8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024

Mayoritas dipanggil di Piala Asia 2023

Australia menjelma sebagai salah satu kekuatan sepak bola terbesar di Asia. Tak heran, negeri Kanguru kerap menelurkan talenta muda dengan kemampuan mumpuni yang tak kalah dibandingkan kekuatan sepak bola Asia lain, seperti Jepang dan Korea Selatan. 

Dalam beberapa musim terakhir, cukup banyak pemain asal Australia yang merantau ke Eropa untuk menambah pengalaman dan ketangkasannya. Salah satu negara tujuan utama pemain asal negeri Kanguru adalah Skotlandia seiring banyaknya klub lokal yang melirik pemain Asia. 

Tercatat, ada delapan pemain asal Australia yang membela klub Scottish Premiership pada 2023/2024. Sayangnya, tak semua dipanggil untuk memperkuat Timnas Australia di Piala Asia 2023 Qatar karena terdampak cedera parah. 

1. Kye Rowles sukses jadi bek tengah andalan Heart

8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024Kye Rowles ketika membela Heart. (instagram.com/breadrowles)

Kye Rowles bergabung dengan Heart of Midlothian dari klub lokal Australia, Central Coast, pada musim panas 2022. Sejak musim lalu, pemain berusia 25 tahun ini sudah dipilih sebagai bek tengah The Maroons. Kini, ia bahkan jadi sosok yang tak tergantikan di lini belakang tim asuhan Steven Naismith. Sayangnya, ia belum dipilih jadi bek tengah utama di Timnas Australia pada Piala Asia 2023. 

Baca Juga: 3 Pelatih Spanyol yang Membesut Peserta Piala Asia 2023

2. Nathaniel Atkinson kerap dipilih sebagai bek kanan andalan Heart

8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024Nathaniel Atkinson saat memperkuat Heart. (instagram.com/socceroos)

Nathaniel Atkinson didatangkan Heart of Midlothian sejak musim dingin 2022 dari Melbourne City. Awalnya, Atkinson hanya dijadikan bek kanan pelapis di skuad asuhan Steven Naismith. Pada 2023/2024, ia sudah dipilih mengisi pos utama bek kanan, tetapi ia sempat absen cukup lama karena mengalami cedera engkel. Ia juga masuk dalam skuad Timnas Australia di Piala Asia 2023, namun, belum masuk skuad inti. 

3. Lewis Miller berhasil masuk di tim inti Hibernian

8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024Lewis Miller ketika memperkuat Hibernian. (instagram.com/lewis.miller3)

Lewis Miller bergabung dengan Hibernian sejak musim panas 2022 dari klub lokal Australia, Macarthur, dengan status free agent. Pada musim lalu, Miller belum dipilih sebagai bek kanan utama timnya dan sempat terdampak cedera panjang. Namun, ia akhirnya berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya musim ini dan sukses masuk tim inti. Ia pun terpilih untuk mengisi skuad Timnas Australia di Piala Asia 2023 meski sejauh ini masih menjadi pelapis.  

4. Ryan Strain jadi bek kanan utama di St. Mirren

8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024Ryan Strain saat masih membela Maccabi Haifa. (instagram.com/ryanstrain8)

Ryan Strain menerima tawaran dari St. Mirren setelah kontraknya di Maccabi Haifa berakhir pada musim panas 2022. Sejak awal kedatangannya, ia sudah dipercaya jadi pemain inti di pos bek kanan The Buddies. Pada 2023/2024, ia juga dipilih sebagai pemain utama, tetapi ia terdampak cedera dan harus absen dalam beberapa bulan terakhir. Malangnya, ia pun gagal ikut di Piala Asia 2023. 

5. Keanu Baccus dipilih jadi gelandang bertahan utama St. Mirren

8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024Keanu Baccus ketika membela Timnas Australia. (instagram.com/keanu_baccus)

Keanu Baccus memilih hengkang ke St. Mirren setelah tidak memperpanjang kontrak bersama Western Sydney pada musim panas 2022. Pemain kelahiran Afrika Selatan ini sudah dipilih sebagai gelandang bertahan utama The Buddies sejak musim lalu. Kini, ia pun masih menyandang status sebagai pemain inti di klubnya. Sayangnya, Baccus masih belum diipilih masuk dalam skuad inti Timnas Australia di Piala Asia 2023. 

6. Cammy Devlin sempat jadi gelandang bertahan andalan Heart

8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024Cammy Devlin ketika membela Heart. (instagram.com/heartofmidlothianfc)

Cammy Devlin memilih bergabung dengan Heart of Midlothian sejak musim panas 2021 dari klub Australia, Newcastle Jets. Sejak awal, ia sudah terpilih sebagai gelandang bertahan utama di skuad The Marrons. Sayangnya, pada musim ini, ia terdampak cedera engkel yang mengharuskannya istirahat cukup lama. Devlin bahkan harus menerima kenyataan gagal tampil di Piala Asia 2023. 

7. Martin Boyle jadi andalan lini serang Hibernian

8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024Martin Boyle saat berlatih bersama Timnas Australia. (instagram.com/hibernianfootballclub)

Martin Boyle merupakan pemain Australia yang sudah punya segudang pengalaman bermain di Skotlandia. Sebelum membela Hibernian, ia sempat bermain untuk Dundee FC dan Montrose FC, serta pernah membela klub Arab Saudi, Al-Faisaly. Kini, ia dipilih sebagai sayap kanan utama The Hibees. Ia pun dipilih sebagai pemain depan andalan Timnas Australia di Piala Asia 2023. 

8. Marco Tilio belum memperoleh jam terbang tinggi di Celtic

8 Pemain Australia yang Merumput di Scottish Premiership 2023/2024Marco Tilio saat membela Celtic. (instagram.com/marcotilio_)

Marco Tilio baru bergabung dengan klub raksasa Skotlandia, Celtic FC, pada musim panas 2023 dari Melbourne City. Sayangnya, ia belum banyak mendapat kesempatan membela klubnya karena terdampak cedera di awal musim. Meski begitu, ia berhasil masuk dalam skuad Timnas Australia di Piala Asia 2023. Mengingat minimnya pengalaman, Tilio masih dijadikan pemain cadangan di tim Socceroos. 

Mayoritas pemain Australia yang merumput di Scottish Premiership terpantau cukup muda dan sebagian berusia di bawah 25 tahun. Sebagian besar juga terpilih untuk mengisi skuad Timnas Australia di Piala Asia 2023. Sayangnya, hanya satu pemain dari Scottish Premiership yang diandalkan mengisi skuad utama Socceroos. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Mampu Bersaing?

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya