5 Pemain Slovenia Paling Berpengaruh di Kualifikasi Piala Eropa 2024

Hanya satu yang merumput di liga top Eropa

Slovenia akhirnya berhasil melaju ke Piala Eropa 2024 setelah menjadi runner-up Grup H di bawah Denmark. Meski hanya keluar sebagai runner-up, mereka memiliki poin yang sama dengan pesaing utamanya, Denmark, dan tampil begitu apik sepanjang kualifikasi.

Keberhasilan ini menjadi kali kedua Slovenia di Piala Eropa sejak terakhir kali ikut pada 2000. Sayangnya, dalam undian Piala Eropa 2024, tim berjuluk Sokoli ini harus tergabung di dalam grup yang sulit, karena diisi tim-tim kuat macam Denmark, Serbia, dan Inggris. Peluang untuk lolos ke babak berikutnya pun cukup sulit.

Penampilan apik Slovenia selama Kualifikasi Piala Eropa 2024 tak bisa dilepaskan begitu saja dari peran pemainnya. Terdapat lima pemain kunci yang berperan vital dalam performa Slovenia belakangan ini.

1. Jaka Bijol jadi tumpuan andalan lini belakang Slovenia

5 Pemain Slovenia Paling Berpengaruh di Kualifikasi Piala Eropa 2024Jaka Bijol saat membela Timnas Slovenia. (instagram.com/jakabijol)

Jaka Bijol merupakan tumpuan utama di barisan belakang Slovenia. Ia sudah dipercaya mengisi pos bek tengah dan begitu solid diduetkan dengan David Brekalo dan Miha Blazic. Ia bahkan tidak pernah absen dalam satu pun pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2024. 

Bijol memulai karier profesionalnya bersama Rudar Velenje pada 2017. Setahun kemudian, ia direkrut CSKA Moscow untuk menambah amunisi lini pertahanan, tetapi gagal diturunkan jadi pemain inti dan memilih dipinjamkan ke Hannover. Pada 2023, ia akhirnya memilih pergi ke Italia untuk membela Udinese.

2. Zan Karnicnik jadi bek kanan utama Slovenia

5 Pemain Slovenia Paling Berpengaruh di Kualifikasi Piala Eropa 2024Zan Karnicnik ketika berlatih bersama Timnas Slovenia. (instagram.com/nkcelje)

Zan Karnicnik terpilih sebagai bek kanan utama di Slovenia. Ia dipilih karena memiliki kecepatan dan dapat membantu serangan maupun pertahanan dari sisi bagian kanan. Sepanjang Kualifikasi Piala Eropa 2024, ia tidak pernah satu pun absen membela negaranya. 

Meski diandalkan di tim nasional, Karnicnik tidak pernah sekalipun merumput di liga besar Eropa. Ia sudah membela beberapa klub lokal Slovenia, seperti NK Dravograd, Radlje, dan NS Mura. Pada 2022, ia memilih hengkang ke Bulgaria untuk membela Ludogorets dan kini sedang dipinjamkan ke NK Celje. 

Baca Juga: 5 Pemain Albania Paling Berpengaruh di Kualifikasi Piala Eropa 2024

3. Adam Gnezda Cerin jadi pengatur lini tengah

5 Pemain Slovenia Paling Berpengaruh di Kualifikasi Piala Eropa 2024Adam Gnezda Cerin saat memperkuat Timnas Slovenia. (instagram.com/adam.gc)

Adam Gnezda Cerin dipercaya untuk menempati pos gelandang tengah utama di Timnas Slovakia. Ia menjadi jenderal lapangan tengah Slovakia untuk mengatur arus bola dari depan ke belakang dan sebaliknya. Ia bahkan tidak pernah absen dalam satu pun laga untuk membela negaranya. 

Gnezda Cerin mengawali kariernya bersama NK Domzale pada 2017. Ia kemudian melanjutkan kariernya di FC Nuernberg pada 2019. Karena tidak mendapat tempat utama, ia pun dipinjamkan ke HNK Rijeka dan sekarang memilih hengkang ke Panathinaikos. 

4. Jan Mlakar berfungsi membantu serangan Timnas Slovenia

5 Pemain Slovenia Paling Berpengaruh di Kualifikasi Piala Eropa 2024Jan Mlakar saat membela Timnas Slovenia. (instagram.com/janmlakar)

Jan Mlakar dipercaya mengisi lini serang Timnas Slovenia sepanjang Kualifikasi Piala Eropa 2024. Namun, ia baru dikeluarkan pada laga ketiga sebagai pemain cadangan dan setelah itu baru diturunkan sebagai pemain inti. Ia pun kerap diduetkan dengan Benjamin Sesko di lini depan. 

Mlakar sudah bergabung dengan tim junior Fiorentina sejak 2015 dan dipromosikan ke tim senior pada 2018. Setahun kemudian, ia memilih bergabung dengan Brighton Hove & Albion, tetapi gagal masuk tim utama dan sempat berganti-ganti tim karena dipinjamkan. Pada 2021, ia dibeli Hadjuk Split dan melanjutkan kariernya di Pisa pada 2023. 

5. Benjamin Sesko jadi ujung tombak andalan Slovenia

5 Pemain Slovenia Paling Berpengaruh di Kualifikasi Piala Eropa 2024Benjamin Sesko saat memperkuat Timnas Slovenia. (instagram.com/nzs_si)

Benjamin Sesko menjelma sebagai bintang Timnas Slovenia. Pemain yang baru berusia 20 tahun ini sudah didapuk sebagai striker utama tim berjuluk Sokoli itu. Sepanjang Kualifikasi Piala Eropa 2024, Sesko sudah mencetak 5 gol dan 2 assist hingga mengantarkan negaranya lolos ke Jerman. 

Sesko merupakan pemain jebolan akademi NK Domzale yang sudah didatangkan RB Salzburg pada 2019. Karena usianya yang masih sangat muda ketika itu, ia pun dipinjamkan kepada FC Liefering selama semusim. Pada 2021, ia sudah dipercaya mengisi tim utama Die Rotten Bullen. Pada 2023, ia akhirnya memilih hengkang ke RB Leipzig. 

Kesuskesan Slovenia kembali ke Piala Eropa 2024 membuktikan bahwa tim asal Balkan itu mulai bangkit dari keterpurukan dan tengah memasuki generasi emasnya. Melihat performanya di kualifikasi, bukan tidak mungkin Slovenia akan tampil mengejutkan meski berada di grup neraka. 

Baca Juga: 5 Pemain LaLiga Spanyol yang Tidak Akan Bermain di Piala Eropa 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya