szoboszlai, resmi memperkuat Liverpool. Apakah ia mampu meneruskan jejak Naby Keita atau Sadio Mane yang menjuarai Premier League bareng The Reds? Sebaliknya, apakah dirinya berakhir seperti Brenden Aaronson dan Patson Daka yang gagal mengangkat tim mereka pada 2022/2023 lalu?

Baca Juga: RB Salzburg Diam-diam Jadi Penyedia Pemain Terbesar di Timnas Austria

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya