5 Pemain Amerika Latin yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024

Tampil mengesankan sejak awal musim

Meski tak setenar liga top Eropa, Scottish Premiership mulai menunjukkan kembali pamornya sebagai salah satu liga yang diperhitungkan di Eropa. Tak heran kasta tertinggi Liga Skotlandia ini kerap menjadi jujukan pemain dari berbagai negara untuk berkarier.

Dalam beberapa tahun terakhir, klub Skotlandia cenderung mendatangkan bintang asal Asia, terutama dari Australia, Jepang, dan Korea Selatan. Sejumlah klub Skotlandia juga tak luput mendatangkan pemain asal Amerika Latin untuk memperkuat timnya meski kini tak jadi jujukan utama.

Pada 2023/2024, terdapat lima pemain asal Amerika Latin yang bersinar di Scottish Premiership. Menariknya, mayoritas pemain yang didatangkan berasal dari negara di Amerika Tengah dan Utara, serta baru direkrut paling awal pada musim panas 2023. 

1. Antonio Portales (Meksiko) sempat jadi bek tengah andalan Dundee FC

5 Pemain Amerika Latin yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Antonio Portales saat membela CF Atlante. (instagram.com/antonioportales)

Antonio Portales didatangkan Dundee FC pada musim panas 2023 setelah kontrak dengan tim lamanya, CF Atlante berakhir. Ia sudah menandatangani kontrak dengan klub barunya hingga musim panas 2025. Pada awal musim, Portales berhasil masuk tim inti dan ditetapkan sebagai bek tengah utama Dundee. Sayangnya, di tengah puncak kariernya di Scottish Premiership, pemain asal Meksiko ini justru dihadapkan pada cedera parah yang membuat absen hingga kini.

2. Danilo (Brasil) sempat jadi striker andalan Rangers FC

5 Pemain Amerika Latin yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Danilo saat membela Rangers FC. (instagram.com/danilo_pereira)

Danilo Pereira da Silva atau yang disingkat Danilo bergabung dengan Rangers FC pada musim panas 2023. Ia dibeli dari Feyenoord Rotterdam dengan banderol 6,5 juta euro (Rp107 miliar) untuk menambah pilihan di lini serang. Pada awal musim, Danilo sempat menjadi pilihan utama untuk mengisi pos striker di skuad The Gers. Sayangnya, pemain berkebangsaan Brasil ini terdampak cedera lutut yang memaksanya absen cukup lama hingga kini.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin yang Membela Manchester United pada 2023/2024

3. Oscar Cortes (Kolombia) jadi andalan Rangers FC meski baru bergabung

5 Pemain Amerika Latin yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Oscar Cortes saat memperkuat Rangers FC. (instagram.com/oscarcortes47)

Oscar Cortes termasuk rekrutan baru Rangers FC pada musim dingin 2024. Pemain berkebangsaan Kolombia ini didatangkan dengan status pinjaman dari RC Lens hingga akhir 2023/2024. Pemain berusia 20 tahun ini memilih merapat ke skuad The Gers di bawah asuhan Philippe Clement untuk memperoleh tambahan pengalaman dan jam terbang. Pilihannya pun tepat, Cortes sukses menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan mencetak 1 gol dan 1 assist dari 5 laga Scottish Premiership musim ini. 

4. Kenneth Vargas (Kosta Rika) tampil impresif bersama Heart of Midlothian

5 Pemain Amerika Latin yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Kenneth Vargas saat memperkuat Heart of Midlothian. (instagram.com/heartofmidlothianfc)

Kenneth Vargas termasuk rekrutan baru di skuad Heart of Midlothian yang didatangkan pada musim panas 2023. Namun, status pemain berusia 21 tahun ini masih sebagai pinjaman dari klub lokal Kosta Rika, Herediano, hingga akhir musim 2023/2024 dengan opsi pembelian. Meski tergolong sebagai pemain muda, Vargas kerap diturunkan dalam starting line-up The Maroons. Sepanjang musim ini, ia sudah mencetak 4 gol dan 1 assist dari 24 pertandingan Scottish Premiership.  

5. Luis Palma (Honduras) jadi sosok andalan di pos sayap kiri Celtic

5 Pemain Amerika Latin yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Luis Palma saat memperkuat Celtic FC. (instagram.com/celticfc)

Luis Palma baru bergabung dengan Celtic FC pada musim panas 2023 dari klub Yunani, Aris Saloniki. Ia diboyong dengan harga 4,75 juta euro (Rp80,7 miliar) dan sudah menyetujui kontrak hingga musim panas 2028. Keputusan The Bhoys membeli Palma benar-benar membawa berkah karena ia mampu tampil optimal sepanjang paruh pertama 2023/2024. Dalam 22 laga Scottish Premiership, pemain asal Honduras ini sukses membukukan 6 gol dan 9 assist untuk timnya.

Kelima pemain Amerika Latin di atas sukses menunjukkan kemampuan terbaiknya sejak mengawali kariernya di Scottish Premiership 2023/2024. Tak heran, semuanya sudah ditunjuk untuk mengisi skuad inti timnya masing-masing. Sayangnya, tak semua langkah mereka berjalan mulus karena dua di antaranya harus terdampak cedera parah dan terpaksa absen lama di tengah puncak kariernya.

Baca Juga: 4 Pelatih yang Direkrut Klub EPL setelah Juara Liga Skotlandia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya