Fakta-Fakta di Balik Semifinal Coupe de France 2023/2024

Salah satunya klub divisi kedua

Coupe de France 2024/2024 sudah memasuki babak semifinal yang akan diselenggarakan pada awal April 2024 mendatang. Tak lama lagi, bakal ditentukan siapa klub yang berhasil menggondol gelar juara salah satu turnamen paling bergengsi di Prancis ini.

Sama seperti DFB Pokal, Carabao Cup, Copa del Rey, dan lainnya, Coupe de France cukup unik karena diikuti oleh klub lintas divisi. Alhasil, turnamen menjadi ajang bagi klub-klub di kasta bawah untuk dapat unjuk gigi dan tak jarang di antaranya sukses mengalahkan tim unggulan di divisi utama.

Pada musim ini, Paris Saint-Germain (PSG), Olympique Lyon, Stade Rennais, dan FC Valenciennes jadi tim yang menempati empat besar. Berikut tiga fakta menarik di balik semifinal Coupe de France 2023/2024. 

1. Selalu ada tim kasta bawah yang menembus semifinal 4 musim terakhir

Fakta-Fakta di Balik Semifinal Coupe de France 2023/2024Pemain FC Valenciennes saat merayakan kemenangan timnya. (instagram.com/vafcofficiel)

Dalam 4 musim terakhir, semifinal Coupe de France selalu menghadirkan satu tim underdog yang berasal dari kasta bawah. Pada musim ini, FC Valenciennes yang sama sekali tidak diunggulkan sukses melenggang ke babak 4 besar. Tim asuhan Ahmed Kantari itu melaju usai menundukkan FC Rouen 1899 lewat adu penalti.

Pada musim lalu, FC Annecy yang sama sekali tidak diunggulkan justru mampu melaju ke semifinal usai menundukkan FC Marseille lewat adu penalti (9-8) di babak perempat final. Sayangnya, tim asal Annecy itu gagal menembus partai puncak usai kalah dari FC Toulouse (1-2). Meskipun demikian, mereka sukses promosi ke Ligue 2.

Pada 2021/2022, giliran FC Versailles yang secara mengejutkan menembus babak semifinal Coupe de France, tapi akhirnya mereka kalah dari OGC Nice (0-2). Semusim sebelumnya, GFA Rumilly Vallières yang hanya berlaga di kasta kelima sukses melenggang ke semifinal. Minim pengalaman, mereka pun dilibas AS Monaco dengan skor 1-5.

2. FC Valenciennes siap melanjutkan kejutannya di Coupe de France

Fakta-Fakta di Balik Semifinal Coupe de France 2023/2024Pemain FC Valenciennes saat merayakan gol. (instagram.com/vafcofficiel)

Kejutan di Coupe de France musim ini adalah kesuksesan FC Valenciennes menembus babak semifinal. Padahal, Les Athéniens hanyalah tim yang duduk di dasar klasemen Ligue 2. Bahkan, Valenciennes jadi tim yang paling terancam tersungkur turun kasta mengingat besarnya selisih poin dengan tim di atasnya.

Seperti yang dilansir Get Football News France, Valenciennes berhasil masuk ke semifinal Coupe de France setelah lebih dari 50 tahun lamanya. Klub ini terakhir kali menembus semifinal pada 1969/1970. Menariknya, saat itu, tim ini juga berada di posisi juru kunci klasemen Ligue 1.

Setelah perjuangan panjang untuk menembus semifinal Coupe de France, tentunya Valenciennes tak mau menyerah begitu saja dan menargetkan menembus babak final. Ini pun menjadi pelipur lara tim ini mengingat posisinya di juru kunci Ligue 2. Namun, mereka harus berjuang keras karena lawan yang dihadapi bukan tim sembarangan, yakni Olympique Lyon.

3. Paris Saint-Germain tetap jadi tim unggulan juara Coupe de France 2023/2024

Fakta-Fakta di Balik Semifinal Coupe de France 2023/2024Pemain Paris Saint-Germain saat merayakan gol. (instagram.com/psg)

Paris Saint-Germain (PSG) sudah bukan lagi tim kejutan untuk menjuarai turnamen domestik Prancis. Bahkan, tim kebanggaan ibu kota Prancis ini sudah mengumpulkan 14 kali gelar juara Coupe de France. Pada musim ini, Les Parisiens punya kans yang sangat besar menjuarai turnamen ini.

Meski begitu, PSG sudah dua kali gagal menembus semifinal Coupe de France dalam 2 musim terakhir. Klub yang berkandang di Parc des Princes ini terakhir kali menembus semifinal dan merengkuh gelar juara turnamen ini pada 2020/2021 usai menundukkan AS Monaco (2-0). Pada 2019/2020, Les Parisiens juga sukses menjuara Coupe de France setelah mengalahkan Saint-Etienne (1-0) di babak final.

Melihat performa gemilangnya musim ini, PSG masih berpotensi untuk merengkuh treble winner. Namun, tim asuhan Luis Enrique harus waspada karena akan berhadapan dengan FC Barcelona di perempat final Liga Champions. Bukan tidak mungkin, PSG akan lebih memfokuskan performa di Liga Champions ketimbang Coupe de France.

Keempat tim yang masuk semifinal Coupe de France masih punya kesempatan untuk menembus babak final dan merengkuh gelar juara. Meski PSG tentu jadi tim yang paling diunggulkan dibanding lainnya, tapi bukan tidak mungkin mereka dapat tersungkur. Sedangkan, FC Valenciennes harus berjuang mati-matian untuk dapat memperoleh tiket ke partai final.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci FC Toulouse Meraih Juara Coupe de France 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya