5 Pemain Bertahan Terbaik di Eredivisie pada 2023/2024

Dua di antaranya sempat terpuruk

Eredivisie sudah memasuki babak akhir dan hanya menyisakan dua pertemuan ke depan. PSV Eindhoven pun sudah dipastikan menjadi perengkuh gelar juara kasta tertinggi Liga Belanda musim ini. Klub ini mampu menorehkan catatan mengesankan dengan hanya sekali kekalahan.

Di samping catatan top skor yang umumnya dihuni pemain depan, barisan pertahanan juga berperan penting dalam kesuksesan klubnya di Eredivsie. Pada 2023/2024, tercatat sudah ada lima pemain bertahan yang menunjukkan performa terbaiknya dalam mengawal pertahanan timnya.

Berikut kelima pemain bertahan terbaik di Eredivisie sepanjang 2023/2024. Menariknya, semuanya adalah pemain yang masih tergolong muda dan berusia di bawah 30 tahun.

1. Julian Baas jadi gelandang bertahan andalan Excelsior

5 Pemain Bertahan Terbaik di Eredivisie pada 2023/2024Julian Baas saat memperkuat Timnas Belanda. (instagram.com/julian.b_10)

Julian Baas sudah dipromosikan ke tim senior Excelsior Rotterdam sejak 2022/2023 berkat penampilan apiknya pada musim sebelumnya. Ia bahkan langsung dipilih untuk menjadi gelandang bertahan di skuad Roodzwarten. Tak hanya terampil dalam pertahanan, ia pun kerap membantu mengalirkan bola dari belakang ke depan dan sebaliknya.

Pada 2023/2024, pemain berusia 22 tahun ini berhasil menorehkan prestasi terbaiknya bersama Excelsior. Baas didapuk sebagai salah satu pemain bertahan terbaik dengan catatan 49 kali intersep dalam 30 pertandingan. Ia pun cukup dikenal tangguh dan mampu memenangkan 141 duel di lapangan.

2. Mats Wieffer ikut berperan dalam barisan pertahanan Feyenoord Rotterdam

5 Pemain Bertahan Terbaik di Eredivisie pada 2023/2024Mats Wieffer saat memperkuat Feyenoord Rotterdam. (instagram.com/matswieffer)

Mats Wieffer baru bergabung dengan Feyenoord Rotterdam pada musim panas 2022. Pada awalnya, pemain jebolan akademi FC Twente ini belum dipilih untuk mengisi pos gelandang bertahan. Perlahan tapi pasti, ia mampu menunjukkan penampilan terbaiknya dan dipilih jadi pemain inti De club aan de Maas.

Pada musim ini, penampilan Wieffer semakin membaik. Ia bahkan masuk dalam pemain bertahan terbaik di Eredivisie dengan torehan 50 intersep dan 244 kali memenangkan duel dengan penyerang lawan. Tak heran harga pasarannya melonjak drastis dari 15 juta euro (Rp259,4 miliar) menjadi 27 juta euro (Rp467 miliar).

Baca Juga: 6 Bek Tengah Brasil Mewarnai Premier League 2023/2024, Ada Veteran!

3. Damian van Bruggen dikenal bek tangguh di Almere City

5 Pemain Bertahan Terbaik di Eredivisie pada 2023/2024Damian van Bruggen ketika membela Almere City. (instagram.com/damianvb)

Damian van Bruggen sempat meredup dalam beberapa musim. Ia bahkan sempat dibuang oleh Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, dan VVV Venlo sehingga harus merumput di Kroasia dan Slovenia. Ia dapat kembali ke negara asalnya Belanda setelah direkrut oleh tim promosi Almere City dengan status bebas transfer.

Bersama De Zwarte Schapen, van Bruggen mampu bangkit dan menunjukkan kualitasnya yang sebenarnya. Ia pun tercatat sebagai pemain bertahan terbaik dengan catatan 53 intersep dan 116 kali kemenangan duel dengan pemain lawan. Ia pun berkontribusi besar dalam mempertahankan klubnya di Eredivisie.

4. Sam Kersten jadi bek tengah utama di PEC Zwolle

5 Pemain Bertahan Terbaik di Eredivisie pada 2023/2024Sam Kersten saat menyapa pendukung PEC Zwolle. (instagram.com/peczwolle)

Sam Kersten bergabung dengan PEC Zwolle sejak Juli 2019 untuk menambah amunisi lini belakang. Sejak awal hingga kini, ia masih dijadikan bek utama di skuad Blauwvingers. Mulai musim depan, Kersten akhirnya tidak memperpanjang kontraknya dan memilih hengkang ke Heerenveen.

Puncak prestasi Kersten bersama PEC Zwolle ditunjukkan sepanjang musim ini. Ia menjadi sosok pemain bertahan krusial di skuad asuhan Johnny Jansen. Dalam 32 pertandingan, ia mampu menorehkan 56 intersep dan memenangkan 116 duel untuk menghalau pemain depan lawan.

5. Olivier Boscagli berkontribusi besar dalam pertahanan PSV Eindhoven

5 Pemain Bertahan Terbaik di Eredivisie pada 2023/2024Olivier Boscagli saat membela PSV Eindhoven. (instagram.com/boscagli_28)

Olivier Boscagli didapuk sebagai pemain bertahan terbaik di Eredivisie pada 2023/2024. Pemain asal Monako ini mencatatkan 63 kali intersep dan memenangkan 153 duel dengan pemain lawan. Penampilan gemilangnya sepanjang musim ini membuat harga pasarannya melonjak drastis dari 7 juta euro (Rp121,1 miliar) menjadi 27 juta euro (Rp467 miliar) dalam semusim.

Meski tampil brilian musim ini, Boscagli sempat mengalami masa-masa terburuknya pada 2022/2023 karena harus absen lama imbas cedera engkel parah. Beruntung Peter Bosz mempercayainya sejak awal untuk mengisi pos bek tengah. Alhasil, ia berkontribusi besar dalam kesuksesan PSV Eindhoven merengkuh gelar juara Eredivisie 2023/2024.

Kelima pemain bertahan di atas sukses menunjukkan penampilan terbaiknya bersama timnya sepanjang musim ini. Dilihat dari rekam jejaknya, tak semua pemain di atas sukses dalam sekejap mata. Adapun pemain yang sempat meredup dan kini masuk jajaran pemain bertahan terbaik di Eredivisie.

Baca Juga: 3 Pemain AZ Alkmaar Terakhir yang Menjadi Top Skor Eredivisie

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya