4 Pemain Muda Manchester United yang Cetak Gol di Final Piala FA

Garnacho dan Mainoo masuk daftar

Manchester United alias MU sukses meraih gelar juara Piala FA 2023/2024 setelah mengalahkan Manchester City dengan skor tipis 2-1 di final, Sabtu (25/5/2024) malam WIB. Uniknya, dua gol kemenangan MU dicetak pemain muda mereka.

Sebenarnya, bukan kali ini pemain muda mampu membuat gol untuk Setan Merah di final Piala FA. Sebelumnya, ada pemain sepak bola yang mencatatkan torehan serupa sekaligus memberikan gelar juara untuk publik Old Trafford.

Siapa saja mereka? Inilah pemain muda Manchester United yang cetak gol di final Piala FA.

1. Norman Whiteside membuat gol di final Piala FA saat masih berusia 18 tahun

4 Pemain Muda Manchester United yang Cetak Gol di Final Piala FANorman Whiteside sempat membela MU di dekade 1980-an dan dua kali meraih Piala FA. (manutd.com)

Mungkin banyak yang belum familier dengan Norman Whiteside. Ia adalah pemain Irlandia Utara yang menimba ilmu di akademi sepak bola Manchester United. Ia akhirnya dipanggil membela tim senior Setan Merah pada dekade 1980-an.

Selama berseragam MU, Whiteside sempat dua kali menjuarai Piala FA, yakni pada 1982/1983 dan 1984/1985. Namun, gelar pertama lebih spesial karena ia juga membuat gol di laga ulangan final melawan Brighton & Hove Albion. Saat itu, Whiteside baru berusia 18 tahun 18 hari.

2. Cristiano Ronaldo menyumbangkan gol di final Piala FA 2003/2004

4 Pemain Muda Manchester United yang Cetak Gol di Final Piala FACristiano Ronaldo turut menyumbangkan gol kemenangan MU atas Millwall di final Piala FA 2023/2024. (twitter.com/ChampionsLeague)

Trofi pertama Cristiano Ronaldo bersama Manchester United bukanlah English Premier League, melainkan Piala FA. Pemain asal Portugal tersebut meraih titel ini pada musim perdananya bergabung dengan Setan Merah. Lebih tepatnya pada 2003/2004.

Ketika itu, MU mampu mengalahkan Millwall 3-0 di laga final yang berlangsung di Millennium Stadium. Ronaldo adalah pencetak gol perdana Setan Merah. Saat membuat gol ini, ia masih berusia 19 tahun 3 bulan. Dua gol lainnya disumbangkan Ruud van Nistelrooy.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Usai Manchester United Juara Piala FA

3. Alejandro Garnacho menyumbang salah satu gol di final Piala FA 2023/2024

4 Pemain Muda Manchester United yang Cetak Gol di Final Piala FAAlejandro Garnacho merupakan salah satu pemain muda MU yang paling bersinar pada musim 2023/2024. (twitter.com/agarnacho7)

Alejandro Garnacho menyumbangkan salah satu gol kemenangan Manchester United atas Manchester City di partai final Piala FA 2023/2024. Pertandingan itu sendiri berlangsung di Stadion Wembley. Ketika membuat gol tersebut, usia pemain asal Argentina ini baru menginjak 19 tahun 392 hari.

Musim 2023/2024 bisa dikatakan sebagai musim terburuk bagi Setan Merah. Meski demikian, Garnacho merupakan pemain yang cukup menonjol. Ia memainkan 50 pertandingan di semua kompetisi sepanjang musim ini dan menyumbangkan 10 gol.

4. Kobbie Mainoo turut memberikan gol bagi Manchester United di final Piala FA 2023/2024

4 Pemain Muda Manchester United yang Cetak Gol di Final Piala FAKobbie Mainoo mampu mencuri atensi fans MU meski masih berusia muda. (twitter.com/kobiemainoo)

Selain Alejandro Garnacho, Kobbie Mainoo juga menyumbangkan gol kemenangan Manchester United atas Manchester City di final Piala FA 2023/2024. Ia menjebloskan gol yang mengecoh kiper Manchester City, Stefan Ortega, pada menit ke-39. Ia baru berusia 19 tahun 36 hari saat itu.

Mainoo adalah produk akademi MU dan mentas ke tim senior pada 2022/2023. Jarang tampil pada musim perdana, pemain kelahiran Stockport ini mendapatkan lebih banyak menit bermain pada musim keduanya. Ia pun telah melakukan debut untuk Timnas inggris ketika melawan Brasil karena penampilan apik bersama Setan Merah.

Di kebanyakan kompetisi Eropa, parameter pemain dikatakan remaja atau masih muda adalah mereka yang berusia di bawah 21 tahun. Meski demikian, ada juga yang mengatakan pemain muda adalah mereka yang berumur di bawah 23 tahun. Keempat pemain Manchester United di atas masuk kategori itu saat mencetak gol di final Piala FA.

Baca Juga: Nasib Ten Hag di Manchester United Ditentukan Pekan Depan

Binar Photo Verified Writer Binar

Suka Radiohead

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya