5 Pemain Senegal Tersubur di Pentas Premier League

Mantan bintang Liverpool masih memimpin daftar

English Premier League atau EPL menjadi surga bagi para pemain asing, termasuk yang berasal dari Senegal. Banyak pemain negara di Afrika itu yang berkiprah di kasta teratas Liga Inggris. Beberapa nama sangat populer, sebut saja Sadio Mane, El Hadji Diouf, hingga generasi baru, seperti Idrissa Gueye dan Nicolas Jackson.

Dari sekian banyak pemain Senegal yang merumput di EPL, beberapa sukses menceploskan banyak gol ke gawang lawan. Lantas, siapa saja pemain Senegal tersubur di kompetisi EPL? Berapa gol yang berhasil dihasilkan dan untuk klub mana saja?

1. Sadio Mane total sudah membuat 111 gol

5 Pemain Senegal Tersubur di Pentas Premier LeagueSadio Mane (twitter.com/LFC)

Sadio Mane adalah pemain Senegal tersubur di pentas EPL. Penyerang sayap kelahiran 1992 tersebut total menorehkan 111 gol sepanjang berkarier di kasta teratas Liga Inggris. Sebanyak 90 gol dihasilkan bersama Liverpool, sedangkan sisanya ketika merumput bareng Southampton.

Prestasi individu yang dicapai Mane berbanding lurus dengan capaian bersama klub, terutama saat membela Liverpool. Bersama The Reds, Mane merasakan titel EPL, FA Cup, dan EFL Cup. Sementara itu, di level internasional, ia merebut trofi UEFA Champions League, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup.

2. Demba Ba mengekor Sadio Mane dengan 43 gol

5 Pemain Senegal Tersubur di Pentas Premier LeagueDemba Ba (instagram.com/dembabaofficial)

Tepat di bawah Sadio Mane, ada Demba Ba yang mencetak total 43 gol selama berkiprah di EPL. Ia melakukannya untuk tiga klub berbeda, yakni West Ham United, Newcastle United, dan Chelsea. Sayangnya, tidak ada gelar bergengsi yang pernah disabet striker yang sebenarnya lahir di Prancis ini.

Fase tersubur Demba Ba terjadi saat dirinya berseragam Newcastle United. Bersama tim berjuluk The Magpies, penyerang dengan 22 caps internasional ini menyarangkan 29 gol selama 1,5 tahun pengabdian. Sementara itu, 14 gol sisanya dibagi rata di West Ham United dan Chelsea.

Baca Juga: Pensiun, 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Demba Ba dalam Kariernya

3. Papiss Cisse mencetak 37 gol hanya untuk satu klub

5 Pemain Senegal Tersubur di Pentas Premier LeaguePapiss Cisse (twitter.com/NUFC)

Setelah Demba Ba, Papiss Cisse menjadi pemain Senegal tersubur berikutnya di pentas EPL. Penyerang kelahiran Dakar ini total menceploskan 37 gol selama berkiprah di kasta tertinggi Liga Inggris. Semua gol tersebut dihasilkan Cisse ketima merumput untuk Newcastle United.

Cisse bergabung dengan Newcastle United pada Januari 2012 setelah tampil apik bareng SC Freiburg. Saat itu, ia masih sempat berduet dengan rekan senegaranya, Demba Ba. Meski bergabung di pertengahan musim, Cisse mampu mencetak 13 gol dalam 14 pertandingan EPL untuk The Magpies.

4. Henri Camara sukses menyarangkan 31 gol

5 Pemain Senegal Tersubur di Pentas Premier LeagueHenri Camara (kiri) (premierleague.com)

Pemain Senegal tersubur berikutnya di pentas EPL adalah Henri Camara. Selama berkiprah di level teratas Liga Inggris, penyerang kelahiran 1977 tersebut berhasil membuat 31 gol. Dari jumlah tersebut, 20 gol di antaranya dibuat Camara ketika masih membela Wigan Athletic.

Camara tiba di Inggris pada Agustus 2003 saat dipinang Wolverhampton Wanderers dari Sedan. Di musim perdana, ia cuma mampu membuat 7 gol. Sempat dipinjamkan ke Glasgow Celtic, Camara lantas menemukan ketajamannya ketika bergabung dengan Wigan Athletic pada Agustus 2005.

5. El Hadji Diouf berhasil membukukan 28 gol

5 Pemain Senegal Tersubur di Pentas Premier LeagueEl Hadji Diouf (twitter.com/OfficialBWFC)

El Hadji Diouf berada di peringkat kelima sebagai pemain Senegal tersubur di pentas EPL. Striker kelahiran 1983 tersebut total membuat 28 gol dalam 242 pertandingan. Namun, periode terbaiknya bukan ketika masih membela Liverpool, melainkan saat berseragam Bolton Wanderers.

Liverpool memang menjadi klub pertama Diouf di pentas EPL. Namun, ia gagal berkembang, cuma membuat 3 gol selama berseragam The Reds. Ketajamannya justru muncul saat bergabung dengan Bolton Wanderers. Diouf total mencetak 21 gol untuk The Trotters.

Sadio Mane masih menjadi pemain Senegal paling subur di EPL. Bahkan, torehan golnya jauh meninggalkan banyak rekan senegaranya. Seiring sudah tidak berkiprah lagi di EPL, mampukah catatan Mane bisa disalip penerusnya seperti Nicolas Jackson?

Baca Juga: 6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023

Binar Photo Verified Writer Binar

Suka Radiohead

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya