5 Pemain Baru SV Darmstadt 98 pada Musim Panas 2023

Mendatangkan pemain muda

SV Darmstadt 98 sukses merebut satu tiket emas ke kasta tertinggi setelah bercokol di posisi runner-up Bundesliga 2 Jerman pada 2022/2023. Capaian ini membuat mereka menggapai mimpinya untuk kembali tampil di Bundesliga setelah 6 tahun hanya berkecimpung di kasta kedua.

Sukses kembali berlaga di Bundesliga bukan berarti dapat puas dengan skuadnya musim lalu, ketika hanya bertanding melawan klub divisi kedua. Pada jeda musim panas 2023, Darmstadt harus mempersiapkan skuadnya dengan matang sebelum berhadapan dengan klub-klub raksasa di kasta tertinggi Liga Jerman pada 2023/2024.

Demi memperkuat sejumlah lini, kepala pelatih Torsten Lieberknecht sudah mendatangkan lima pemain baru di skuadnya pada bursa transfer musim panas 2023. Kelima pemain tersebut memiliki peran masing-masing untuk memperdalam barisan depan, tengah, dan belakang Die Lilien.

1. Christoph Klarer jadi pembelian termahal Darmstadt pada musim panas 2023

5 Pemain Baru SV Darmstadt 98 pada Musim Panas 2023Christoph Klarer saat membela Darmstadt. (instagram.com/svdarmstadt1898)

Christoph Klarer bisa dibilang sebagai pembelian termahal SV Darmstadt 98 pada musim panas 2023. Pemain asal Austria itu diboyong dengan banderol sebesar 2 juta euro (Rp33,3 miliar) dari Fortuna Duesseldorf. Fungsi utama Kedatangan Klarer adalah untuk memperkokoh tembok pertahanan Die Lilien setelah kepergian Patric Pfeiffer ke FC Augsburg.

Meski usianya masih muda, Klarer sudah pernah membela 4 klub di 3 negara yang berbeda. Tim itu meliputi, SKN St Poelten, Southampton B, dan tim junior AKA Rapid. Performa pemain satu ini kian jadi sorotan dan membuat harga pasarannya pun melambung mencapai 2,2 juta euro (Rp36,8 miliar).

2. Matej Maglica diboyong untuk memperkokoh pertahanan

5 Pemain Baru SV Darmstadt 98 pada Musim Panas 2023Matej Maglica saat memperkuat Darmstadt. (instagram.com/svdarmstadt1898)

Masih di barisan belakang, ada nama Matej Maglica yang baru bergabung dari VfB Stuttgart. Pemain asal Kroasia itu didatangkan dengan status pinjaman lantaran tidak mendapatkan tempat utama di klub asalnya. Mengingat ketatnya persaingan di lini belakang SV Darmstadt 98, kemungkinan Maglica masih akan dijadikan pelapis bek tengah andalan, Christoph Zimmermann.

Sebelum bergabung dengan Darmstadt, Maglica sudah pernah membela lima tim berbeda. Tim yang dibelanya meliputi VfB Stuttgart, FC St Gallen, 1.Goeppinger SV, TSG Backnang, dan Marsonia U-19. Meski gagal jadi pilihan utama di klubnya, harga pasaran Maglica tetap melonjak hingga mencapai 1 juta euro (Rp16,7 miliar).

Baca Juga: 6 Pemain SV Darmstadt 2022/2023 yang Pernah Bermain di Bundesliga

3. Fabian Nuernberger merapat untuk menambah amunisi di lini tengah

5 Pemain Baru SV Darmstadt 98 pada Musim Panas 2023Fabian Nuernberger (putih) saat masih berseragam FC Nuernberg. (instagram.com/fabi_n99)

Fabian Nuernberger memutuskan berlabuh ke SV Darmstadt 98 setelah tidak memperpanjang kontraknya bersama FC Nuernberg. Pemain berusia 23 tahun itu dipilih untuk menambah pilihan gelandang tengah di skuad Lieberknecht musim depan. Mengingat persaingan di lini tengah yang ketat dan melihat penampilan baik Fabian Schnellhardt dan Tobias Kempe, kemungkinan Nuernberger masih akan ditempatkan untuk mengisi bangku cadangan pada awal 2023/2024.

Nuernberger merupakan pemain jebolan akademi Hamburger SV yang hengkang pada 2015. Namun, ia memutuskan pindah ke tim junior Eintracht Norderstedt dan Niendorf U-19 pada 2015—2018. Bersama FC Nuernberg, ia pun mengalami pasang surut dan akhirnya tidak memperpanjang kontrak di klub lamanya.

4. Andreas Mueller berlabuh dengan status bebas transfer

5 Pemain Baru SV Darmstadt 98 pada Musim Panas 2023Andreas Mueller saat membela Darmstadt. (instagram.com/svdarmstadt1898)

Andreas Mueller memutuskan hengkang dari FC Magdeburg dan berlabuh di SV Darmstadt 08 pada musim panas 2023 dengan status bebas transfer. Ia didatangkan pelatih Lieberknecht untuk memperkuat pertahanan Die Lilien jelang dimulainya Bundesliga Jerman 2023/2024. Namun, Mueller kemungkinan masih ditempatkan sebagai cadangan pada awal musim depan melihat tingginya persaingan di posisi gelandang bertahan.

Mueller tercatat pernah membela empat tim yang berbeda di usianya yang baru menginjak 23 tahun. Ia pernah berseragam FC Magdeburg, FCA Walldorf II, Hoffenheim U-17, dan Waldang Jugend. Namun, ia baru menunjukkan permainan terbaiknya ketika membela FC Magdeburg pada 2020—2023.

5. Fraser Hornby datang untuk mempertajam lini serang SV Darmstadt 08

5 Pemain Baru SV Darmstadt 98 pada Musim Panas 2023Fraser Hornby (tengah) saat menjalani sesi latihan di Darmstadt. (instagram.com/svdarmstadt1898)

Fraser Hornby adalah satu-satunya striker yang didatangkan SV Darmstadt 08 pada musim panas 2023. Pemain asal Skotlandia itu tiba setelah ditebus dengan banderol 1,8 juta euro (Rp30 miliar) dari Stade Reims. Sebelum membela Stade Reims, Hornby dikenal sebagai jebolan akademi Everton, tetapi gagal menembus skuad inti dan harus dipinjamkan ke klub lain.

Ketika dibeli Stade Reims pada 2020, ia pun belum mendapat kesempatan jadi pemain reguler. Alhasil, ia sempat menjalani serangkaian pinjaman ke KV Oostende dan Aberdeen. Fungsi utama kedatangan Hornby untuk menambah pilihan striker, apalagi setelah Aaron Seydel dan Oscar Vilhelmsson dipastikan tidak dapat tampil karena cedera.

Kelima pemain baru Darmstadt di atas datang dengan fungsi masing-masing sesuai kebutuhan tim jelang dimulainya kompetisi Bundesliga 2023/2024. Dari profil pemain baru itu, dapat disimpulkan pihak klub berupaya meregenerasi timnya. Melihat semua yang datang adalah pemain muda dan tidak banyak pemain lama yang hengkang, mayoritas dari kelima pemain baru di atas diproyeksikan hanya jadi pelapis skuad inti Die Lilien.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Manchester City dari Klub Bundesliga, Fenomenal!

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya