8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023

Apakah mereka akan sukses di Timur Tengah?

Sejak Cristiano Ronaldo pindah ke Al Nassr pada akhir 2022, Terjadi eksodus pemain klub Eropa ke Arab Saudi. Banyak pemain tim Benua Biru yang mengikuti jejak CR7. Iming-iming bayaran besar menjadi salah satu alasan kenapa mereka mau hijrah ke negara asal Timur Tengah tersebut.

Di bursa transfer musim panas 2023, pemain asal Premier League mendominasi transfer ke Arab Saudi. Namun, beberapa pesepak bola asal LaLiga juga ada yang memutuskan untuk mencari tantangan baru di Saudi Pro League. Ini deretan pemain LaLiga yang akhirnya hengkang ke Arab Saudi pada medio 2023.

1. Gabri Veiga lebih memilih ke Arab Saudi daripada klub top Eropa

8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023Gabri Veiga (instagram.com/gabriveiga)

Gabri Veiga merupakan salah satu pemain muda Spanyol yang cukup menjanjikan. Tampil impresif selama dua tahun bersama Celta Vigo, ia diminati banyak klub top, termasuk Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Napoli. Namun, gelandang kelahiran 2002 itu justru memilih pindah ke Al-Ahli pada bursa transfer musim panas 2023.

2. Franck Kessie cuma semusim di LaLiga dan akhirnya harus hengkang

8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023Franck Kessie (instagram.com/franckkessie)

Franck Kessie sebenarnya baru bergabung secara gratis dengan Barcelona pada Juli 2022. Di musim perdana, mantan pemain AC Milan itu langsung mengantarkan Barca memenangkan LaLiga. Namun, pada musim panas 2023, manajemen klub Catalan melepasnya ke Al-Ahli dengan mahar 12,5 juta euro atau kira-kira Rp200 miliar.

3. Alex Collado dipinjamkan ke klub promosi Saudi Pro League

8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023Alex Collado (instagram.com/alexcollado_)

Alex Collado adalah jebolan La Masia yang dikontrak sebagai pemain profesional Barcelona pada 2019. Sayangnya, ia memang jarang tampil untuk Barca dan lebih sering dipinjamkan. Pada Juli 2023, pemain berpaspor Spanyol ini pindah ke Real Betis. Namun, klub berjuluk Los Verdiblancos tersebut langsung meminjamkannya ke Al-Okhdood yang baru promosi ke kasta teratas.

4. Juanmi juga hengkang dengan status pinjaman

8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023Juanmi (instagram.com/juanmi9395)

Bukan cuma Alex Collado yang dipinjamkan Real Betis ke klub Arab Saudi. Juanmi juga dipinjamkan Los Verdiblancos, tetapi ke Al-Riyadh SC yang baru saja promosi ke Saudi Pro League. Penyerang bernama lengkap Juanmi Miguel Jimenez Lopez tersebut akan bermain di Timur Tengah selama satu musim ke depan.

Baca Juga: Benzema Kecewa Tak Lagi Jadi Kapten Al Ittihad, Ini Kata Nuno Espirito

5. Luiz Felipe bergabung dengan nama-nama top

8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023Luiz Felipe (instagram.com/luizfeliperamos27)

Jika Alex Collado dan Juanmi dilepas Real Betis dengan status pinjaman, tidak demikian dengan Luiz Felipe Ramos. Bek berpaspor Italia tersebut dijual ke Al-Ittihad dengan mahar yang dikabarkan menyentuh angka Rp382 miliar. Di klub barunya, ia bakal bermain dengan nama-nama populer, seperti N'Golo Kante, Fabinho, dan Karim Benzema.

6. Karim Benzema mengakhiri petualangan panjang bersama Real Madrid

8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023Karim Benzema (twitter.com/ChampionsLeague)

Karim Benzema bisa dikatakan sebagai salah satu pemain legenda Real Madrid. Ia memperkuat klub tersebut sejak 2009 dan memberikan banyak trofi, termasuk lima kali juara UEFA Champions League. Setelah menghabiskan 14 tahun di Santiago Bernabeu, penyerang asal Prancis ini memutuskan pindah ke Al-Ittihad sebagai agen bebas.

7. Yannick Carrasco sempat merasakan titel LaLiga

8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023Yannick Carrasco (instagram.com/yannickferreiracarrasco)

Yannick Carrasco membela Atletico Madrid dalam dua periode yang berbeda dan sama-sama sukses. Di periode pertama, ia memberikan trofi UEFA Europa League 2017/2018. Sementara itu, pada periode kedua, winger asal Belgia ini menjuarai LaLiga 2020/2021. Namun, pada September 2023, Carrasco memutuskan menerima pinangan Al-Shabab.

8. Yassine Bounou adalah nominator Ballon d'Or 2023 yang hengkang ke Arab Saudi

8 Pemain LaLiga yang Pindah ke Arab Saudi pada Bursa Transfer 2023Yassine Bounou (instagram.com/bounouyassine_bono)

Yassine Bounou tampil apik ketika dipinjam Sevilla pada musim 2019/2020. Ia membawa Palanganas menjuarai UEFA Europa League. Klub asal Andalusia akhirnya mengontraknya secara permanen dan dibalas dengan trofi UEFA Europa League 2022/2023. Namun, pada Agustus 2023, nominator Ballon d'Or 2023 ini hengkang ke Al-Hilal.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa alasan utama sebagian besar pemain klub Eropa memutuskan pindah ke Arab Saudi adalah soal gaji. Kedatangan mereka juga otomatis mengangkat pamor Saudi Pro League di mata dunia. Namun, apakah kualitas kompetisi negara Timur Tengah ini meningkat atau malah hanya menjadi euforia sesaat seperti Chinese Super League beberapa tahun lalu?

Baca Juga: 5 Tim dengan Nilai Pasar Tertinggi di Liga Arab Saudi, Jagoan Kamu?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya