5 Pesepak Bola di Eropa yang Punya Keturunan Republik Dominika

Mayoritas memilih membela Republik Dominika

Republik Dominika bukan tim unggulan di zona CONCACAF. Mereka malah termasuk tim yang belum pernah masuk ke turnamen besar, seperti Piala Dunia dan Olimpiade. Bahkan, tim asal negara Karibia ini hanya mampu menduduki posisi 156 dunia dalam peringkat FIFA 2021. 

Kendati demikian, terdapat beberapa pemain sepak bola di Eropa yang memiliki keturunan Republik Dominika. Mereka berhasil masuk ke sejumlah klub besar. Beberapa di antaranya juga menjadi pemain inti.

1. Mariano Díaz (Real Madrid)

5 Pesepak Bola di Eropa yang Punya Keturunan Republik DominikaMariano Diaz saat membela Real Madrid. (instagram.com/marianodiazmejia)

Pertama, terdapat pesepak bola terkenal bernama Mariano Díaz. Pemain berusia 28 tahun itu sudah membela Real Madrid sejak 2018 setelah didatangkan dari klub Prancis Olympique Lyon. Ia merupakan jebolan akademi Badalona dan sempat masuk ke dalam tim Real Madrid Castilla pada 2015.

Pemain bernama lengkap Mariano Díaz Mejía ini memiliki keturunan Spanyol dari ayahnya dan Republik Dominika dari ibunya. Namun, ia sudah tidak membela timnas Republik Dominika sejak 2013 dengan harapan dapat masuk timnas Spanyol.

2. Ruben Vargas (FC Augsburg)

5 Pesepak Bola di Eropa yang Punya Keturunan Republik DominikaRuben Vargas saat membela FC Augsburg. (instagram.com/iamrubenvargas)

Ruben Vargas merupakan salah satu pemain sepak bola yang membela timnas Swiss. Saat ini, pemain berusia 23 tahun itu tengah membela klub Bundesliga FC Augsburg setelah didatangkan dari FC Luzern sejak musim panas 2019. 

Meski menjadi salah satu pemain andalan timnas Swiss, tetapi Vargas memiliki keturunan Republik Dominika. Bahkan, ia menjadi pemain Bundesliga pertama yang memiliki kewarganegaraan kedua Republik Dominika.

Baca Juga: Keluarga Pesepak Bola, 5 Pesepak Bola Kakak Beradik Terbaik Saat Ini

3. Luis Coordes (St Pauli)

5 Pesepak Bola di Eropa yang Punya Keturunan Republik DominikaLuis Coordes saat memperkuat St Pauli. (twitter.com/fcstpauli)

Luis Coordes adalah pemain sepak bola yang lahir di Santo Domingo, Republik Dominika. Ia menetap di Jerman sejak kecil. Hal itu membuatnya dapat memperoleh kewarganegaraan kedua Jerman. Dari situ, ia juga memiliki kesempatan untuk berkarier dan mengasah kemampuan di Liga Jerman. 

Kendati demikian, pemain muda berusia 23 tahun ini tetap membela timnas Republik Dominika dan mengawali debutnya pada Maret 2021. Ia juga dikenal sebagai salah satu pemain andalan di tim 2.Bundesliga, St. Pauli.

4. Júnior Firpo (Leeds United)

5 Pesepak Bola di Eropa yang Punya Keturunan Republik DominikaJunior Firpo saat memperkuat Leeds United. (instagram.com/juniorfirpo3)

Salah satu pesepak bola Republik Dominika yang paling terkenal adalah Júnior Firpo. Pemain sepak bola satu ini sudah mengawali kariernya di dunia persepakbolaan Spanyol dan dengan membela Real Betis dan Barcelona. Namun, ia sudah bergabung dengan dengan Leeds United sejak 2021. 

Pemain berusia 25 tahun ini memiliki dua kewarganegaraan, yakni Spanyol dan Republik Dominika. Namun, ia belum pernah membela Republik Dominika dan pernah masuk dalam tim junior Spanyol.

5. Tano Bonnín (Hercules)

5 Pesepak Bola di Eropa yang Punya Keturunan Republik DominikaTano Bonnin saat berlatih bersama Hercules (instagram.com/tano_bonnin)

Terakhir, ada Tano Bonnín yang merupakan salah satu pesepak bola keturunan Republik Dominika yang lahir di Palma de Mallorca, Spanyol. Pemain sepak bola berusia 31 tahun ini memiliki darah Spanyol dari ayahnya dan Republik Dominika dari ibunya. 

Pemain bernama lengkap Cayetano Bartolomé Bonnín Vásquez ini malang melintang di persepakbolaan Spanyol. Namun, ia sempat membela klub Rumania, Rapid Bucharest, pada 2019/2020, lalu bergabung dengan Hercules hingga saat ini. 

Kendati memiliki kesempatan untuk membela timnas Spanyol, ia justru memilih untuk memperkuat timnas Republik Dominika. Bahkan, ia menjadi pemain andalan timnas Republik Dominika di posisi pertahanan. 

Walaupun bukan termasuk salah satu tim unggulan di zona CONCACAF, tetapi terdapat beberapa pemain keturunan Republik Dominika yang mampu bersaing di Eropa. Tidak semuanya memilih untuk membela Republik Dominika.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Namanya Berawalan Huruf X, Ada Pemain Chelsea

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya