Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan Merah

Seperti apa prestasi mereka?

Selama ini, Setan Merah (ada pula yang menyebutnya Iblis Merah) identik dengan Manchester United. Konon, julukan tersebut dicetuskan Sir Matt Busby awal 1960-an, karena terdengar lebih angker dibandingkan sebutan awal MU, The Heathens atau Busby Babes.

Ternyata, sebutan The Red Devils tidak hanya dipakai Manchester United. Ada banyak klub yang juga memakai julukan tersebut, meski mungkin memakai bahasa lokal. Lalu, siapa saja tim yang mendapatkan julukan Setan Merah dan seberapa menyeramkan mereka?

1. AC Milan

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahAC Milan (twitter.com/acmilan)

AC Milan sebenarnya berjuluk Il Diavolo atau Si Setan. Namun, media menambahkan Rosso, merujuk warna merah pada jersei. Soal prestasi, AC Milan jelas tidak kalah dengan MU. Mereka sudah 18 kali juara Serie A dan tujuh kali menggenggam trofi UEFA Champions League.

2. FC Kaiserslautern

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahFC Kaiserslautern (dw.com)

Klub asal Jerman ini mendapatkan julukan Die Roten Teufel, yang berarti Setan Merah, yang juga sekaligus menjadi maskot tim. Kaiserslautern sempat membuat heboh Liga Jerman saat menjuarai Bundesliga musim 1997/1998 silam dengan status sebagai tim promosi.

3. Club Atletico Independiente

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahClub Atletico Independiente (twitter.com/Independiente)

Independiente, demikian nama singkatnya, mendapatkan julukan Diablos Rojos (Setan Merah) bukan cuma dari warna jersei, melainkan juga prestasinya yang mentereng. Selain Liga Argentina, kesebelasan ini juga pernah menjuarai Copa Libertadores dan Intercontinental Cup.

4. America de Cali

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahAmerica de Cali (antena2.com)

Sama seperti Independiente, klub asa Kolombia ini juga dijuluki Los Diablos Rojos, merujuk gambar setan di logo mereka. Sayangnya, meskipun panen gelar di liga domestik, America de Cali sejauh ini kurang beruntung di Copa Libertadores, kompetisi tertinggi antarklub di Amerika Selatan.

5. Deportivo Toluca

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahDeportivo Toluca (fmfstateofmind.com)

Deportivo Toluca, atau sering disebut Toluca saja, adalah salah satu klub tenar di pentas Liga Meksiko. Berjuluk Los Diablos Rojos dan Los Escarlatas, tim ini sudah 10 kali menjuarai Primer Division dan dua kali menjadi kampiun CONCACAF Champions Cup.

Baca Juga: Berjuluk Setan Merah, 9 Pemain Ini Sempat Membela MU dan AC Milan

6. Al Ahly Sporting Club

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahAl Ahly (twitter.com/alahlyenglish)

Berjuluk El Shayateen El Homr (Setan Merah), Al Ahly sering dikatakan sebagai klub paling elite di Benua Afrika. Lebih dari 100 trofi domestik dan 10 kali Liga Champions Afrika sudah diraih. Tak heran jika mereka kemudian juga dijuluki El Mared El Ahmar (The Red Giant).

7. Urawa Red Diamonds

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahUrawa Red Diamonds (twitter.com/fifacom)

Jepang juga punya klub berjuluk Setan Merah. Mereka adalah Urawa Red Diamonds yang dijuluki Akai Akuma atau Red Devils dalam bahasa lokal. Secara prestasi, mereka sudah pernah menjuarai J League, J League Cup, Japanese Super Cup, dan Liga Champions Asia.

8. Hapoel Tel Aviv

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahHapoel Tel Aviv (uefa.com)

Klub asal Israel ini berjuluk Red Demons dan punya logo yang mengandung unsur palu-arit. Menjadi "setan" yang menghantui tim borjuis, sejauh ini Hapoel Tel Aviv sudah 13 kali menjuarai Liga Israel, 5 kali Super Cup, dan pernah lolos ka fase grup Liga Champions Eropa.

9. Nkana FC

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahNkana FC (twitter.com/FcNkana)

Mungkin banyak yang asing dengan klub ini. Namun, di Zambia, Nkana FC adalah salah satu tim elite dan tertua. Berjuluk Red Devils dengan logo setan mirip kepunyaan MU, Nkana sejauh ini 13 kali menjuarai Zambian Premier League dan 6 kali meraih Zambian Cup.

10. Grazer AK

Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan MerahGrazer AK (ultras-tifo.net)

Grazer AK pernah menjadi klub tenar di Austria. Tim berjuluk Die Roten Teufel ini menjuarai Austrian Bundesliga musim 2003/2004, 4 kali trofi Piala Austria, dan 2 kali Piala Super Austria. Sayangnya, karena bangkrut, mereka saat ini harus bertanding di Divisi II.

Sebenarnya, tidak hanya klub yang mendapatkan julukan Setan Merah. Beberapa timnas negara juga dijuluki demikian. Ada Belgia dengan De Rode Duivels dan Kongo dengan nama Diables Rouges. Sementara, fan Timnas Korea Selatan menyebut dirinya Bulgeun Angma.

Baca Juga: 8 Pemain Top yang Pernah Membela Manchester United dan West Ham United

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya