6 Pemain Skotlandia yang Merumput di Luar Inggris pada 2023/2024

Dua di antaranya merumput di Serie A Italia

Dalam beberapa tahun terakhir, Skotlandia kembali memasuki era keemasan yang ditandai dengan munculnya pemain-pemain bintang. Hasilnya, The Tartan Army berhasil lolos ke Euro 2024 Jerman setelah duduk sebagai runner-up Grup A di bawah Spanyol.

Selama ini, pemain asal Skotlandia mayoritas hanya bermain di Scottish Premiership atau English Premier League. Pada 2023/2024, terdapat enam pemain asal Skotlandia yang mulai merumput di liga top lain selain dua liga di Inggris Raya tersebut.

Siapa saja pemain itu dan seperti apa kiprahnya sepanjang paruh pertama musim ini? Berikut daftar pemain Skotlandia yang merumput di luar Inggris pada 2023/2024!

1. Max Johnston belum diandalkan sebagai bek kiri utama Sturm Graz

6 Pemain Skotlandia yang Merumput di Luar Inggris pada 2023/2024Max Johnston (kiri) saat masih membela Motherwell. (instagram.com/maxjohnston22)

Max Johnston baru saja bergabung dengan Sturm Graz dari Motherwell pada musim panas 2023. Ia didatangkan untuk menambah amunisi bek kanan di skuad Die Schwoazn pada 2023/2024. Sayangnya, mengingat usianya yang masih muda, ia belum dipilih sebagai pemain inti di tim senior. Bahkan, Johnston terkadang masih diturunkan untuk memperkuat tim Sturm Graz II. 

2. Jack Hendry jadi bek tengah andalan Al-Ettifaq

6 Pemain Skotlandia yang Merumput di Luar Inggris pada 2023/2024Jack Hendry ketika membela Cremonese. (instagram.com/jackhendry22)

Jack Hendry adalah satu-satunya pemain Skotlandia yang merumput di Liga Arab Saudi bernsama Al-Ettifaq. Sebelum itu, ia sudah memiliki segudang pengalaman membela beberapa klub ternama di Eropa, seperti Celtic dan Club Brugge. Kini, ia dipilih sebagai bek tengah utama di tim asal Dammam, Arab Saudi, tersebut. Hendry juga didapuk sebagai pemain andalan di Timnas Skotlandia.

3. Josh Doig sering diturunkan sebagai di pos bek kiri Hellas Verona

6 Pemain Skotlandia yang Merumput di Luar Inggris pada 2023/2024Josh Doig saat membela Timnas Skotlandia. (instagram.com/_joshdoig)

Josh Doig termasuk bintang muda yang dimiliki Skotlandia. Pemain berusia 21 tahun ini didatangkan Hellas Verona dari Hibernian pada musim panas 2022. Pada 2023/2024, ia sudah diturunkan sebagai bek kiri utama Gialloblu, tetapi cedera memaksanya absen. Dalam dua laga Serie A terakhir, ia sudah kembali diturunkan tetapi belum masuk dalam starting line-up

Baca Juga: 3 Jebolan Akademi MU asal Skotlandia Terbaik Sepanjang Sejarah

4. Kieran Tierney kerap mengisi pos bek kiri Real Sociedad

6 Pemain Skotlandia yang Merumput di Luar Inggris pada 2023/2024Kieran Tierney saat membela Real Sociedad. (instagram.com/realsociedad)

Kieran Tierney memutuskan berlabuh ke Real Sociedad setelah melihat minimnya potensi diturunkan bersama Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta. Pada 2023/2024, performa Tierney di tim Txuri-Urdin bisa dibilang cukup baik. Ia kerap masuk dalam starting line-up. Sayangnya, pada tengah musim, ia terdampak cedera yang memaksanya absen selama 5 pekan. Namun, dalam beberapa laga terakhir, pemain kelahiran Isle of Man ini sudah diturunkan kembali sebagai bek kiri utama di bawah mentor Imanol Alguacil. 

5. Lewis Ferguson terpilih sebagai gelandang serang andalan Bologna

6 Pemain Skotlandia yang Merumput di Luar Inggris pada 2023/2024Lewis Ferguson ketika membela Bologna di Serie A. (instagram.com/lewisferguson6)

Lewis Ferguson bisa dibilang sebagai pemain Skotlandia yang tengah mendapat sorotan musim ini. Pemain berusia 24 tahun ini sudah bergabung dengan Bologna dari Aberdeen pada musim panas 2022. Sejak musim lalu, ia sudah masuk sebagai gelandang serang utama timnya. Bahkan, Ferguson termasuk pemain yang berkontribusi atas kesuksesan I Rossoblu menembus papan atas pada 2023/2024.

6. Fraser Hornby belum menjadi striker utama di Darmstadt

6 Pemain Skotlandia yang Merumput di Luar Inggris pada 2023/2024Fraser Hornby saat membela SV Darmstadt di Bundesliga Jerman. (instagram.com/svdarmstadt1898)

Fraser Hornby termasuk pemain baru di skuad SV Darmstadt pada musim panas 2023. Ia didatangkan untuk menambah barisan penyerang Die Lilien yang harus menghadapi ketatnya persaingan di Bundesliga Jerman. Sayangnya, Hornby belum dipercaya untuk menempati pos striker utama di timnya. Minim kesempatan membuatnya belum membukukan satu pun gol sepanjang paruh pertama 2023/2024. 

Keenam pemain Skotlandia di atas memutuskan mencari kesempatan untuk bermain bersama klub di luar Inggris Raya pada 2023/2024. Meski mayoritas dari mereka mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya, ada juga yang belum tampil optimal. Bahkan, salah satunya minim kesempatan bermain. 

Baca Juga: 5 Fakta Ben Doak, Bintang Masa Depan Liverpool asal Skotlandia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya