6 Pemain Pinjaman yang Bersinar di Eerste Divisie Belanda 2023/2024

Didominasi pemain penyerang

Eerste Divisie Belanda 2023/2024 selesai digelar dan akhirnya dimenangkan oleh Willem II Tilburg. Tim itu berjuluk Tricolores Superkruiken itu akhirnya kembali ke kasta tertinggi setelah 2 musim terjerembab di divisi kedua usai terdegradasi pada 2021/2022. 

Menariknya, sejumlah tim di Eerste Divisie mengandalkan pemain berstatus pinjaman dari tim besar untuk mengisi skuadnya. Langkah ini diambil di tengah keterbatasan finansial klub dan kebutuhan pemain akan jam terbang yang tidak didapat ketika membela klub asalnya. 

Pada musim ini, sudah ada enam pemain pinjaman yang bersinar selama merumput di kasta kedua Liga Belanda. Menariknya, mayoritas pemain yang dipinjamkan masih berusia di bawah 25 tahun dan belum punya segudang pengalaman.

1. Luca Plogmann dipilih sebagai kiper andalan FC Dordrecht

6 Pemain Pinjaman yang Bersinar di Eerste Divisie Belanda 2023/2024Luca Plogmann ketika memperkuat FC Dordrecht. (instagram.com/lucaplogmann)

Luca Plogmann memilih bergabung dengan FC Dordrecht karena hanya menjadi pelapis di klub asalnya, Go Ahead Eagles. Pemain asal Jerman ini bahkan sempat tidak memiliki klub karena kontraknya tidak diperpanjang di Werder Bremen. Meski dirundung masa lalu yang kelam, ia kini berhasil bersinar bersama Schapenkoppen dan sudah mencatatkan 12 clean sheet sepanjang 2023/2024.

2. Luuk Wouters diandalkan mengisi barisan belakang FC Eindhoven

6 Pemain Pinjaman yang Bersinar di Eerste Divisie Belanda 2023/2024Luuk Wouters saat memperkuat FC Eindhoven. (instagram.com/luukwouters4)

Luuk Wouters memilih bergabung dengan FC Eindhoven karena tidak masuk di tim inti RKC Waalwijk. Bersama Blauw-witten, pemain berkebangsaan Belanda itu selalu dipilih untuk mengisi pos bek kiri. Meski tidak berhasil membawa timnya duduk di papan atas, setidaknya Wouters mampu menunjukkan kemampuannya yang sebenarnya. Ia pun berpotensi masuk tim inti di klub asalnya. 

3. Walid Ould-Chikh bersinar bersama Roda JC

6 Pemain Pinjaman yang Bersinar di Eerste Divisie Belanda 2023/2024Walid Ould-Chikh ketika membela Roda JC. (instagram.com/walidouldchikh)

Walid Ould-Chikh dipinjamkan FC Volendam ke Roda JC karena minimnya jam terbang. Bersama De Koempels, pemain asal Belanda keturunan Maroko ini sudah masuk dalam starting line-up untuk mengisi pos gelandang serang. Ia mampu membuktikan ketajamannya dengan membukukan 12 gol dan 8 assist sepanjang 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di Serie B Italia 2023/2024

4. Vaclav Sejk menjadi pilihan utama di barisan depan Roda JC

6 Pemain Pinjaman yang Bersinar di Eerste Divisie Belanda 2023/2024Václav Sejk ketika membela Roda JC. (instagram.com/instarodajc)

Selain Ould-Chick, Roda JC juga meminjam Vaclav Sejk dari Sparta Praha sejak Januari 2024 untuk menambah daya gedor. Striker berkebangsaan Republik Ceko tersebut menanggapi positif kesempatan itu untuk menambah pengalamannya. Selama membela De Koempels pada paruh kedua 2023/2024, ia sudah mencetak 8 gol. Pengalaman ini tentu akan memperbaiki reputasinya sebagai seorang striker. 

5. Jeredy Hilterman jadi pencetak gol terbanyak di Willem II Tilburg

6 Pemain Pinjaman yang Bersinar di Eerste Divisie Belanda 2023/2024Jeredy Hilterman ketika membela Willem II. (instagram.com/willemii)

Jeredy Hilterman menerima tawaran bermain dari Willem II pada musim panas 2023 karena melihat minimnya potensi masuk tim inti Almere City. Tak disangka, ia berhasil menunjukkan ketajamannya selama berlaga di Eerste Divisie 2023/2024. Dalam 35 laga, pemain asal Belanda keturunan Suriname ini sudah mencetak 16 gol dan 8 assist. Ia pun berhasil mengantarkan Willem II promosi ke Eredivisie.

6. Henk Veerman jadi pemuncak daftar top skor Eerste Divisie 2023/2024

6 Pemain Pinjaman yang Bersinar di Eerste Divisie Belanda 2023/2024Henk Veerman saat memasuki lapangan. (instagram.com/henk_veerman)

Henk Veerman dipinjam ADO Den Haag dari FC Volendam untuk menjadi ujung tombak utama. Tak disangka, eks pemain FC St. Pauli dan Heerenveen ini terpantau sangat tajam sepanjang musim ini. Pemain senior berusia 33 tahun ini jadi pemuncak top skor Eerste Divisi dengan raihan 23 gol dan 4 assist dalam 38 laga. Ia masih berkesempatan membawa timnya promosi ke Eredivisie lewat playoff.

Keenam pemain yang bersinar selama klub Eerste Divisie memang didominasi pemain muda. Meski begitu, Henk Veerman berhasil menunjukkan performa terbaiknya sebagai striker ADO Den Haag di usia yang tidak muda lagi. Ia pun berpotensi dipermanenkan tim barunya pada musim panas ini.

Baca Juga: 4 Fakta Willem II Tilburg yang Juarai Eerste Divisie 2024/2025

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya