5 Pemain Skandinavia yang Tampil Impresif di Eredivisie 2023/2024

Mayoritas pemain muda

Dalam beberapa tahun terakhir, muncul talenta sepak bola asal Skandinavia yang mencuat ke permukaan. Bahkan, mereka kini layak memegang titel bintang sepak bola lantaran jadi andalan timnya. Pemain-pemain itu terdiri dari Erling Haaland, Rasmus Hojlund, Alexander Isak, dan lainnya.

Dalam sejarahnya, klub Belanda kerap mendatangkan talenta muda asal Skandinavia untuk mengisi skuad karena memiliki karakter dan strategi yang hampir sama. Tak heran banyak bintang sepak bola yang berasal dari negara-negara Nordic mengawali kariernya di Eredivisie.

Tercatat, ada lima pemain Skandinavia yang menunjukkan performa brilian sepanjang paruh pertama Eredivisie 2023/2024. Menariknya, mayoritas dari mereka adalah pemain muda yang baru berusia awal 20 tahunan.

1. Anton Gaaei dipilih sebagai bek kanan utama Ajax Amsterdam

5 Pemain Skandinavia yang Tampil Impresif di Eredivisie 2023/2024Anton Gaaei saat berlatih bersama Ajax Amsterdam. (instagram.com/afcajax)

Anton Gaaei termasuk salah satu pemain baru Ajax Amsterdam pada 2023/2024. Ia didatangkan dari Viborg FF setelah tampil memukau pada musim sebelumnya. Ia pun diandalkan untuk menambah amunisi di posisi bek kanan usai ditinggalkan Jorge Sanchez yang merapat ke FC Porto.

Pemain muda asal Denmark ini hanya diturunkan sebagai pemain pelapis dalam beberapa laga awal Eredivisie. Ia bahkan sempat beberapa kali melakukan blunder yang berujung kepada petaka. Sedikit demi sedikit, Gaaei akhirnya dapat beradaptasi dan kerap masuk starting line-up Ajax. Sayangnya, belakangan ini, ia terdampak cedera dan harus absen dalam satu laga.

2. Joshua Kitolano berperan sebagai gelandang tengah Sparta Rotterdam

5 Pemain Skandinavia yang Tampil Impresif di Eredivisie 2023/2024Joshua Kitolano saat menyapa pendukung Sparta Rotterdam. (instagram.com/joshuakitolano)

Joshua Kitolano bergabung dengan Sparta Rotterdam pada musim panas 2022. Ia didatangkan sebagai opsi pembelian murah dari klub lokal Norwegia, Odd, dengan banderol 610 ribu euro (Rp10,3 miliar). Namun, pembelian murah itu ternyata manjur dan berujung manis bagi tim asal Rotterdam ini. 

Pada 2023/2024, Kitolano sudah ditetapkan sebagai gelandang tengah andalan De Kasteelheren. Di balik postur tubuhnya yang kecil, ia dikenal memiliki kecepatan sehingga dapat membantu dalam build-up serangan dengan cepat. Karena kerap membantu serangan, ia bahkan sudah mencetak empat gol untuk timnya.

Baca Juga: 4 Eks Top Skor Eredivisie yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024

3. Kristian Hlynsson masuk di lini tengah inti Ajax Amsterdam

5 Pemain Skandinavia yang Tampil Impresif di Eredivisie 2023/2024Kristian Hlynsson ketika menjalani sesi latihan bersama Ajax Amsterdam. (instagram.com/afcajax)

Kristian Hlynsson adalah pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam yang baru dipromosikan ke tim senior musim ini. Ia dipilih untuk menambah pilihan amunisi di lini tengah De Godenzonen usai kepergian beberapa pemain. Ia sebelumnya diandalkan mengisi skuad junior Ajax. 

Pada 2023/2024, pemain asal Islandia ini sudah masuk dalam tim inti Ajax di bawah asuhan John van 't Schip. Sebagai gelandang serang, Hlynsson punya kecepatan dalam membantu serangan dan memberikan umpan kepada striker. Sejauh ini, ia sudah mencetak 4 gol dalam 12 laga Eredivisie.

4. Willum Thór Willumsson dipilih sebagai gelandang serang Go Ahead Eagles

5 Pemain Skandinavia yang Tampil Impresif di Eredivisie 2023/2024Willum Þór Willumson saat membela Timnas Islandia. (instagram.com/willumw)

Willum Thór Willumsson bergabung dalam skuad Go Ahead Eagles pada musim panas 2022. Ia diboyong dari klub Belarus, BATE Borisov sebagai opsi untuk menambah amunisi lini serang dengan harga ekonomis. Meskipun demikian, ia berhasil menjadi pemain penting di klub asal Deventer itu.

Musim ini, Thór Willumsson belum pernah absen membela Go Ahead Eagles di Eredivisie. Postur tubuhnya yang tinggi juga membantu tim dalam mengeksekusi bola-bola atas. Sejauh ini, pemain berposisi gelandang serang ini sudah mencetak 5 gol dan 1 assist.

5. Osame Sahraoui dipercaya menjadi penyerang Heerenveen

5 Pemain Skandinavia yang Tampil Impresif di Eredivisie 2023/2024Osame Sahraoui saat menyapa pendukung SC Heerenveen. (instagram.com/scheerenveenofficial)

Osame Sahraoui didatangkan Heereveen dari klub Norwegia, Valerenga, pada musim dingin 2023. Ia dipilih sebagai alternatif pengganti Amin Sarr yang memilih hengkang ke Olympique Lyon. Ia sudah menunjukkan kemampuannya sejak membela klub asal Friesland ini pada paruh kedua 2022/2023. 

Tak heran, pada 2023/2024, pemain asal Norwegia keturunan Maroko ini langsung ditunjuk untuk mengisi starting line-up di posisi sayap kiri. Sahraoui punya keunggulan dalam kecepatan karena postur tubuhnya yang kecil dan cocok ditempatkan di pos sayap. Dalam 15 pertandingan terakhir, ia sudah mencetak 4 gol dan 1 assist

Eredivisie selama ini menjadi tujuan utama pemain asal Skandinavia untuk berkarier di level yang lebih tinggi ketimbang liga lokal di negaranya. Kelima pemain di atas menunjukkan bahwa mereka mampu beradaptasi dengan cepat pada strategi yang diterapkan tim-tim Belanda. Kini, mereka harus mempertahankan penampilan apiknya pada paruh kedua 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Gratis yang Tampil Optimal di Eredivisie 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya