6 Pemain yang Mencetak Minimal 30 Gol di UEFA Europa League

Termasuk saat masih bernama UEFA Cup

UEFA Europa League selama ini memang sering dipandang sebagai kompetisi kelas dua di Eropa. Pamornya masih kalah dibandingkan dengan UEFA Champions League, liganya para juara. Meski demikian, bukan hal mudah untuk membuat gol di kompetisi ini, apalagi menjuarainya.

Melansir dari situs resmi UEFA, saat ini hanya ada segelintir pemain yang sukses membuat minimal 30 gol di kompetisi tersebut, termasuk ketika masih memakai nama UEFA Cup. Beberapa sudah gantung sepatu, sedangkan lainnya masih aktif memburu gol dan gelar.

Lantas, siapa saja para pemain itu dan berapa gol yang telah ia hasilkan? Inilah pemain yang mencetak minimal 30 gol di UEFA Europa League.

1. Henrik Larsson total membuat 40 gol untuk 3 klub berbeda

6 Pemain yang Mencetak Minimal 30 Gol di UEFA Europa LeagueHenrik Larsson (twitter.com/CelticFC)

Henrik Larsson adalah top skor sepanjang masa UEFA Europa League, termasuk saat kompetisi ini masih bernama UEFA Cup. Striker asal Swedia tersebut telah membuat total 40 gol. Ia melakukannya bersama tiga klub berbeda, yakni Feyenoord, Glasgow Celtic, dan Helsingborg.

2. Pierre-Emerick Aubameyang sudah bikin 34 gol dan masih bisa bertambah

6 Pemain yang Mencetak Minimal 30 Gol di UEFA Europa LeaguePierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/EuropaLeague)

Mengekor Henrik Larsson, Pierre-Emerick Aubameyang mencatatkan namanya dalam daftar ini juga. Mantan striker Arsenal dan Barcelona tersebut sejauh ini sudah membuat total 34 gol, dengan 31 gol di antaranya dicetak saat kompetisi bernama UEFA Europa League. Pundi-pundi golnya kemungkinan bisa terisi lagi karena Aubameyang masih aktif bermain.

3. Klaas-Jan Huntelaar juga mencetak 34 gol

6 Pemain yang Mencetak Minimal 30 Gol di UEFA Europa LeagueKlaas-Jan Huntelaar (twitter.com/ChampionsLeague)

Sama seperti Pierre-Emerick Aubameyang, Klaas-Jan Huntelaar juga sudah mencetak 34 gol di UEFA Europa League. Ia membuatnya kala membela Heerenveen, Ajax Amsterdam, dan Schalke 04. Namun, berbeda dengan Aubameyang, saat ini Huntelaar telah gantung sepatu dari lapangan hijau.

Baca Juga: Dybala Bidik Liga Europa Demi Obati Roma yang Terluka di Serie A

4. Alfredo Morelos sanggup menjebloskan 32 gol

6 Pemain yang Mencetak Minimal 30 Gol di UEFA Europa LeagueAlfredo Morelos (twitter.com/morelos2106)

Mungkin banyak yang asing dengan pemain ini. Alfredo Morelos adalah penyerang asal Kolombia yang pernah memprekuat HJK Helsinki dan Glasgow Rangers. Bersama dua tim tersebut, ia berhasil menjebloskan 32 gol di UEFA Europa League. Saat ini, Morelos bermain untuk Santos di Serie B Brasil.

5. Aritz Aduriz menciptakan 31 gol hanya untuk 1 tim

6 Pemain yang Mencetak Minimal 30 Gol di UEFA Europa LeagueAritz Aduriz (twitter.com/EuropaLeague)

Aritz Aduriz mencetak total 31 gol di kompetisi kasta kedua Eropa, dengan 26 gol di antaranya saat bernama UEFA Europa League. Bahkan, ia sempat menjadi top skor UEFA Europa League 2015/2016 dan 2017/2018. Hebatnya, Aduriz melakukannya hanya untuk satu klub, Athletic Bilbao.

6. Radamel Falcao membukukan 31 gol dan membawa klubnya juara

6 Pemain yang Mencetak Minimal 30 Gol di UEFA Europa LeagueRadamel Falcao (twitter.com/EuropaLeague)

Seperti Aritz Aduriz, Radamel Falcao juga membuat 31 gol di kompetisi ini bareng Porto dan Atletico Madrid. Istimewanya, ia juga membawa dua tim tersebut meraih gelar juara. Porto diantarkannya menjuarai UEFA Europa League 2010/2011, sedangkan Atletico Madrid dibawanya menjadi kampiun pada musim berikutnya.

Pemain aktif yang berpeluang besar menembus minimal 30 gol di UEFA Europa League antara lain Romelu Lukaku, Munas Dabbur, Alexandre Lacazette, dan Bruno Fernandes. Lukaku menjadi yang terdepan karena sudah mengoleksi 26 gol. Dabbur telah membuat 24 gol, sedangkan Lacazette menciptakan 22 gol. Fernandes, di sisi lain, mengoleksi 20 gol. Bisakah mereka melakukannya?

Baca Juga: 6 Pemain Afrika Cetak Gol pada Pekan Ke-26 Premier League 2023/2024

Binar Photo Verified Writer Binar

Suka Radiohead

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya