3 Klub Promosi Eropa yang Pertama Kali Masuk Kasta Tertinggi 2023/2024

Baru merasakan atmosfer liga utama

Menjelang digelarnya musim 2023/2024, sejumlah klub Eropa telah mengadakan tur pramusim untuk meracik strategi tepat dan mendatangkan pemain baru untuk menambal lini tumpulnya. Cara ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, terutama bagi klub promosi agar bertahan di divisi utama. 

Salah satu hal yang menarik pada 2023/2024 adalah masuknya tiga klub yang baru pertama kali menapakkan kakinya di kasta tertinggi. Mereka berhasil menggapai mimpinya setelah berjuang mati-matian untuk memastikan tiket ke divisi utama di liga masing-masing. 

Beberapa di antaranya bahkan berhasil menggusur tim-tim kuat di negaranya untuk mencuri satu tempat di kasta tertinggi. Berikut keempat klub promosi Eropa yang akan tampil perdana di divisi utama pada 2023/2024. 

1. FC Heidenheim promosi ke kasta tertinggi Liga Jerman

3 Klub Promosi Eropa yang Pertama Kali Masuk Kasta Tertinggi 2023/2024Pemain Heidenheim saat merayakan kemenangan. (instagram.com/timk_34)

FC Heidenheim merupakan klub yang baru pertama kali menapakkan kakinya di Bundesliga Jerman pada 2023/2024. Tak tanggung-tanggung, klub asal Heidenheim ini mampu menggeser kandidat kuat juara Darmstadt dan Hamburger SV jelang akhir musim lewat persaingan ketat. Bahkan, mereka duduk di puncak klasemen pada spieltag ke-34 atau pada laga terakhir usai menundukkan SSV Jahn Regensburg, 3-2.

Setelah menggapai mimpinya tampil di Bundesliga Jerman, Heidenheim pun harus berbenah agar tidak hanya menjadi tim penghibur. Mereka telah melakoni tiga laga pramusim melawan tim-tim dari Italia dan Jerman. Hasilnya pun tak mengecewakan, mereka mampu menang melawan Empoli (2-1) dan Hellas Verona (3-2), serta seri melawan Ingolstadt (1-1).

Tak cukup dengan mengadakan laga uji coba, pelatih Frank Schmidt juga mendatangkan pemain baru untuk menambal lini yang kurang meyakinkan. Heidenheim telah memboyong enam pemain baru yang didominasi pemain belakang dan depan. Mayoritas di antaranya adalah pemain free agent.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Heidenheim, Bawa Timnya Juara Bundesliga 2 2022/2023

2. RWD Molenbeek mencicipi kasta tertinggi Liga Belgia untuk pertama kali

3 Klub Promosi Eropa yang Pertama Kali Masuk Kasta Tertinggi 2023/2024Pemain RWD Molenbeek (merah) saat melawan OH Leuven. (instagram.com/w.klaus44)

RWD Molenbeek sebenarnya adalah klub yang terbentuk pada 1951 dengan nama Standaard Wetteren. Pada 2015, klub itu dijual ke investor baru dan diubah namanya menjadi RWD Molenbeek yang dikenal saat ini. Sebagai klub baru, mereka harus memulai dari kasta ketiga Liga Belgia.

Menariknya, Molenbeek mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mereka pun akhirnya mampu duduk di puncak klasemen Divisi B Liga Belgia 2022/2023 pada musim reguler. Pada fase playoff, Molenbeek kembali duduk di puncak klasemen dan memastikan diri lolos pertama kalinya ke Jupyler Pro League 2023/2024.

Pada laga uji coba pramusim, Molenbeek mengalami kekalahan dan kemenangan melawan tim asal Belgia, Jerman, dan Prancis. Mereka tercatat kalah dari Hertha Berlin (1-2), Kortrijk (1-2), dan KRC Genk (0-4). Namun, Molenbeek sukses mencatat kemenangan kala bersua Olympique Lyon (1-0) dan Standard Liege (4-0).

3. Almere City akhirnya naik kasta di Liga Belanda

3 Klub Promosi Eropa yang Pertama Kali Masuk Kasta Tertinggi 2023/2024Pemain Almere City saat merayakan kemenangan. (instagram.com/almerecityfc)

Almere City adalah klub Belanda yang akan tampil perdana di Eredivisie 2023/2024. Klub asal Almere itu termasuk klub yang cukup muda karena baru didirikan pada 2001. Pada awal didirikan namanya adalah FC Omniworld dan diubah menjadi Almere City pada 2010/2011. 

Meski termasuk klub baru, Almere City punya performa yang cukup baik. Mereka mampu konsisten berada di kasta kedua sejak 2006/2007 sampai 2022/2023. Klub ini lolos ke Eredivisie dengan jalan yang cukup terjal karena hanya duduk di posisi ke-3 klasemen akhir. Mereka dipastikan lolos setelah mengalahkan FC Emmen di laga puncak playoff dengan agregat 4-1. 

Pada laga uji coba, Almere City hanya menghadapi tim-tim di kasta kedua Belgia dan Belanda, serta tim kasta keempat Jerman. Hasilnya pun kurang memuaskan, mereka hanya mampu menang ketika berjumpa BW Loehne (3-0) dan SC Verl (1-0). Almere City bahkan kalah dari tim kasta kedua Belanda, Willem II (1-2). 

Selain ketiga klub promosi Eropa di atas yang baru pertama kali masuk di kasta tertinggi, terdapat pula klub yang akhirnya kembali ke divisi utama setelah terjerembap di kasta kedua begitu lama. Tim itu meliputi Luton Town (Inggris), Le Havre (Prancis), dah Hvidovre IF (Denmark). Bagaimanakah penampilan ketiga tim promosi di atas ketika melakoni laga pertamanya di divisi utama? Pasti layak dinanti!

Baca Juga: Frank Schmidt dan Loyalitasnya kepada Heidenheim yang Berbuah Manis

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya