5 Pemain Swiss yang Pernah Membela Inter Milan, Yann Sommer Terbaru

Ada kiper, bek, gelandang, hingga penyerang

Nama Switzerland atau Swiss di kancah persepakbolaan Eropa mungkin belum terlalu top jika dibandingkan negara seperti Jerman, Inggris, Italia, Prancis, atau Spanyol. Meski demikian, negara yang terkenal akan produk cokelatnya itu melahirkan banyak talenta oke. Sudah ada sejumlah pesepak bola Swiss yang berkarier di banyak tim Eropa.

Nah, salah satu klub yang pernah memakai jasa pemain asal Swiss adalah Inter Milan. Tim berjuluk I Nerazzurri beberapa kali mendatangkan bakat dari Swiss. Lalu, siapa saja pemain Swiss yang pernah berseragam Inter Milan?

1. Yann Sommer

5 Pemain Swiss yang Pernah Membela Inter Milan, Yann Sommer TerbaruYann Sommer (inter.it)

Inter Milan resmi mendaratkan Yann Sommer pada awal Agustus 2023. Kiper asal Swiss tersebut ditebus dari Bayern Munich dan dikontrak selama 3 tahun. Ia diproyeksikan menjadi penjaga gawang utama setelah kepergian Andre Onana ke Manchester United dan Samir Handanovic yang dilepas sebagai agen bebas.

Sommer merupakan lulusan akademi FC Basel. Walau empat kali meraih Liga Swiss, namanya baru menggema saat bergabung dengan Borussia Moenchengladbach pada 2014. Ia lantas dikontrak Bayern Munich pada Desember 2022 dan menjadi bagian anggota Die Roten yang memenangi Bundesliga Jerman 2022/2023.

2. Darian Males

5 Pemain Swiss yang Pernah Membela Inter Milan, Yann Sommer TerbaruDarian Males (inter.it)

Mungkin tidak banyak yang familire dengan pemain ini. Darian Males adalah penyerang berpaspor Swiss yang didatangkan Inter Milan dari FC Luzern pada September 2020 lalu. Kala itu, jebolan akademi Luzern ini menandatangani kontrak dengan La Beneamata selama 5 tahun.

Sayangnya, karier Males di Inter Milan memang tidak berjalan mulus. Ia lebih sering dipinjamkan, termasuk ke Genoa dan FC Basel, dan praktis tidak pernah merumput bersama Inter Milan. Pada Juli 2023, manajemen I Nerazzurri sepakat melepasnya secara permanen ke BSC Young Boys dan dikontrak hingga 2027.

Baca Juga: Kata-kata Pertama Yan Sommer Usai Diperkenalkan Inter Milan

3. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Swiss yang Pernah Membela Inter Milan, Yann Sommer TerbaruXherdan Shaqiri (twitter.com/EURO2024)

Memulai karier bersama FC Basel, nama Xherdan Shaqiri dikenal saat bergabung dengan Bayern Munich. Membela Die Roten mulai Februari 2012 hingga Januari 2015, gelandang asal Swiss ini tiga kali merasakan titel juara Bundesliga. Ia juga menjadi bagian tim saat memenangi UEFA Champions League 2012/2013.

Setelah 3 musim di Jerman, ia pindah ke Inter Milan pada Januari 2015. Semula dikontrak hingga Juni 2019, ternyata Shaqiri cuma bertahan setengah tahun di Milan karena memutuskan pindah ke Stoke City. Membela The Potters selama 3 musim, ia dipinang Liverpool dan akhirnya merasakan trofi Premier League.

4. Ciriaco Sforza

5 Pemain Swiss yang Pernah Membela Inter Milan, Yann Sommer TerbaruCiriaco Sforza (twitter.com/UEFAcom_de)

Fans bola era 1990-an mungkin familier dengan Ciriaco Sforza. Ia adalah salah satu gelandang terbaik Swiss yang cukup lama membela negaranya. Sforza berseragam timnas sejak 1991 hingga 2001, sempat turun dalam Piala Dunia 1994 saat Swiss tampil mengejutkan dan lolos ke babak 16 besar.

Di level klub, Sforza pernah membela dua klub top Eropa, salah satunya Inter Milan. Ia berseragam I Nerazzurri pada 1996/1997, memainkan 26 pertandingan di Serie A. Saat itu, Sforza mengantarkan Inter Milan mencicipi final UEFA Cup. Sayangnya, mereka kalah dari Schalke 04 lewat adu penalti.

5. Roger Vonlanthen

5 Pemain Swiss yang Pernah Membela Inter Milan, Yann Sommer TerbaruRoger Vonlanthen (football.ch)

Mungkin fans bola kekinian kurang familier dengan nama ini. Roger Vonlanthen adalah salah satu pemain terbaik Swiss era 1950-an hingga 1960-an. Berposisi sebagai penyerang, ia turut membawa negaranya menembus babak delapan besar Piala Dunia 1954, tetapi harus kalah 5-7 dari Austria.

Di level klub, Vonlanthen termasuk pemain langka pada eranya. Saat banyak pemain lokal enggan bermain di luar negeri, ia bergabung dengan Inter Milan pada 1955. Membela I Nerazzurri hingga 1957, Vonlanthen mencetak 12 gol dalam 42 pertandingan di liga domestik. Setelah pensiun, dia beralih menjadi pelatih.

Selain nama-nama di atas, masih ada dua nama pemain Swiss yang pernah merumput bersama Inter Milan. Menurut data, Transfermark, ada Heinrich Bachmann yang membela Inter Milan pada 1918. Ada pula Oscar Engler, seorang bek yang berseragam Inter Milan pada 1909 silam.

Baca Juga: 10 Potret Lazar Samardzic, Gelandang Muda Baru Inter Milan asal Serbia

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya