5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024

Bawa negaranya melaju ke Euro 2024

Rumania memastikan diri melangkah ke Euro 2024 dengan sangat meyakinkan setelah memuncaki Grup I, mengungguli Swiss dan Israel. Bahkan, tim asal Eropa Timur ini tampil perkasa lantaran tak pernah terkalahkan dalam laga Kualifikasi Euro 2024.

Berdasarkan hasil undian Euro 2024 pekan lalu, Rumania tergabung dalam Grup E bersama tim kuat Belgia dan Slovakia. Namun, masih ada satu tim yang belum dimasukkan karena harus menunggu laga play-off yang baru berlangsung pada Maret 2024. 

Performa apik tim berjuluk Tricolorii ini tak bisa dilepaskan dari pemain andalannya yang memasuki generasi emas. Berikut enam pemain paling berpengaruh dalam Timnas Rumania. Menariknya, mayoritas tidak bermain di liga top Eropa.

1. Horațiu Moldovan dipercaya sebagai kiper utama Rumania

5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024Horatiu Moldovan saat membela Timnas Rumania. (instagram.com/horatiu_moldovan)

Horațiu Moldovan awalnya hanya berperan sebagai kiper pengganti Ionut Radu di Timnas Rumania. Lewat kesempatan itu, ia mampu menunjukkan penampilan terbaiknya dan mengantarkan Tricolorii melangkah ke Euro 2024. Ia bahkan sudah menyumbangkan 5 clean sheet dari 8 laga Kualifikasi Euro 2024. 

Sebelum membela Timnas Rumania, Moldovan bukanlah pemain yang dikenal luas. Ia bahkan hanya membela tim papan tengah Liga Rumania, FC Rapid Bucharest. Selain tampil gemilang di tim nasional, ia pun menunjukkan performa apik di klubnya dan membawa timnya ke papan atas kasta tertinggi Liga Rumania pada 2023/2024.

2. Radu Dragușin ditetapkan sebagai bek tengah utama Rumania

5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024Radu Dragusin (kuning) saat membela Timnas Rumania. (instagram.com/radudragusin5)

Radu Dragușin merupakan pemain andalan Timnas Rumania di lini belakang. Ia pun begitu pas diduetkan bersama Andrei Burcă sebagai bek tengah Tricolorii selama laga Kualifikasi Euro 2024. Tak heran, pemain berusia 21 tahun ini tidak pernah absen sekalipun ketika membela negaranya. 

Melihat penampilan apiknya bersama AS Metropolitan, Dragusin sudah direkrut Juventus ketika masih berusia 17 tahun. Pada 2021, ia sudah dimasukkan ke dalam tim senior La Vecchia Signora, tetapi gagal masuk tim inti. Alhasil, ia sempat dipinjamkan kepada Salernitana dan Genoa. Pada 2023, ia akhirnya dipermanenkan Genoa.

3. Razvan Marin dipercaya mengisi lini tengah Tricolorii

5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024Razvan Marin ketika memperkuat Timnas Rumania. (instagram.com/razvanmarin)

Răzvan Marin dipercaya mengisi pos gelandang tengah di Timnas Rumania. Ia berperan besar dalam mengatur aliran bola dari belakang ke depan dan sebaliknya. Selama melakoni laga Kualifikasi Euro 2024, ia hanya dua kali absen karena mengalami cedera otot. 

Marin mengawali kariernya sebagai pemain sepak bola di FC Viitorul pada 2013. Pada 2017, ia menerima tawaran bermain dari klub Belgia Standard Liege. Kemudian, pada 2019, ia direkrut Ajax Amsterdam, tetapi gagal menembus tim inti dan memaksanya menjalani peminjaman ke Cagliari. Pada 2021, ia dipermanenkan Cagliari dan kini dipinjamkan ke Empoli.  

Baca Juga: 5 Pemain Paling Diandalkan Portugal di Kualifikasi Euro 2024

4. Nicolae Stanciu dipilih sebagai kapten Timnas Rumania

5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024Nicolae Stanciu saat memperkuat Timnas Rumania. (instagram.com/nicolaestanciu_7)

Nicolae Stanciu dipercaya sebagai kapten di Timnas Rumania di bawah asuhan Edward Iordanescu. Peran itu yang membuatnya begitu krusial bagi Tricolorii selama melakoni laga Kualifikasi Euro 2024. Ia pun tak pernah absen sekali pun dan selalu dipercaya mengisi starting line-up tim nasional.

Stanciu mengawali karier profesionalnya bersama FC Vaslui pada 2011. Melihat penampilan briliannya, ia pun ditarik Steaua Bucharest pada 2013. Berselang 3 tahun, ia direkrut Anderlecht dan kemudian bergabung ke Sparta Praha. Sejak 2019, ia melanjutkan kariernya di Asia untuk membela beberapa tim, seperti Al-Ahli, Wuhan Three Towns, dan Damac FC. 

5. Florinel Coman jadi andalan di sayap kiri

5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024Florian Coman (kuning) saat membela Timnas Rumania. (instagram.com/7coman_)

Florinel Coman dipilih mengisi pos sayap kiri Timnas Rumania mulai pertandingan ketiga Kualifikasi Euro 2024. Sejak itu, ia selalu diturunkan untuk membantu serangan Tricolorii. Pemain berusia 25 tahun ini sudah menyumbang sebuah gol ketika Rumania bersua Andorra. 

Menariknya, Coman belum pernah berkarier di luar Rumania. Ia mengawali kariernya bersama Academia Hagi pada 2011 dan ditarik untuk membela FC Viitorul pada 2016. Setahun berikutnya, ia mampu menarik FCSB untuk mendatangkannya berkat penampilan apiknya. 

6. Denis Alibec didapuk sebagai striker utama Timnas Rumania

5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024Denis Alibec (kuning) saat membela Timnas Rumania. (instagram.com/alibecdenis)

Denis Alibec merupakan striker andalan Timnas Rumania selama laga Kualifikasi Euro 2024. Meski tak selalu diturunkan sebagai starter, Alibec hanya dicadangkan pada satu pertandingan saat melawan Israel. Sepanjang turnamen, ia sudah membukukan tiga gol untuk Tricolorii.

Pemain berusia 32 tahun ini mengawali kariernya profesionalnya bersama KV Mechelen ketika menjadi pemain pinjaman dari Inter Milan. Sepanjang 2012—2022, Alibec sudah merumput di berbagai klub di Eropa. Pada 2023, ia resmi memulai lembaran baru bersama klub Qatar, Muaither SC. 

Keenam pemain Rumania di atas berhasil tampil memukau bersama tim nasional hingga mengantarkannya ke Euro 2024 sebagai juara grup. Ini membuktikan bahwa Rumania punya talenta sepak bola yang tidak bisa dianggap remeh. Pastinya patut disaksikan penampilan Rumania di Euro 2024 nanti. 

Baca Juga: Ini 5 Negara yang Bisa Jadi Kuda Hitam di Euro 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya