5 Pemain Muda yang Bersinar di Turkish Super Lig 2023/2024

Salah satunya sudah direkrut klub EPL

Turkish Super Lig menjadi perhatian dalam beberapa musim terakhir karena mampu menelurkan pemain berkualitas. Pada musim panas lalu, terdapat tiga pemain bintang yang direkrut klub Eropa dari klub liga utama Turki, sebut saja Arda Guler, Yunus Akgun, dan Bertug Yildirim. 

Banyaknya pemain Turki yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir turut berdampak kepada prestasi tim nasional. Pada tahun ini, Turki juga berhasil menembus Euro 2024 usai menduduki peringkat pertama Grup D, mengungguli tim kuat, Kroasia. 

Pada paruh pertama 2023/2024, tercatat ada lima pemain muda yang menunjukkan kemampuan terbaiknya di Turkish Super Lig. Berkat penampilan apiknya, beberapa di antaranya diincar klub raksasa Eropa. 

1. Yasin Oezcan jadi bek tengah andalan Kasimpasa pada usia remaja

5 Pemain Muda yang Bersinar di Turkish Super Lig 2023/2024Yasin Özcan saat membela Kasımpaşa. (instagram.com/yasinn.ozcann)

Yasin Oezcan merupakan wonderkid Turkish Super Lig yang tengah jadi sorotan dalam 2 musim terakhir. Ia pertama kali dipromosikan ke tim senior Kasimpasa pada 2022/2023. Pada musim lalu, pemain asal Turki ini hanya dijadikan bek tengah cadangan dan belum ditempatkan dalam tim inti. 

Pada paruh pertama 2023/2024, Oezcan sudah dipercaya untuk mengisi bek tengah utama di skuad asuhan Sami Ugurlu. pada usia 17 tahun, ia selalu diturunkan untuk mengawal pertahanan Kasimpasa. Dengan postur tubuh yang tinggi, ia punya keunggulan untuk berduel udara dan mengadang striker lawan. 

2. Yunus Emre Konak jadi gelandang bertahan andalan pada usia muda

5 Pemain Muda yang Bersinar di Turkish Super Lig 2023/2024Yunus Emre Konak saat membela Sivasspor. (instagram.com/konkyns15)

Yunus Emre Konak masuk salah satu remaja di Turkish Super Lig yang patut diperhitungkan. Pemain berusia 18 tahun ini baru dipromosikan ke tim senior Sivasspor pada musim panas 2023. Ia diangkat sesuai kebutuhan klub untuk menambah pemain di pos gelandang bertahan. 

Sepanjang paruh pertama musim ini, Emre Konak berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ia bahkan tak pernah absen dalam membela Sivasspor di Turkish Super Lig. Pada bursa transfer musim dingin, Brentford mendatangkannya dengan banderol sebesar 4,5 juta euro (Rp76 miliar).

Baca Juga: 4 Pemain Galatasaray Terakhir yang Jadi Top Skor Super Lig Turki

3. Mehmet Aydin bersinar usai dipinjamkan kepada Trabzonspor

5 Pemain Muda yang Bersinar di Turkish Super Lig 2023/2024Mehmet Aydin saat memperkuat Trabzonspor. (instagram.com/trabzonspor)

Mehmet Aydin adalah pemain pinjaman di skuad Trabzonspor yang didatangkan dari FC Schalke 04 pada musim panas 2023. Ia memilih dipinjamkan karena tidak mendapat tempat di skuad utama Die Knappen. Ditambah, klub asalnya terdegradasi ke Bundesliga 2 pada musim lalu. 

Pada awal laga 2023/2024, Aydin belum dipercaya Abdullah Avcı untuk mengisi pos bek kanan Trabzonspor. Pada laga ketiga, ia baru diturunkan sebagai cadangan, tetapi mampu tampil impresif. Sejak itu, pemain asal Jerman keturunan Turki ini mulai dipercaya mengisi skuad utama Karadeniz Firtinasi dan berpotensi dipermanenkan musim depan. 

4. Baris Alper Yilmaz kerap diturunkan untuk membantu lini serang Galatasaray

5 Pemain Muda yang Bersinar di Turkish Super Lig 2023/2024Barış Alper Yılmaz saat membela Galatasaray. (instagram.com/barisalperyilmaz)

Baris Alper Yilmaz bergabung dengan Galatasaray dari klub kasta kedua Turki, Kecioerenguecue sejak musim panas 2021. Kedatangannya berfungsi menambah amunisi lini serang usai kepergian sejumlah pemain depan. Ia dilirik karena mampu tampil memukau pada musim sebelumnya.

Pemain berusia 23 tahun ini kerap diturunkan sebagai sayap kanan utama skuad asuhan Okan Buruk pada paruh pertama 2023/2024. Ia turut berkontribusi dalam penampilan memukau klub asal Istanbul tersebut. Sayangnya, ia belum mencetak satu gol maupun assist bagi timnya.

5. Semih Kilicsoy jadi striker muda yang masuk radar klub besar Eropa

5 Pemain Muda yang Bersinar di Turkish Super Lig 2023/2024Semih Kılıçsoy saat berlatih bersama Besiktas. (instagram.com/semihkilicsoy9)

Semih Kilicsoy baru dipromosikan ke tim senior Besiktas sejak Mei 2023. Sejak musim lalu, pemain berusia 18 tahun ini sempat dimasukkan ke skuad senior dan sempat diturunkan ke dalam beberapa laga. Namun, pemain berkebangsaan Turki ini mayoritas masih membela Besiktas U-19.

Pada musim ini, Kilicsoy memang belum dimasukkan sebagai striker inti Besiktas di bawah mentor Fernando Santos. Pada awal musim, striker muda ini belum diturunkan karena sempat menderita cedera tumit. Namun, dalam lima laga terakhir, ia sudah dipercaya mengisi pos striker utama. Ia bahkan diincar beberapa klub besar Eropa, seperti Real Madrid, Sevilla, dan Aston Villa. 

Kelima pemain Turkish Super Lig di atas berhasil menunjukkan kemampuannya pada usia yang sangat muda. Bahkan, beberapa di antaranya sudah dipercaya mengisi skuad senior pada usia remaja dan baru saja dipromosikan di tim senior. Tak heran beberapa di antaraya jadi incaran klub besar Eropa. 

Baca Juga: 3 Bek Tengah Italia Berkarier di Super Lig  2023/2024, Bonucci Terbaru

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya