7 Pemain Pinjaman yang Tampil Gemilang di Ligue 2 Prancis 2023/2024

Mayoritas pemain muda di bawah 25 tahun

Ligue 2 Prancis 2023/2024 resmi berakhir dengan kemenangan AJ Auxerre. Tim itu akhirnya kembali ke kasta tertinggi Liga Prancis setelah terdegradasi pada musim lalu. Sementara itu, Angers mengikuti langkah Auxerre promosi ke divisi utama usai memastikan diri sebagai runner-up.

Permasalahan klasik klub divisi kedua adalah masalah finansial yang membuat mereka harus mencari cara lain untuk mendatangkan pemain bintang. Tak heran mereka menggunakan opsi peminjaman untuk menambah amunisinya tanpa menggerus keuangannya.

Pada musim ini, sudah ada tujuh pemain pinjaman di Ligue 2 yang mampu tampil mengesankan dan sukses menunjukkan ketangkasannya. Siapa saja pemainnya dan bagaimana penampilannya? Berikut tujuh pemain pinjaman yang bersinar di Ligue 2 sepanjang 2023/2024. 

1. Ewen Jaouen diandalkan sebagai kiper utama Rodez AF jelang akhir musim

7 Pemain Pinjaman yang Tampil Gemilang di Ligue 2 Prancis 2023/2024Ewen Jaouen ketika membela Rodez. (instagram.com/ewen_jaouen)

Ewen Jaouen baru bergabung di skuad Rodez AF pada April 2024. Kiper berusia 18 tahun itu memilih dipinjamkan karena tidak mendapat tempat utama di klub asalnya, Stade Reims. Ia pun dipercaya menggantikan kiper utama, Lionel Mpasi-Nzau, yang terdampak cedera. Dalam 6 pertandingan Ligue 2, Jaouen berhasil mencatatkan 3 clean sheet dan baru kebobolan 5 gol.

2. Dembo Sylla diandalkan mengisi barisan belakang Rodez AF

7 Pemain Pinjaman yang Tampil Gemilang di Ligue 2 Prancis 2023/2024Dembo Sylla ketika berlatih bersama Rodez. (instagram.com/rodezaveyronfootball)

Dembo Sylla dipinjam Rodez AF dari FC Lorient sejak Februari 2024 untuk menambah amunisi di lini belakang. Sejak itu, ia selalu dipilih untuk mengisi bek kanan Le RAF sepanjang paruh kedua 2023/2024. Bersama Rodez, ia berhasil mengembalikan kepercayaan dirinya dan mampu memberikan assist akurat. Semusim terakhir, Sylla sukses mencatatkan 4 assist dari 15 laga.

3. Louis Mouton jadi andalan pengisi lini tengah Pau FC

7 Pemain Pinjaman yang Tampil Gemilang di Ligue 2 Prancis 2023/2024Louis Mouton saat bergabung dengan Pau FC. (instagram.com/louis.6)

Louis Mouton memilih bergabung dengan Pau FC lantaran tidak mendapat tempat utama di AS Saint-Étienne. Awalnya hanya sebagai pemain buangan, Mouton berhasil membuktikan kualitasnya dan kerap dipilih mengisi pos gelandang bertahan Pau. Tak hanya membantu pertahanan, pemain berkebangsaan Prancis ini kerap membantu serangan. Pada musim ini ia sudah menyumbangkan 3 assist di Ligue 2 dan 2 gol di Coupe de France.

Baca Juga: 6 Pemain Pinjaman yang Bersinar di Eerste Divisie Belanda 2023/2024

4. Nathanael Mbuku masuk jajaran penyerang andalan Saint-Étienne

7 Pemain Pinjaman yang Tampil Gemilang di Ligue 2 Prancis 2023/2024Nathanael Mbuku ketika membela AS Saint-Étienne. (instagram.com/n.mbuku)

Nathanael Mbuku dipinjam AS Saint-Etienne dari FC Augsburg sejak musim dingin 2024. Keputusan ini didorong keinginannya untuk mendapat tambahan jam terbang dan pengalaman baru. Bersama Les Verts, ia sudah dipilih untuk mengisi pos sayap kanan dan berhasil membukukan 3 gol dan 1 assist dari 18 laga Ligue 2.

5. Pablo Pagis dipercaya mengisi lini serang Stade Lavallois

7 Pemain Pinjaman yang Tampil Gemilang di Ligue 2 Prancis 2023/2024Pablo Pagis ketika membela Stade Lavallois. (instagram.com/ligue2bkt)

Pablo Pagis memilih bergabung ke dalam skuad Stade Lavallois karena belum masuk di tim inti FC Lorient. Keputusan itu tepat, striker asal Prancis ini mampu menunjukkan keahliannya ketika membela tim divisi kedua tersebut. Sepanjang paruh kedua 2023/2024, Pagis sudah membukukan 4 gol dan 1 assist untuk Les Tango.

6. Irvin Cardona jadi ujung tombak andalan Saint-Étienne

7 Pemain Pinjaman yang Tampil Gemilang di Ligue 2 Prancis 2023/2024Irvin Cardona saat membela AS Saint-Étienne. (instagram.com/irvin.cardona)

Irvin Cardona awalnya hanyalah pemain buangan dari FC Augsburg. Pada bursa transfer musim dingin, striker asal Prancis ini memilih berlabuh ke AS Saint-Etienne yang butuh menambah amunisi lini serang. Keputusannya tepat, ia langsung dipilih jadi ujung tombak utama Les Verts sejak paruh kedua 2023/2024. Dalam 19 pertandingan, Cardona sukses mencatatkan 8 gol dan 3 assist.

7. Andreas Hountondji dipercaya jadi striker Rodez AF

7 Pemain Pinjaman yang Tampil Gemilang di Ligue 2 Prancis 2023/2024Andreas Hountondji saat menjalani sesi latihan di Rodez AF. (instagram.com/rodezaveyronfootball)

Andreas Hountondji didatangkan Rodez AF pada musim panas 2023 dari SM Caen. Pemain berkebangsaan Benin tersebut sudah dipilih sebagai ujung tombak utama Le RAF sejak awal musim. Sepanjang musim ini, ia sudah menunjukkan ketajamannya dan membukukan 14 gol dalam 34 pertandingan. Sayangnya, ia belum mampu membawa timnya promosi ke Ligue 1 usai kalah dari Saint-Etienne di babak playoff promosi.

Ketujuh pemain di atas membuktikan kemampuannya ketika membela tim di kasta kedua Liga Prancis. Meski awalnya diragukan, mereka mampu membangkitkan kepercayaan dirinya dan berpotensi diturunkan oleh klub asalnya. Tak sedikit pula yang berpotensi dilirik sejumlah klub besar Prancis dan Eropa.

Baca Juga: 5 Klub Ligue 2 2023/2024 yang Paling Berpeluang Promosi per Maret 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya