4 Pemain Asia Timur yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024

Didominasi pemain asal Jepang

Dalam sejarahnya, klub Liga Skotlandia kerap menghadirkan pemain sepak bola berbakat asal negara Asia, terutama Asia Timur. Tak heran ada legenda sepak bola Asia yang naik daun setelah merumput di Scottish Premiership, sebut saja seperti Shunsuke Nakamura, Ki Sung Yueng, dan lainnya.

Pada 2023/2024, tercatat ada empat pemain asal Asia Timur yang mampu menunjukkan penampilan terbaiknya di Scottish Premiership. Berkat penampilan apiknya di level klub, mayoritas dari mereka pun juga jadi langganan mengisi skuad di tim nasional masing-masing. 

1. Daizen Maeda didapuk sebagai sayap kiri andalan Celtic

4 Pemain Asia Timur yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Daizen Maeda saat membela Celtic FC. (instagram.com/m_daizen0827)

Daizen Maeda pertama kali mendarat di Celtic Park sebagai pemain pinjaman pada musim dingin 2022. Ia didatangkan dari Yokohama F. Marinos untuk menambah amunisi di pos sayap kiri Celtic FC. Hanya setengah musim, pihak klub memutuskan mempermanenkannya setelah menunjukkan kemampuan terbaiknya di sana. 

Pada 2023/2024, Maeda sudah dipercaya menjadi sayap kiri utama di skuad asuhan Brendan Rodgers. Selain menjadi sayap, ia pun bisa memiliki kapabilitas untuk ditempatkan pada posisi striker kedua dan striker utama. Dalam 21 laga terakhir, pemain asal Jepang ini sudah mencetak 4 gol dan 2 assist.  

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024

2. Yutaro Oda tampil mengesankan bersama Heart of Midlothian

4 Pemain Asia Timur yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Yutaro Oda saat memperkuat Heart of Midlothian. (instagram.com/yutaro_oda41)

Yutaro Oda termasuk jajaran pemain muda Asia yang memperkuat klub Skotlandia. Pemain asal Jepang ini diboyong dari Vissel Kobe dengan harga yang dirahasiakan pada musim panas 2023. Kedatangannya untuk mempertajam lini serang Heart of Midlothian usai kepergian beberapa winger-nya.

Meski tergolong baru, Oda terbukti mampu tampil optimal bersama The Maroons pada paruh pertama 2023/2024. Sayangnya, ia sempat menderita cedera medio September 2023 sehingga terpaksa absen dalam tiga laga. Dalam 18 laga terakhir, pemain berusia 21 tahun ini sudah membukukan 3 gol. 

3. Oh Hyeon Gyu tampil optimal bersama Celtic

4 Pemain Asia Timur yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Oh Hyeon-gyu saat memperkuat Celtic FC. (instagram.com/oh.hyeongyu)

Oh Hyeon Gyu merapat ke Celtic Park pada bursa transfer musim dingin 2023. Ia dibeli dari Suwon Bluewings dengan banderol 2,8 juta euro (Rp47,6 miliar). Kehadirannya cukup penting untuk menambah amunisi lini serang The Bhoys setelah kepergian Georgios Giakoumakis. 

Tak perlu lama beradaptasi, Oh berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya di bawah arahan Brendan Rodgers. Pada musim ini, ia sudah membukukan 5 gol dari 20 pertandingan Scottish Premiership. Sayangnya, pemain asal Korea Selatan ini masih belum masuk dalam tim inti dan masih jadi pelapis Kyogo Furuhashi. 

4. Kyogo Furuhashi didapuk sebagai striker utama Celtic FC

4 Pemain Asia Timur yang Bersinar di Scottish Premiership 2023/2024Kyogo Furuhashi saat membela Celtic FC. (instagram.com/kyogo_furuhashi)

Kyogo Furuhashi bergabung dengan Celtic FC sejak musim panas 2021. Ia didatangkan dari Vessel Kobe dengan harga yang terjangkau sebesar 5,4 juta euro (Rp91,7 miliar). Ia terpilih sebagai striker pengganti Odsonne Edouard yang memutuskan hengkang ke Crystal Palace. 

Sejak 2021/2022, pemain asal Jepang ini sudah menunjukkan ketajamannya bersama The Bhoys. Namun, di musim pertamanya ia banyak absen karena menderita cedera parah. Kini, Furuhashi mulai jadi pilihan utama pelatih Celtic, Brendan Rodgers, untuk mengisi striker utama Celtic. Terbukti, ia sudah mencetak 9 gol dan 3 assist dalam 28 laga Scottish Premiership 2023/2024. 

Keempat pemain Asia Timur di atas berhasil tampil optimal selama berkarier di Scottish Premiership 2023/2024. Melihat performa apiknya, bukan tidak mungkin salah satu atau beberapa dari mereka akan keluar sebagai salah satu legenda sepak bola Asia selanjutnya. 

Baca Juga: 8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya