5 Pemain Manchester United yang Pindah ke Klub Turki

Mayoritas pernah menjadi pemain kunci Setan Merah

Manchester United merupakan salah satu tim raksasa di Eropa, bahkan dunia. Banyak pemain yang sudah pernah merasakan memakai seragam The Red Devils, tidak terkecuali sejumlah pesepak bola top. Sayangnya, tidak sedikit yang gagal bertahan lama dan harus tersingkir dari Old Trafford.

Biasanya, mereka yang hengkang dari MU memilih bergabung ke klub sesama Inggris atau negara, seperti Spanyol, Prancis, dan Italia. Namun, beberapa juga ada yang memilih melanjutkan karier di Turki. Ini sederet pemain yang memutuskan hijrah ke negara yang dijuluki The Sick Man tersebut.

1. Fred

5 Pemain Manchester United yang Pindah ke Klub TurkiFred (twitter.com/Fred08oficial)

Dalam situs resminya, Manchester United mengonfirmasi bahwa Fred pindah ke Fenerbahce pada pada Agustus 2023 setelah lima musim berseragam merah. Gelandang asal Brazil ini tidak masuk rencana Erik ten Hag musim depan. Pasalnya, lini tengah MU sudah disesaki nama-nama top, termasuk rekrutan baru, Mason Mount.

Fred didatangkan The Red Devils pada Juni 2018 lalu dari klub Ukraina, Shakhtar Donetsk. Ia memainkan total 213 pertandingan untuk MU di semua ajang dan mencetak 14 gol. Selama bermain di Old Trafford, Fred hanya mendapatkan satu trofi, yakni EFL Cup musim 2022/2023 kemarin.

2. Juan Mata

5 Pemain Manchester United yang Pindah ke Klub TurkiJuan Mata (twitter.com/juanmata8)

Juan Mata cukup lama berseragam Manchester United. Ia bergabung dari Chelsea pada Januari 2014 hingga akhir musim 2021/2022. Selama kurun waktu tersebut, pemain asal Spanyol ini memainkan 285 laga untuk MU di semua ajang dan sukses merebut trofi FA Cup, EFL Cup, FA Community Shield, dan UEFA Europa League.

Setelah delapan tahun bermain di Old Trafford, Mata memutuskan cabut dan bergabung dengan Galatasaray pada September 2022. Bersama klub Turki ini, ia akhirnya merasakan titel liga. Sebelumnya, ia gagal meraihnya saat membela Valencia, Chelsea, dan MU. Sayangnya, Mata cuma bertahan satu musim bersama Galatasaray.

Baca Juga: Tuchel: Saya Lihat Bergkamp, Van Persie, dan Berbatov di Kai Havertz

3. Robin van Persie

5 Pemain Manchester United yang Pindah ke Klub TurkiRobin van Persie (twitter.com/Persie_Official)

Keputusan Manchester United memboyong Robin van Persie dari Arsenal pada Agustus 2012 membawa berkah. Pasalnya, striker asal Belanda itu langsung membawa The Red Devils menjuarai Premier League 2012/2013 sekaligus titel ke-20 sepanjang sejarah klub. Ia pun dinobatkan sebagai top skor kompetisi pada musim tersebut.

Sayangnya, penampilan penyerang kelahiran Rotterdam ini cenderung turun. Cuma bertahan tiga musim di Old Trafford, ia dilego ke Fenerbahce. Bersama raksasa asal Turki tersebut, Van Persie mengoleksi 25 gol dalam 57 pertandingan di liga domestik sebelum akhirnya pulang ke klub masa mudanya, Feyenoord, pada Januari 2018.

4. Nani

5 Pemain Manchester United yang Pindah ke Klub TurkiNani (twitter.com/Fenerbahce)

Nani diboyong Manchester United pada musim panas 2007 dari Sporting CP. Selama berseragam Setan Merah, winger asal Portugal ini mengoleksi banyak gelar. Ia tercatat empat kali menjuarai Premier League. Tidak cuma itu, Nani juga menjadi bagian MU saat memenangkan UEFA Champions League musim 2007/2008.

Sayangnya, walau punya kecepatan dan olah bola yang oke, penampilan Nani memang naik-turun. Puncaknya pada musim 2013/2014 ketika ia dilanda cedera parah dan jarang bermain. Sempat dipinjamkan ke Sporting CP, Nani akhirnya dilego ke Fenerbahce pada Juli 2015, hampir bersamaan dengan Robin van Persie.

5. Bebe

5 Pemain Manchester United yang Pindah ke Klub TurkiBebe (twitter.com/ManUtd)

Bebe sering dikatakan sebagai salah satu rekrutan gagal Manchester United. Bahkan, tidak sedikit yang bilang ia adalah penandatanganan yang aneh. Pemain asal Portugal ini didatangkan dari Vitoria de Guimaraes pada Agustus 2012 dan praktis tidak meninggalkan kesan bagi fans selama empat tahun menjadi milik Setan Merah.

Bebe cuma bertanding untuk MU pada musim pertama kedatangannya. Itu pun ia hanya bertanding dalam dua laga Premier League. Di musim selanjutnya, Bebe dipinjamkan ke klub Turki, Besiktas, dan cuma memainkan empat pertandingan. Sempat juga dipinjamkan ke Rio Ave dan Pacos de Ferreira, ia akhirnya dilepas ke Benfica pada Juli 2014.

Selain Fred, Eric Bailly kabarnya juga segera dilepas Manchester United ke klub Turki pada bursa transfer musim panas 2023. Bedanya, jika Fred hengkang ke Fenerbahce, Bailly akan bermain untuk Besiktas. Sepanjang musim lalu, bek asal Pantai Gading ini dipinjamkan ke Marseille.

Baca Juga: 7 Pemain Manchester United asal Denmark, Hojlund Jadi Rekrutan Baru!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya