Kiprah 3 Kiper Ukraina yang Berkarier di Luar Negeri pada 2023/2024

Ukraina mampu menelurkan kiper bertalenta

Dalam beberapa tahun terakhir, Ukraina mampu menelurkan sejumlah pemain sepak bola berbakat. Beberapa di antaranya bahkan dipercaya masuk skuad tim-tim papan atas di liga papan atas Eropa. Beberapa pemain itu termasuk Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, dan Ruslan Malinovskyi. 

Meski tidak sebanyak pemain di posisi lain, ternyata ada tiga juga kiper Ukraina yang merumput di luar negeri dewasa ini. Siapa saja mereka dan seperti apa kiprah kiper Ukraina yang berkarier di luar negeri pada 2023/2024 itu?

1. Nikita Contini masih dipasang sebagai pelapis di Napoli

Kiprah 3 Kiper Ukraina yang Berkarier di Luar Negeri pada 2023/2024Nikita Contini saat berlatih bersama Napoli. (instagram.com/nikitacontini)

Nikita Contini mungkin bukan kiper yang familier di telinga orang. Pemain yang memegang paspor Ukraina dan Italia ini merupakan pemain jebolan akademi Napoli. Sejak dipromosikan pada 2015 sampai saat ini, ia masih setia sebagai salah satu kiper di skuad Gli Azzurri.

Sayangnya, Contini belum masuk sebagai kiper utama Napoli sejak pertama kali diangkat ke tim senior. Bahkan, ia sudah dipinjamkan kepada sembilan klub berbeda untuk menambah pengalamannya sejak 2016. Para paruh pertama 2023/2024, ia juga hanya sekali mendapat kesempatan bermain sebagai pengganti ketika melawan AC Monza. 

Pemain berusia 27 tahun ini sempat diandalkan sebagai kiper utama ketika membela Pontedera, Robur Siena, dan Virtus Entella. Sayangnya, ketika menjalani peminjaman di Sampdoria dan Reggina musim lalu, Contini gagal masuk ke tim inti. Saat ini, ia juga hanya menjadi kiper ketiga di skuad Napoli di belakang Alex Meret dan Pierluigi Gollini.

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik Liga Top Eropa Paruh 2023/2024 Berdasar xGOT

2. Andriy Lunin mulai diturunkan sebagai kiper utama Real Madrid

Kiprah 3 Kiper Ukraina yang Berkarier di Luar Negeri pada 2023/2024Andrey Lunin saat membela Real Madrid. (instagram.com/lunin_andrey)

Andriy Lunin adalah salah satu kiper Real Madrid sejak musim panas 2018. Los Blancos kepincut dengan kiper kelahiran Krasnograd ini ketika melihat penampilannya bersama Zorya Luhansk. Pada 2017/2018, ia sempat ditunjuk sebagai kiper utama klub asal Luhansk itu pada usia 18 tahun. 

Sayangnya, Lunin belum terpilih menjadi kiper utama di skuad inti El Real dalam beberapa musim terakhir. Bahkan, ia sudah pernah dipinjamkan kepada beberapa klub di Spanyol, seperti CD Leganes, Real Valladolid, dan Real Oviedo, untuk menambah jam terbang. Namun, sampai saat ini, Lunin masih menjadi kiper cadangan. 

Pada awal 2023/2024, Carlo Ancelotti sempat memilihnya sebagai kiper utama setelah Thibaut Courtois mengalami cedera. Namun, pihak klub mendatangkan Kepa Arizabalaga yang menggantikan posisinya. Kabar baiknya, Lunin mulai dipercaya lagi untuk jadi kiper utama dalam beberapa laga terakhir.

3. Anatoliy Trubin menunjukkan performa terbaiknya di Benfica

Kiprah 3 Kiper Ukraina yang Berkarier di Luar Negeri pada 2023/2024Anatoliy Trubin saat membela Benfica. (instagram.com/anatoliytrubin81)

Anatoliy Trubin didatangkan Benfica dari Shakthar Donetsk pada musim panas 2023 untuk menggantikan peran Odysseas Vlachodimos. Ia didatangkan ke Estadio Da Luz dengan harga yang cukup mahal, yaitu senilai 10 juta euro (Rp168,5 miliar). Harga ini sesuai dengan performanya ketika jadi kiper utama Shakhtar Donetsk. 

Awalnya, kiper berusia 22 tahun ini masih menjadi pelapis dalam tiga pertandingan perdana. Setelah itu, ia sudah dipilih untuk sebagai tumpuan utama di bawah mistar gawang Benfica. Hingga kini, Trubin selalu jadi andalan di bawah asuhan juru taktik sekelas Roger Schmidt. 

Selain menjadi andalan As Aguias, Trubin termasuk salah satu kiper terbaik di Primeira Liga Portugal versi Opta Analyst. Trubin mendapatkan skor penyelamatan sebesar 3,5 yang didapat dari skor xgot conceded sebesar 7,5 dan total kebobolan sebanyak 4 gol. Dalam 11 laga  Primeira Liga terakhir, ia mampu mengakhiri lima laga tanpa kebobolan dan sempat masuk dalam daftar Man of the Match. 

Ketiga kiper Ukraina di atas berhasil masuk skuad klub ternama Eropa pada 2023/2024. Sayangnya, tak semuanya dipercaya sebagai tumpuan utama di bawah mistar gawang timnya. Namun, Lunin dan Trubin berhasil membuktikan kemampuannya dan mulai ditunjuk sebagai kiper andalan di klubnya masing-masing.

Baca Juga: 3 Kiper yang Paling Sedikit Kebobolan pada Paruh Pertama EPL 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya