9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023

Mayoritas mendatangkan pemain gratis

Le Havre AC sukses menggapai mimpinya kembali bertanding di kasta tertinggi usai keluar sebagai juara Ligue 2 Prancis 2022/2023. Selama 14 tahun, klub asal Prancis Utara ini hanya bertanding di kasta kedua. Mereka selalu gagal duduk di posisi tiga besar.

Setelah sukses, pada jeda pramusim 2023, tim berjuluk Les Ciel et Marine ini akhirnya mengadakan beberapa laga uji coba melawan tim-tim asal Prancis. Sayangnya, tim asuhan Luka Elsner tidak memperoleh hasil yang memuaskan. Dari 7 pertandingan uji coba, mereka mengalami 5 kali kekalahan dan 2 kemenangan.

Selain mengadakan uji coba, Elsner juga sudah mendatangkan sembilan pemain bintang untuk memperkuat beberapa lini terlemah. Pemain yang didatangkan Le Havre pada musim panas 2023 ini tercatat berasal dari berbagai negara. Berikut kesembilan pemain baru Le Havre.

1. Rassoul Ndiaye diboyong dari FC Sochaux

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Rassoul Ndiaye (instagram.com/rass.ndiaye)

Rassoul Ndiaye tercatat sebagai pemain termahal yang didatangkan Le Havre pada musim panas 2023. Pemain berusia 21 tahun ini diboyong dari FC Sochaux dengan banderol sebesar 1,5 juta euro (Rp25 miliar). Pemain berkebangsaan Senegal ini tiba untuk mengisi pos gelandang tengah yang ditinggalkan Victor Lekhal ke klub Qatar, Umm Salal SC.

2. Emmanuel Sabbi bergabung dari Odense Boldklub

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Emmanuel Sabbi saat resmi berseragam Le Havre. (instagram.com/emmanuelsabbi97)

Emmanuel Sabbi adalah pemain termahal kedua yang masuk dalam skuad Le Havre pada musim panas 2023. Pemain berkebangsaan Amerika Serikat ini tiba dari klub Denmark, Odense Boldklub (OB) dengan tebusan sebesar 1 juta euro (Rp16,7 miliar). Ia datang untuk menambah pilihan sayap kanan di skuad Le Havre.

3. Issa Soumaré datang untuk mempertajam lini serang Le Havre

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Issa Soumaré (instagram.com/i_soumare27)

Issa Soumaré adalah pembelian ketiga Le Havre pada musim panas 2023. Pemain muda ini didatangkan dari klub Belgia, K Beerschot VA, dengan banderol sebesar 400 ribu (Rp6,7 miliar). Elsner memilih mendatangkannya untuk mempertajam lini serang Le Havre di sisi kiri. Pada laga perdana, ia dipilih untuk mengisi starting line-up melawan Montpellier.

4. Daler Kuzyaev datang dari Zenit St Petersburg

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Daler Kuzyaev (instagram.com/hac_foot)

Daler Kuzyaev tiba di Stade Oceane bersamaan dengan habisnya kontrak bersama Zenit St Petersburg. Pemain asal Rusia ini pun sudah menyetujui kontrak untuk membela Le Havre selama 2 tahun ke depan. Pada laga perdana Ligue 1 Prancis, Kuzyaev sudah diturunkan sejak awal untuk menjadi jenderal lapangan tengah ketika bersua Montpellier.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Ligue 1 sebelum Zakaria

5. Yoann Salmier datang usai kontraknya habis bersama Troyes

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Yoann Salmier (instagram.com/yo_bastos21)

Yoann Salmier termasuk salah satu pemain senior yang didatangkan Le Havre pada musim panas 2023. Ia datang setelah kontraknya bersama Troyes habis dan setuju memperkuat Les Ciel et Marine hingga 2 tahun ke depan. Salmier pun jadi bek tengah andalan dalam formasi 5-3-2, ketika klubnya menghadapi Montpellier di laga perdana Ligue 1 2023/2024.

6. Loic Nego tiba dari klub Hungaria, Fehérvár

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Loïc Nego (instagram.com/loic.nego)

Loic Nego datang ke Stade Oceane dengan status bebas transfer dari klub Hungaria, Fehérvár. Kedatangannya untuk mengisi pos bek kanan Le Havre dan dapat bertukar posisi dengan Oualid El Hajjam. Punya segudang pengalaman, Nego pun dipilih untuk mengisi starting line-up Les Ciel et Marine kala berhadapan dengan Montpellier.

7. Kandet Diawara jadi pilihan baru di pos sayap kiri

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Kandet Diawara (instagram.com/hac_foot)

Kandet Diawara termasuk pemain muda yang didatangkan secara gratis Le Havre pada musim panas 2023. Pemain asal Guinea ini tiba untuk menambah pilihan untuk mengisi pos sayap kiri Les Ciel et Marine pada 2023/2024. Sayangnya, pemain berusia 23 tahun ini masih menjadi pilihan ketiga sebagai pelapis Nabil Alioui dan Issa Soumaré.

8. Cheick Doumbia jadi rekrutan termuda Le Havre

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Cheick Doumbia (instagram.com/hac_foot)

Cheick Doumbia masuk ke skuad Le Havre pada musim panas 2023 untuk meregenerasi skuadnya. Pemain yang masih berusia 19 tahun ini diboyong dari FC Lorient B dengan kontrak sampai 2026. Mengingat usianya yang masih belia, pemain keturunan Mali itu tentunya hanya dipasang sebagai pelapis Christopher Operi.

9. Abdoulaye Touré tiba usai kontraknya dengan Genoa berakhir

9 Pemain Baru Le Havre pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Abdoulaye Touré (instagram.com/hac_foot)

Abdoulaye Touré menjadi pemain kelima yang datang secara cuma-cuma ke Stade Oceane pada musim panas 2023. Kehadiran di skuad Le Havre bersamaan dengan habisnya kontrak bersama Genoa. Mengingat persaingan di pos gelandang bertahan yang cukup ketat, Toure masih dipasang sebagai pemain cadangan pada laga perdana Ligue 1.

Melihat kesembilan pemain baru Le Havre di atas menunjukkan Luka Elsner punya tekad kuat untuk membawa timnya bertahan di Ligue 1. Namun, karena keterbatasan dana, Les Ciel et Marine hanya mendatangkan pemain-pemain dengan harga murah atau pemain bebas transfer. Meski tidak diperkuat pemain mentereng, layak dinanti bagaimana Elsner meramu strategi terbaik dalam meredam tim-tim kuat di kasta tertinggi Liga Prancis.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Digaet AS Roma dari Klub Ligue 1, Siapa Saja?

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya