5 Fakta Menarik Carlo Ancelotti, Sang Penakluk Benua Eropa

Fakta menarik Don Carletto selama menjadi manajer

Real Madrid resmi keluar sebagai jawara Liga Spanyol 2021/2022 setelah menang 4-0 atas Espanyol pada pertandingan pekan ke-34 di Stadion Santiago Bernabeu. Keempat gol Los Blancos dicetak oleh Rodrygo pada menit ke-33 dan 43, Marco Asensio pada menit ke-55 dan ditutup oleh Karim Benzema pada menit 81.

Usai kemenangan ini, Real Madrid resmi menjadi juara dengan poin 81 dari 34 laga. Unggul 17 angka dari Sevilla di posisi kedua. Carlo Ancelotti sebagai arsitek dari kesuksesan Real Madrid ternyata memiliki beberapa fakta impresif terlebih setelah meraih gelar La Liga 2021/2022 bersama Real Madrid. Berikut fakta menarik Ancelotti sebagai seorang manajer.

1. Satu-satunya penakluk lima Liga Top Eropa

5 Fakta Menarik Carlo Ancelotti, Sang Penakluk Benua EropaTrofi lima liga top Eropa yang sudah pernah dimenangkan Ancelotti (instagram.com/realmadrid)

Ancelotti saat ini menjadi satu-satunya manajer yang mampu menjuarai lima liga top benua Eropa. Sebuah catatan dengan tinta emas yang sulit disamai oleh manajer lain.

Sebelumnya, pelatih asal Italia ini pernah menjuarai Liga Italia pada musim 2003/2004 bersama AC Milan. Kemudian bersama Chelsea, Don Carletto (julukan Carlo Ancelotti) mampu menjuarai Liga Inggris musim 2009/2010.

Bersama Paris Saint-Germain, Ancelotti mengangkat trofi Liga Prancis musim 2012/2013. Ia juga sukses membawa Bayern Muenchen keluar sebagai juara Liga Jerman musim 2016/2017. Yang terbaru, Ancelotti sukses mengantarkan Real Madrid menjadi pemenang La Liga musim 2021/2022.

2. Pernah menjadi manajer Real Madrid sebelumnya

5 Fakta Menarik Carlo Ancelotti, Sang Penakluk Benua EropaCarlo Ancelotti bersama presiden Real Madrid, Florentino Perez (realmadrid.com)

Ancelotti ternyata pernah menukangi Real Madrid pada 2013-2015. Namun pada saat menjadi manajer waktu itu, Ancelotti gagal mempersembahkan trofi La Liga pada Real Madrid.

Tetapi meskipun gagal membawa trofi La Liga, Ancelotti berhasil membawa gelar Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa dan Piala Raja. Tentu sebuah pencapaian yang sulit diraih oleh manajer lainnya.

Baca Juga: Bersejarah, Ini Perjalanan Carlo Ancelotti Menjuarai 5 Liga Top Eropa

3. Pelatih tertua yang menjuarai Liga Spanyol

5 Fakta Menarik Carlo Ancelotti, Sang Penakluk Benua EropaTrofi Liga Spanyol 2021/2022 sekaligus menjadi trofi La Liga ke-35 Real Madrid (instagram.com/realmadrid)

Setelah menjuarai Liga Spanyol 2021/2022, Don Carletto mendapatkan sebuah rekor menarik. Ternyata Ancelotti adalah pelatih tertua yang menjuarai Liga Spanyol pada usia 62 tahun 325 hari.

4. Meski begitu, Carlo Ancelotti juga pernah puasa gelar

5 Fakta Menarik Carlo Ancelotti, Sang Penakluk Benua EropaCarlo Ancelotti saat menukangi Everton FC (instagram.com/mrancelotti)

Meskipun menjadi salah satu manajer top Eropa, ternyata Ancelotti pernah merasakan puasa gelar. Hal itu dirasakan ketika menukangi Napoli pada musim 2018/2019 dan Everton pada musim 2019/2021. Kedua klub itu adalah dua klub terakhirnya sebelum kembali ke Real Madrid dan menjuarai Liga Spanyol musim 2021/2022.

5. Sempat hampir melatih Manchester United

5 Fakta Menarik Carlo Ancelotti, Sang Penakluk Benua EropaPotret Ancelotti bersama Sir Alex Ferguson (instagram.com/mrancelotti)

Sir Alex Ferguson ternyata pernah membujuk Ancelotti menjadi suksesornya kala itu. Namun, Ancelotti menolaknya hingga akhirnya Ferguson memilih David Moyes untuk menggantikannya menjadi manajer di Manchester United. Pengakuan itu ditulis oleh Ferguson sendiri di autobiografinya.

Kontrak Ancelotti tersisa dua tahun lagi. Manajer asal negeri pizza ini akan habis masa kontraknya bersama Real Madrid pada 2024. Akankah Don Carletto kembali menorehkan tinta emas di sisa masa kontraknya?

Baca Juga: Kejutan, Cristiano Ronaldo Bisa Balik ke Real Madrid

Bintang Surya Laksana Photo Writer Bintang Surya Laksana

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya