5 Pemain Turki yang Pindah pada Musim Panas 2023

Pindah ke berbagai liga Eropa

Turki salah satu negara penghasil pemain sepak bola terkenal. Ucapan ini bukan isapan jempol, sebab negara yang terletak di Asia dan Eropa ini berhasil menelurkan pemain bintang macam Arda Turan, Rustu Recber, Hakan Sukur, dan lainnya. 

Setelah meredup dalam 1 dekade terakhir, pemain sepak bola Turki kembali menunjukkan sinarnya. Ini terbukti dari banyaknya pemain mereka yang bermain di liga elite Eropa atau dilirik klub raksasa Benua Biru dalam beberapa tahun terakhir. 

Pada musim panas 2023, tercatat sudah ada lima pemain asal Turki yang memutuskan hengkang dari klub asalnya. Siapa saja pemain itu? Berikut kelima pemain Turki yang pindah pada musim panas 2023.

1. Caglar Soyuncu merapat ke Altetico Madrid

5 Pemain Turki yang Pindah pada Musim Panas 2023Caglar Soyuncu (instagram.com/atleticodemadrid)

Caglar Soyuncu memutuskan merapat ke Atletico Madrid setelah kontraknya bersama Leicester City berakhir pada musim panas 2023. Pemain yang berposisi sebagi bek tengah itu gagal masuk dalam tim inti The Foxes di bawah asuhan Brendan Rodgers. Alhasil, ia merasa tidak betah dan tidak memperpanjang kontraknya. 

Sebelum membela Atletico dan Leicester City, Soyuncu sempat berseragam SC Freiburg, Altinordu, B Yesiltepe, Bucaspor, dan Menemen FK. Bersama Los Colchoneros, pemain Turki itu masih dijadikan pelapis. Namun, ia punya kesempatan unjuk gigi agar dipilih mengisi skuad inti. 

2. Orkun Kokcu memutuskan hengkang ke Benfica

5 Pemain Turki yang Pindah pada Musim Panas 2023Orkun Kokcu saat membela Benfica. (instagram.com/orkunkokcu)

Orkun Kokcu merupakan pemain Turki termahal pada bursa transfer musim panas 2023. Ia dibeli Benfica dari Feyenoord dengan banderol sebesar 25 juta euro (Rp411,2 miliar). Bersama Benfica, ia akan difungsikan untuk memperdalam lini tengah timnya bersama Fredrik Aursnes dan Joao Mario. 

Meskipun membela Turki, Kokcu lahir dan besar di Belanda, sehingga menempuh pendidikan sepak bola bersama Feyenoord. Setelah bergabung dengan Benfica, ia pun langsung dipilih sebagai pilihan utama. Dalam empat laga terakhir, Kokcu berhasil tampil meyakinkan dan mampu membuahkan sebuah gol. 

Baca Juga: 3 Pemain Turki yang Pernah Juara LaLiga, Siapa Menyusul?

3. Arda Guler berlabuh ke Real Madrid

5 Pemain Turki yang Pindah pada Musim Panas 2023Arda Guler saat bergabung dengan Real Madrid. (instagram.com/10ardaguler)

Setelah diisukan hengkang ke beberapa klub, Arda Guler akhirnya dipastikan bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2023. Ia diboyong dengan tebusan sebesar 20 juta euro (Rp328,6 miliar) dari Fenerbahce. Guler pun sudah menyetujui kontrak bersama El Real hingga 6 tahun ke depan. 

Kedatangan Guler ke skuad Real Madrid membawa angin segar bagi Carlo Ancelotti yang berniat meremajakan timnya. Pasalnya, ia merupakan pemain muda berbakat yang cocok membantu skema serangan. Meski belum dipercaya masuk tim utama, Guler masih punya waktu untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di Real Madrid. 

4. Yunus Akgun dipinjam Leicester City

5 Pemain Turki yang Pindah pada Musim Panas 2023Yunus Akgun saat membela Leicester City. (instagram.com/yunusakgun17)

Yunus Akgun hengkang ke Leicester City dari Galatasaray dengan status pinjaman. Keputusannya pergi dari klub lamanya karena tidak mendapat tempat di skuad inti dan hanya didapuk sebagai pelapis. Ia pun dijadikan alternatif seiring banyaknya pemain The Foxes yang hengkang usai terdegradasi. 

Sejak dipromosikan di tim senior Galatasaray pada 2018, Akgun belum berhasil mengisi skuad inti. Alhasil, ia harus menjalani serangkaian peminjaman ke Adana Demirspor dalam 2 tahun terakhir. Bersama The Foxes, ia berharap bisa menjadi pilihan utama pengisi pos sayap kanan. 

5. Bertug Yildirim hengkang ke Stade Rennais

5 Pemain Turki yang Pindah pada Musim Panas 2023Bertug Ozgur Yıldırım saat berlatih bersama Stade Rennais. (instagram.com/bertugyildirim99)

Bertug Yildirim memutuskan untuk menerima tawaran dari Stade Rennais pada musim panas 2023. Ia dibeli dengan harga sebesar 5,4 juta euro (Rp82,6 miliar) dari klub lokal Turki, Hatayspor. Sebelum itu, ia sempat dipinjamkan ke Antalyaspor selama setengah musim 2022/2023. 

Kedatangan Yilidrim ke Rennais ini berfungsi menambah amunisi lini serangnya menjelang digulirkannya Ligue 1 2023/2024. Ia pun jadi striker baru untuk menggantikan Serhou Guirassy yang pindah ke VfB Stuttgart. Namun, melihat usianya yang masih muda, ia kemungkinan masih dijadikan pelapis. 

Kelima pemain Turki yang hengkang pada bursa transfer musim panas 2023 di atas memiliki potensi besar untuk bersinar bersama klub barunya. Pasalnya, mayoritas dari mereka merupakan pemain muda berbakat yang terbukti mampu menunjukkan performa gemilang di tim lamanya. 

Baca Juga: 9 Pemain Premier League yang Pindah ke Turki pada Bursa Transfer 2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya