Comscore Tracker

5 Fakta Aksi Mogok Pemain Timnas Kanada Jelang Piala Dunia 2022

Ada masalah pembagian keuntungan belum temukan titik terang

Dalam beberapa tahun terakhir, timnas sepak bola Kanada menapaki masa-masa keemasannya. Pasalnya, tim yang masuk zona CONCACAF ini kini diperkuat sejumlah pemain hebat yang beberapa di antaranya bermain di liga top Eropa. 

Hasil baik penampilan Kanada terlihat dalam turnamen Gold Cup 2021; meski harus mengakui keunggulan Meksiko di babak semifinal. Pada Maret 2022, tim berjuluk Les Rouges ini akhirnya berhasil menembus gelaran Piala Dunia setelah menunggu selama 36 tahun lamanya. 

Sayangnya, menjelang penampilan perdana mereka di Piala Dunia setelah sekian lama, tim ini justru dihadapkan pada insiden aksi mogok pemain pada laga persahabatan di pertengahan musim panas.

Berikut sederet fakta di balik aksi mogok pemain tim Les Rouges!

1. Berawal dari batalnya pertandingan persahabatan Kanada vs Iran

5 Fakta Aksi Mogok Pemain Timnas Kanada Jelang Piala Dunia 2022Alphonso Davies saat merayakan gol bersama timnas Kanada (instagram.com/canadasoccer)

Permasalahan timnas Kanada ini dimulai ketika tim akan menghadapi laga persahabatan melawan Iran. Rencananya, pertandingan Kanada vs Iran sedianya akan diselenggarakan di Vancouver, Minggu (5/6/2022). 

Menjamu timnas Iran, ternyata keluarga korban insiden penerbangan PS752 yang berasal dari Kanada marah dan meminta untuk pertandingan dibatalkan. Di tahun 2020, pesawat Ukraine Airlines ditembak oleh Korps Revolusioner Iran yang menyebabkan tewasnya 176 orang, termasuk 85 warga negara Kanada. 

Menanggapi hal itu, Perdana Menteri Justin Trudeau juga menanggapi jika mengundang timnas Iran ke Kanada bakal membuka luka lama. Hal ini juga diutarakan oleh para pemain yang meminta pertandingan tersebut dibatalkan.

2. Timnas Kanada Pria inginkan pembagian lebih dari bonus Piala Dunia 2022

Setelah pertandingan persahabatan antara Kanada vs Iran resmi dibatalkan, para pemain Les Rouges kembali dihadapkan sebuah masalah. Mereka melakukan aksi mogok latihan mulai, Jumat (3/6/2022) lantaran Asosiasi Sepak Bola Kanada dinilai memperlakukan mereka tidak adil. 

Pasalnya, para pemain merasa kompensasi dan fasilitas yang diberikan Canada Soccer tidak sesuai dengan harapan mereka. Menurut kabar yang dilaporkan TSN, pemain menginginkan pembagian sebesar 75-100 persen dari pendapatan Kualifikasi Piala Dunia. Namun, asosiasi kemudian menawarkan pembagian 60:40 persen.  

Rencananya, kompensasi 60:40 persen itu dibagi antara tim nasional laki-laki dan perempuan sesuai aturan pay equity. Di sisi lain, Canada Soccer juga membantah pihaknya menawarkan pembagian 10 persen atau proposal pembagian keuntungan sebesar 40 persen kepada para pemain. 

Sesuai laporan The Guardian, pemain juga merasa terganggu dengan keputusan asosiasi sebab mereka hanya menerima dua tiket pada setiap laga di Qatar. Hal ini membuat pihak keluarga pemain diharuskan membayar tiket penerbangan dan akomodasi secara mandiri saat mendukung timnas Kanada di Qatar. 

Baca Juga: 8 Stadion Qatar yang Jadi Arena Tempur Piala Dunia 2022

3. AS memberlakukan pembagian hasil yang sama antara timnas perempuan dan laki-laki

5 Fakta Aksi Mogok Pemain Timnas Kanada Jelang Piala Dunia 2022Pemain timnas Kanada perempuan saat berhasil memenangkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020. (instagram.com/canadasoccer)

Kemelut ini terjadi setelah Federasi Sepak Bola AS menyetujui perjanjian antara tim nasional laki-laki dan perempuan untuk membagi sama rata hasil pertandingan Piala Dunia; berdasarkan penampilan dan kemenangan yang diraih. Lewat persetujuan ini pemain akan mendapatkan 80 persen pendapatan dari Piala Dunia. 

Di sisi lain, Canada Soccer mengungkapkan kepada pemain bahwa pihak mereka tidak bisa melakukan langkah yang sama karena pihak mereka tidak mengontrol keseluruhan kepemilikan dari iklan dan tayangan. Hal ini dikarenakan kontrak jangka panjang dari Canadian Soccer Business yang punya hubungan dengan Canadian Premier League. 

Alasan lain adalah timnas perempuan telah banyak berjasa bagi Kanada. Pasalnya, mereka mampu meraih medali emas untuk pertama kalinya di Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Mereka berhasil mengalahkan Swedia di babak final melalui drama adu penalti. 

4. Dikhawatirkan berdampak pada permainan Kanada di Piala Dunia

5 Fakta Aksi Mogok Pemain Timnas Kanada Jelang Piala Dunia 2022Pemain Timnas Kanada sebelum pertandingan. (instagram.com/canadasoccer)

Sementara itu, pelatih John Herdman mengaku pembatalan pertandingan persahabatan ini telah mengakibatkan dampak besar kepada tim. Dibatalkannya laga melawan Iran membuat Kanada hanya bertarung melawan tim di zona CONCACAF, seperti Panama, Honduras, dan Curacao, dilansir The Guardian

Padahal, dalam penyisihan grup, Kanada harus menghadapi lawan-lawan tangguh, seperti Belgia, Kroasia, dan Maroko. Di sisi lain, tim-tim besar lain di CONCACAF, seperti AS dan Meksiko, sudah melakoni pertandingan persahabatan dengan sejumlah tim besar dari Amerika Selatan.

5. Memutuskan untuk kembali berlatih dan bertanding melawan Curacao

5 Fakta Aksi Mogok Pemain Timnas Kanada Jelang Piala Dunia 2022Pemain Timnas Kanada yang kembali menjalani sesi latihan. (twitter.com/CanadaSoccerEN)

Dilaporkan Sportsnet, pemain timnas Kanada sudah bersedia kembali menjalani latihan bersama, Senin (6/6/2022). Namun, pemain masih menginginkan semua permasalahan segera diselesaikan dan berharap perjanjian baru dengan Canada Soccer segera terwujud. 

Timnas Kanada juga sudah mengumumkan bahwa timnya pasti akan melakoni pertandingan melawan Curacao, Kamis (9/6/20220). Setelah itu, Kanada akan menghadapi laga tandang melawan Honduras pada, Selasa (14/6/2022) mendatang. 

Timnas Kanada mampu menunjukkan performa terbaiknya hingga berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Namun, masalah pembagian kompensasi ini dikhawatirkan dapat mengganggu penampilan tim Les Rouges di turnamen sepak bola terbesar antar negara di dunia tersebut. 

Baca Juga: 8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya