6 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di Serie B Italia 2023/2024

Semuanya membela tim papan atas dan tengah Serie B

Opsi peminjaman menjadi pilihan tepat bagi klub yang berkompetisi kasta kedua. Tak hanya memiliki keterbatasan finansial, klub divisi kedua umumnya cukup kesulitan mendapat pemain berkualitas. Pasalnya, para pemain berkelas bintang umumnya enggan berlabuh ke klub kecil.

Dengan alasan itu, klub divisi kedua kerap memburu pemain muda potensial atau pemain senior yang belum mendapatkan tempat di tim utama. Pilihan ini akan memberikan keuntungan bagi pihak klub ataupun pemain yang juga membutuhkan tambahan jam terbang.

Pada 2023/2024, tercatat sudah ada enam pemain pinjaman yang mampu membuktikan kualitasnya selama bertanding di Serie B Italia. Berikut keenam pemain pinjaman yang tampil optimal selama berkompetisi di kasta kedua Liga Italia

1. Marco Curto berhasil bawa Como promosi ke Serie A

6 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di Serie B Italia 2023/2024Marco Curto saat membela Como. (instagram.com/comofootball)

Marco Curto sebelumnya hanyalah pemain buangan yang gagal masuk tim inti Sudtirol. Namun, siapa sangka pemain asal Italia berusia 25 tahun ini berhasil menemukan kepercayaan dirinya sebagai pemain saat membela Como. Ia pun sudah dipercaya untuk mengisi bek tengah dan berkontribusi pada penampilan I Lariani dan membawa timnya promosi ke Serie A Italia. Pihak klub berpotensi mempermanenkannya pada musim panas ini.

2. Valentin Antov tidak pernah absen membela US Cremonese

6 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di Serie B Italia 2023/2024Valentin Antov saat memperkuat US Cremonese. (instagram.com/valentinantov)

Valentin Antov merupakan pemain belakang US Cremonese yang dipinjam dari AC Monza. Pemain asal Bulgaria ini memilih untuk dipinjamkan karena tidak lagi masuk di tim inti I Biancorossi pada musim sebelumnya. Keputusan itu tepat karena Antov tidak pernah absen membela tim barunya di Serie B Italia. Ia berkontribusi membawa timnya bertengger di papan atas.

3. Gennaro Borrelli tunjukkan ketajamannya bersama Brescia Calcio

6 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di Serie B Italia 2023/2024Gennaro Borrelli saat berlatih bersama Brescia Calcio. (instagram.com/gennaroborrelli_)

Gennaro Borrelli sebenarnya adalah pemain Frosinone, tapi ia sedang menjalani masa peminjaman di Brescia Calcio. Keputusan itu didorong kurangnya jam terbang dan keinginannya untuk mengasah kemampuan selama tampil di Serie B. Terbukti, Borrelli dipercaya pelatih Rolando Maran sebagai striker utama dan sudah mengemas 9 gol sepanjang 2023/2024.

Baca Juga: Profil Kurniawan Dwi Yulianto, Asisten Pelatih Como 1907

4. Sebastiano Esposito mampu bangkit bersama Sampdoria

6 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di Serie B Italia 2023/2024Sebastiano Esposito saat memperkuat Sampdoria. (instagram.com/espositosebastiano)

Sebastiano Esposito sempat menjadi sorotan setelah tampil apik bersama tim junior Inter MIlan pada 2019. Sayangnya, ia gagal masuk tim inti dan harus menjalani serangkaian peminjaman ke berbagai klub, seperti SPAL, Venezia, FC Basel, RSC Anderlecht, Bari, hingga terakhir Sampdoria. Bersama I Blucerchiati, ia mampu membuktikan kualitasnya kembali dengan mencatatkan 6 gol dan 6 assist di Serie B. Ia pun berpotensi dipermanenkan oleh Sampdoria.

5. Massimo Coda jadi striker andalan US Cremonese

6 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di Serie B Italia 2023/2024Massimo Coda saat memperkuat Genoa. (instagram.com/massimo_coda9official)

Meski sudah tidak muda lagi, Massimo Coda mampu membuktikan dirinya masih pantas untuk dipilih sebagai striker utama. Pemain asal klub Genoa yang menjalani masa pinjaman di US Cremonese ini mencatatkan diri sebagai top skor Serie B musim ini. Ia sudah membukukan 16 gol dan 2 assist selama memperkuat I Grigiorossi. Dengan performa impresifnya, ia berpotensi dipermanenkan tim barunya.

6. Gennaro Tutino masuk daftar top skor Serie B Italia 2023/2024

6 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di Serie B Italia 2023/2024Gennaro Tutino saat memperkuat Cosenza Calcio. (instagram.com/gennarotutino)

Gennaro Tutino merupakan pemain jebolan akademi Napoli yang gagal masuk tim utama sejak 2019. Situasi ini membuatnya terpaksa menjalan masa peminjaman ke berbagai klub hingga akhirnya dibeli Parma pada 2022. Setelah terombang-ambing di tengah ketidakjelasan, pemain berusia 27 tahun itu akhirnya mampu membuktikan dirinya bersama Cosenza Calcio pada 2023/2024. Ia berhasil masuk daftar top skor Serie B Italia dengan persembahan 20 gol dan 3 assist

Setelah gagal bersama klub lamanya, keenam pemain pinjaman di atas berhasil menemukan performa terbaiknya ketika merumput di klub Serie B Italia. Meski awalnya hanya dipandang sebagai pemain buangan, mereka sukses membuktikan kualitasnya yang sebenarnya. Dengan performa ini, mereka punya potensi besar dipermanenkan klub barunya.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Terbanyak Serie B Italia 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya