5 Kiper Terbaik Scottish Premiership per Awal Maret 2024

Mayoritas sempat jadi buangan

Intinya Sih...

  • Mayoritas kiper terbaik Scottish Premiership pernah menjadi pemain buangan di klub sebelumnya.
  • Zach Hemming, Jack Butland, Kelle Roos, Ross Laidlaw, dan Dimitar Mitov mampu membuktikan ketangkasan dan kualitasnya di Skotlandia.
  • Mereka sukses menunjukkan penampilan terbaik dengan raihan goals prevented yang mengesankan pada 2023/2024.

Setelah meredup, Scottish Premiership mulai kembali jadi salah satu liga yang diperhitungkan di Eropa. Terbukti, cukup banyak klub Skotlandia yang ikut serta dalam turnamen antarklub Eropa. Bahkan, Rangers FC, salah satu klub Skotlandia, sukses melaju ke partai puncak Liga Europa 2021/2022.

Tak heran, kasta tertinggi Liga Skotlandia kerap jadi tempat pemain bintang merintis kariernya sebagai pemain sepak bola profesional, termasuk penjaga gawang. Tercatat ada beberapa kiper legendaris yang pernah merumput di sini, seperti Artur Boruc, Craig Gordon, dan lainnya.

Pada awal Maret 2024, terdapat lima kiper terbaik Scottish Premiership versi Opta Analyst. Uniknya, mayoritas dari kiper tersebut bukan hanya berasal dari klub raksasa Skotlandia, seperti Celtic dan Rangers.

1. Zach Hemming tampil gemilang bersama St Mirren

5 Kiper Terbaik Scottish Premiership per Awal Maret 2024Zach Hemming saat memperkuat St Mirren. (instagram.com/zachhemming)

Zach Hemming merupakan kiper yang berstatus pinjaman di St Mirren. Pemain berkebangsaan Inggris ini punya kontrak permanen dengan tim junior Middlesbrough. Ia memilih hengkang ke Skotlandia karena tak kunjung dipromosikan dan gagal masuk dalam tim inti Boro.

Setelah merapat ke St Mirren, ia langsung dipasang sebagai kiper utama sejak awal musim. Tak hanya jadi andalan di tim barunya, Hemming sukses menunjukkan kemampuan terbaiknya di sini. Sejauh ini, ia sudah menggagalkan 4,6 gol, dari selisih xgot conceded 32,6 dikurangi kemasukan 28 gol.

2. Jack Butland diandalkan untuk mengawal pertahanan Rangers

5 Kiper Terbaik Scottish Premiership per Awal Maret 2024Jack Butland saat memperkuat Rangers FC. (instagram.com/jbutland_)

Jack Butland sempat menjadi sorotan ketika membela tim nasional Britania Raya di Olimpiade 2012. Ia mampu mencapai puncak kariernya pada 2018 saat masih memperkuat Stoke City. Sayangnya, kariernya terus meredup ketika hengkang ke Crystal Palace pada 2020 dan berlanjut di Manchester United pada 2022.

Kariernya terselamatkan berkat keputusannya pindah ke Rangers FC pada musim panas 2023. Bersama The Gers, Butland selalu dipercaya Philippe Clement untuk menjadi sosok utama di bawah mistar gawang. Ia berhasil jadi salah satu kiper terbaik di Scottish Premiership dengan nilai goals prevented 5,2 dari selisih xgot conceded 17,2 dan 12 kali kemasukan.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024

3. Kelle Roos jadi tumpuan Aberdeen di lini pertahanan

5 Kiper Terbaik Scottish Premiership per Awal Maret 2024Kelle Roos saat memperkuat Aberdeen. (instagram.com/kelleroos)

Sebelum bergabung dengan Aberdeen, Kelle Roos sempat menjadi pemain buangan. Ia pernah dipinjamkan ke beberapa klub saat masih memiliki kontrak permanen dengan Derby County pada 2014—2017. Pada 2017—2022, ia sempat jadi pilihan utama Derby County hingga kontraknya berakhir.

Sejak musim lalu, pemain asal Belanda ini sukses menunjukkan penampilan terbaiknya. Tak heran, ia jarang absen untuk membela The Dons dalam 2 musim terakhir. Pada 2023/2024, Roos bahkan masuk dalam kiper terbaik dengan raihan goals prevented 5,3 dari pengurangan xgot conceded 43,3 dan 38 kali kebobolan.

4. Ross Laidlaw jadi kiper utama Ross County

5 Kiper Terbaik Scottish Premiership per Awal Maret 2024Ross Laidlaw saat membela Ross County. (instagram.com/rcfcofficial)

Ross Laidlaw merupakan penjaga gawang yang tidak pernah sekalipun merumput di luar Skotlandia. Sebelum membela Ross County pada 2019, ia sempat membela beberapa klub besar, seperti Hibernian dan Dundee United. Ia berhasil mencapai puncak kariernya ketika membela Ross County.

Pada 2023/2024, Laidlaw masuk sebagai salah satu kiper terbaik di Scottish Premiership dengan torehan goals prevented 5,4 dari pengurangan xgot conceded 30,4 dan kebobolan sebanyak 25 gol. Sayangnya, ia harus absen dalam beberapa laga terakhir karena menderita cedera betis. Kemungkinan ia akan tetap dijadikan kiper utama setelah pulih kembali.

5. Dimitar Mitov didapuk sebagai kiper terbaik di Scottish Premiership 2023/2024

5 Kiper Terbaik Scottish Premiership per Awal Maret 2024Dimitar Mitov saat membela St Johstone. (instagram.com/dimitarmm)

Dimitar Mitov dinobatkan sebagai kiper terbaik di Scottish Premiership pada 2023/2024. Padahal, ia termasuk pemain baru di Skotlandia yang bergabung dengan St Johnstone pada musim panas 2023. Eks jebolan akademi Charlton Athletic ini sebelumnya hanya membela klub kasta ketiga Liga Inggris, Cambridge United.

Pemain asal Bulgaria ini sukses menjadi sorotan saat dipilih menjadi kiper utama St Johnstone pada 2023/2024. Ia mampu mencatatkan goals prevented 10,3 dari selisih xgot conceded 40,3 dan jumlah kebobolan sebesar 30. Sayangnya, ia masih belum mengangkat timnya dari papan bawah dan tampil di kasta kedua musim depan.

Mayoritas dari kelima kiper di atas sempat menjadi pemain buangan di klubnya terdahulu. Masa-masa kelam itu sudah berakhir dan mereka mampu membuktikan ketangkasan dan kualitasnya. Kelimanya layak didapuk sebagai kiper terbaik di Scottish Premiership 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain Asia Timur yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya