5 Klub Ligue 1 Prancis yang Terancam Degradasi per Maret 2024

Beberapa klub mengalami kemunduran dibanding musim lalu

Ligue 1 Prancis sudah memasuki paruh kedua 2023/2024 yang artinya sudah menjelang akhir musim. Namun, persaingan di papan atas nampak tidak seketat musim lalu yang hanya selisih satu poin. Sementara itu, di papan bawah, persaingan masih cukup ketat untuk menghindari relegasi.

Tercatat ada lima klub Prancis yang harus berjuang mati-matian keluar dari zona degradasi pada pekan ke-25 Ligue 1. Menariknya, terdapat tiga klub yang pernah merengkuh gelar juara Ligue 1 yang harus terjerembap di papan bawah dan terancam relegasi musim ini.

Berikut kelima klub yang harus berupaya keras mempertahankan diri di kasta tertinggi Liga Prancis. Mayoritas di antaranya kelima tim di atas masih punya peluang besar untuk keluar dari zona degradasi.

1. RC Strasbourg belum mampu kembali duduk di papan atas

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Terancam Degradasi per Maret 2024Pemain RC Strasbourg saat menyapa pendukungnya. (instagram.com/rcsa)

RC Strasbourg bisa dibilang sebagai salah satu klub besar baru di Prancis, terutama setelah diakuisisi BlueCo pada 2023. Klub ini juga pernah 1 kali menjuarai Ligue 1 pada 1978/1979 dan 3 kali menjuarai Coupe de France pada 1950/1951, 1965/1966, dan 2000/2001. Klub asal Alsace ini juga sempat tampil mengejutkan usai duduk di papan atas pada 2021/2022.

Sayangnya, Le Racing masih belum mampu tampil mengesankan seperti 2 musim sebelumnya. Mereka masih berkutat di papan bawah Ligue 1 sejak musim lalu dan harus berjuang keluar dari degradasi. Pada pekan ke-25, Strasbourg masih duduk di posisi ke-14 dan masih punya peluang besar untuk bertahan di kasta tertinggi.

2. FC Lorient mengalami penurunan performa dibanding musim lalu

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Terancam Degradasi per Maret 2024Pemain FC Lorient saat merayakan gol. (instagram.com/fclorient)

FC Lorient memang dikenal sebagai klub papan bahwa di Ligue 1 Prancis sejak promosi pada 2020/2021. Namun, mereka sempat memberikan kejutan pada 2022/2023 dengan mengakhiri musim di posisi ke-10. Bahkan, mereka tampil cukup baik hingga sempat bertengger di papan atas.

Pada pertemuan ke-25, Les Merlus masih berkutat di papan bahwa klasemen Ligue 1 dengan perolehan 25 poin. Klub ini belum mampu keluar dari papan bawah dan sempat duduk di dasar klasemen selama 2 pekan. Klub naungan Regis Le Bris ini harus terus meraih hasil positif jika masih ingin bertahan di kasta tertinggi.

Baca Juga: 7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023

3. FC Nantes masih berkutat di papan bawah seperti musim lalu

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Terancam Degradasi per Maret 2024Pemain FC Nantes saat merayakan kemenangan. (instagram.com/fcnantes)

FC Nantes tergolong sebagai salah satu klub besar di Prancis. Klub ini berhasil merengkuh gelar juara Ligue 1 sebanyak 8 kali dan 4 kali gelar Coupe de France. Sayangnya, prestasi mereka menurun pada 2000-an dan sempat merasakan pahitnya degradasi hingga naik kembali ke kasta tertinggi pada 2012/2013.

Pada musim ini, Les Canaris masih belum tampil seperti ketika berhasil menjuarai Coupe de France 2021/2022. Pada musim lalu, Nantes nyaris terdegradasi karena hanya duduk setingkat di atas zona degradasi. Hingga pekan ke-25, klub ini masih duduk di zona playoff degradasi dan harus berjuang setidaknya menggeser tim di atasnya.

4. FC Metz harus berupaya keras keluar dari zona degradasi

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Terancam Degradasi per Maret 2024Pemain FC Metz saat menyapa pendukungnya. (instagram.com/fcmetz)

FC Metz merupakan klub promosi yang diprediksi akan mengalami kesulitan bersaing di kasta tertinggi. Meski begitu, klub asal Metz ini sebenarnya punya prestasi yang baik pada musim lalu dengan duduk sebagai runner-up Ligue 2. Mereka juga mampu menggeser FC Bordeaux hingga gagal promosi ke kasta tertinggi.

Pada pekan ke-25, Les Grenats hanya duduk di posisi ke-17 dengan raihan 23 poin. Mereka setidaknya harus mencapai zona playoff degradasi untuk mendapatkan kesempatan bertahan di Ligue 1. Melihat dua kemenangan beruntun ini, FC Metz masih mungkin menghindari dari zona degradasi.

5. Clermont Foot jadi klub paling terancam degradasi pada 2023/2024

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Terancam Degradasi per Maret 2024Pemain Clermont Foot saat merayakan gol. (instagram.com/clermontfoot)

Clermont Foot mengalami penurunan performa yang signifikan jika dibandingkan dengan musim lalu. Pada 2022/2023, klub ini mampu tampil mengejutkan dengan mengakhiri musim di posisi kedelapan. Saat ini mereka harus duduk di dasar klasemen karena gagal bersaing dengan tim besar di kasta tertinggi.

Pada pekan ke-25, klub berjuluk Les Lanciers ini jadi klub dengan performa terburuk dan tergolong sebagai tim yang paling terancam relegasi. Hingga sejauh ini, mereka hanya duduk di posisi juru kunci dengan perolehan 17 poin. Alhasil, klub ini harus berjuang keras dengan memenangkan laga sisa dan berharap tim di atasnya mengalami kekalahan.

Kelima klub Prancis di atas harus berusaha keras untuk mempertahankan posisinya di kasta tertinggi. Keempat darinya masih punya peluang untuk lolos dan harus saling sikut untuk bertahan. Sementara itu, Clermont Foot punya peluang yang kecil untuk dapat meloloskan diri dari jurang degradasi.

Baca Juga: 3 Pemain Pinjaman yang Didapat Clermont Foot pada Musim Dingin 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya