7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier League

Alexander Isak bisa menyusul

Alexander Isak menjadi bahan pembicaraan setelah direkrut Newcastle United pada awal musim 2022/2023. Pasalnya, klub berjuluk The Magpies itu rela memecahkan rekor transfer klub untuk mendatangkan penyerang Swedia yang usianya baru menginjak 22 tahun.

Sebelum Isak, sebenarnya sudah ada banyak pemain asal Swedia yang berkiprah bersama klub English Premier League (EPL). Sayangnya, hanya sedikit yang meraih trofi selama berkarier di Liga Inggris.

Lalu, siapa pemain Swedia yang meraih gelar di klub Premier League? Gelar apa yang mereka raih?

1. Anders Limpar

7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier LeagueAnders Limpar (twitter.com/arsenal)

Fans Premier League era 1990-an mungkin tidak asing lagi dengan Anders Limpar. Gelandang asal Swedia yang sempat bermain di Piala Dunia 1994 itu adalah mantan penggawa Arsenal dan Everton.

Di dua tim tersebut, ia sukses meraih beberapa gelar bergengsi. Bersama The Gunners, Limpar memenangi First Divison (sekarang Premier League) 1990/1991 serta FA Cup dan League Cup 1992/1993.

Selepas Arsenal, Limpar hijrah ke Everton. Ia berhasil meraih trofi FA Cup 1994/1995 dan FA Charity Shield 1995.

2. Jesper Blomqvist

7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier LeagueJesper Blomqvist (manutd.com)

Mungkin sudah banyak yang lupa akan kiprah Jesper Blomqvist di Manchester United. Pemain sayap awal Swedia itu sempat membela The Red Devils pada 1998—2001. Namun, namanya memang kurang bersinar lantaran tertutup sinar Ryan Giggs.

Meski demikian, ia menjadi bagian dari Setan Merah yang meraih treble winners pada 1998/1999. Bahkan, pada partai final UEFA Champions League kontra Bayern Munich, Blomqvist turun sebagai pemain utama sebelum digantikan Teddy Sheringham.

3. Freddie Ljungberg

7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier LeagueFreddie Ljungberg (twitter.com/premierleague)

Freddie Ljungberg bisa dikatakan sebagai pemain Swedia tersukses yang berkiprah di klub Premier League. Bergabung dengan Arsenal pada 1998, ia 2 kali memenangi Liga Inggris, 3 kali merebut gelar FA Cup, dan 1 kali mendapatkan trofi FA Charity Shield.

Setelah 9 tahun membela The Gunners, Ljungberg menyeberang ke klub London lainnya, West Ham United. Awalnya dikontrak 4 tahun, ia setuju mengakhiri kontrak dengan The Hammers pada medio 2008, tidak lama setelah memutuskan pensiun dari timnas Swedia.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Swedia yang Membela Klub Besar Eropa, Ada Wonderkid MU!

4. Sebastian Larsson

7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier LeagueSebastian Larsson (twitter.com/Carabao_Cup)

Sebastian Larsson merupakan produk akademi Arsenal. Ia mentas ke tim senior pada 2004.

Larsson melakukan debut pada Oktober 2004 kontra Manchester City. Sayangnya, setelah itu, karier gelandang Swedia ini meredup. Ia akhirnya dilepas ke Birmingham City.

Awalnya berstatus pinjaman, Birmingham City mempermanenkan Larsson pada Januari 2007. Dibandingkan bersama The Gunners, karier Larsson di Birmingham City memang lebih cemerlang. Ia pernah membawa timnya menjuarai League Cup 2010/2011.

5. Henrik Larsson

7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier LeagueHenrik Larsson (twitter.com/manutd)

Henrik Larsson sempat membela Manchester United meski sebentar. Ia dipinjam dari Helsingborg pada Januari 2007 hingga Maret 2007. Walau hanya 3 bulan, penyerang asal Swedia ini memberi pengaruh yang cukup positif untuk lini serang The Red Devils kala itu.

Dua bulan setelah Larsson meninggalkan Inggris dan kembali ke Helsingborg, ternyata MU sukses menjuarai Premier League. Meski tidak memenuhi syarat minimal pertandingan, ia dan Alan Smith diberi dispensasi khusus dan mendapatkan medali pemenang Liga Inggris.

6. Kim Kallstrom

7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier LeagueKim Kallstrom (twitter.com/arsenal)

Seperti Henrik Larsson, kiprah Kim Kallstrom di klub Premier League juga berlangsung singkat. Ia didatangkan Arsenal pada Januari 2014 dengan status pinjaman dari Spartak Moscow.

Kallstrom baru melakukan debut 3 bulan kemudian karena dihantam cedera. Ia memang tidak membuat banyak penampilan selama berseragam The Gunners. Tercatat, Kallstrom hanya tampil dalam empat partai di semua kompetisi untuk Meriam London. Meski demikian, ia masih berhak meraih medali saat Arsenal juara FA Cup 2013/2014.

7. Zlatan Ibrahimovic

7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier LeagueZlatan Ibrahimovic (twitter.com/manutd)

Zlatan Ibrahimovic bergabung dengan Manchester United pada Juli 2016 dengan status bebas transfer. Meski usianya sudah tidak lagi muda, top skor sepanjang masa Timnas Swedia dengan 62 gol ini mampu memberikan dampak positif untuk MU kala itu.

Menjadi tumpuan utama di lini serang The Red Devils, pemain berjuluk Ibracadabra ini sukses membawa klubnya meraih FA Community Shield dan EFL Cup. Selain itu, ia menjadi bagian tim yang berhasil memenangi gelar UEFA Europa League 2016/2017.

Dengan statusnya sebagai salah satu liga terbaik dunia, bergabung dengan klub Premier League memang menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi disertai dengan trofi bergengsi. Pemain Swedia yang meraih gelar di klub Premier League di atas telah membuktikannya.

Baca Juga: 5 Striker Swedia yang Main di EPL Sebelum Alexander Isak

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya