5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak di Serie A 2022/2023

Ada duo mematikan Napoli

Walau dikenal sebagai liga yang mementingkan taktik, bahkan tenar dengan pertahanan gerendelnya, Serie A sempat diserbu pemain-pemain dengan naluri gol hebat. Ronaldo Nazario dan Hernan Crespo adalah penyerang subur yang pernah bermain di Italia. Jangan lupakan juga gelandang serang top seperti Kaka dan Rui Costa.

Nah, pada musim 2022/2023 yang baru saja selesai, Serie A juga disesaki pemain dengan naluri menyerang tinggi. Tidak cuma jago mencetak gol, mereka pun piawai menciptakan assist untuk rekan setimnya. Lalu, siapa saja pemain dengan kontribusi gol terbanyak di Serie A musim ini?

1. Victor Osimhen 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak di Serie A 2022/2023Victor Osimhen (twitter.com/europaleague)

Victor Osimhen dinobatkan sebagai top skor Serie A 2022/2023. Sepanjang musim ini, penyerang Napoli tersebut mengemas 26 gol, mengungguli Lautaro Martinez di peringkat kedua. Ia sekaligus menjadi penyerang Afrika pertama yang menjadi penyerang tersubur di kompetisi teratas Italia.

Tidak cuma jago menyarangkan gol, striker asal Nigeria tersebut juga mampu menciptakan peluang bagi rekan setimnya untuk mencetak angka. Osimhen tercatat membuat 4 assist sepanjang musim ini. Alhasil, dia berkontribusi dalam 30 gol yang dihasilkan oleh Napoli dan sukses mengantarkan klubnya juara.

2. Lautaro Martínez 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak di Serie A 2022/2023Lautaro Martínez (twitter.com/ChampionsLeague)

Lautaro Martinez masih menjadi penyerang yang dominan untuk Inter Milan sepanjang musim ini. Striker asal Argentina tersebut mencatatkan 21 gol dan 6 assist. Ia total berkontribusi untuk 27 gol untuk La Beneamata yang nangkring di peringkat ketiga klasemen akhir.

Didatangkan dari Racing Club pada Juli 2018, Martinez langsung menjadi bagian integral di lini serang I Nerazzurri. Juara Piala Dunia 2022 itu mengantarkan rival sekota AC Milan merengkuh scudetto musim 2020/2021. Trofi lainnya yang sudah berhasil diperoleh adalah Supercoppa Italiana dan Coppa Italia.

Baca Juga: Waspada Manchester City, Lautaro Martinez Bisa Beri Teror

3. Rafael Leao 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak di Serie A 2022/2023Rafael Leao (instagram.com/iamrafaeleao93)

Penampilan Rafael Leao bersama AC Milan terus menunjukkan peningkatan. Jika musim lalu ia menyarangkan 11 gol, pada musim 2022/2023 ini penyerang asal Portugal tersebut sukses membuat 15 gol. Itu membuatnya menjadi top skor I Rossoneri di kompetisi domestik.

Tidak cuma piawai menjebol gawang lawan, Leao juga jago mengirimkan umpan matang untuk rekan seklubnya. Sepanjang musim ini, ia tercatat menciptakan 8 assist. Jika diakumulasikan, mantan penyerang Lille tersebut berkontribusi pada 23 gol yang disarangkan AC Milan di kompetisi Serie A.

4. Boulaye Dia 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak di Serie A 2022/2023Boulaye Dia (instagram.com/boulaye_dia)

Boulaye Dia bisa dikatakan sebagai pemain Salernitana yang paling menonjol dalam mengarungi Serie A 2022/2023. Striker berpaspor Senegal ini sukses menceploskan 16 gol dan membuat 6 assist. Itu membuatnya berkontribusi untuk 22 gol yang dicetak I Granata sepanjang musim ini.

Mengawali karies di Jura Sud, Dia pindah ke Reims sebelum akhirnya menerima pinangan Villareal pada Juli 2021. Cuma semusim, striker kelahiran Prancis tersebut dipinjamkan ke Salernitana. Keputusannya pergi ke Serie A terbilang tepat karena ia akhirnya mampu menunjukkan kualitasnya di lini serang.

5. Khvicha Kvaratskhelia 

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak di Serie A 2022/2023Khvicha Kvaratskhelia (instagram.com/kvara7)

Selain Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskhelia juga berkontribusi besar dalam kesuksesan Napoli merebut juara Serie A 2022/2023. Winger asal Georgia tersebut mengirimkan 12 assist. Selain itu, ia juga menciptakan 10 gol yang membuatnya berkontribusi dalam 22 gol yang dihasilkan I Partenopei.

Musim ini sebenarnya merupakan debut Kvaratskhelia di pentas Serie A. Namun, ia ternyata langsung menyatu dengan permainan tim asuhan Luciano Spalletti. Tidak hanya membawa klubnya menjadi kampiun, Kvaratskhelia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Serie A musim 2022/2023.

Selain nama-nama di atas, ada beberapa pemain yang juga punya penampilan cukup oke sepanjang musim ini. Domenico Berarti, misalnya, menyarangkan 12 gol dan 7 assist untuk Sassuolo, sedangkan Ademola Lookman membuat 13 gol dan 6 assist untuk Atalanta. Sementara itu, Paulo Dybala mencetak 12 gol dan 6 assist untuk AS Roma.

Baca Juga: Profil Khvicha Kvaratskhelia, Wonderkid Napoli Asal Georgia

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya